Home / Otomotif / Sepeda Motor / Kelebihan Dan Kekurangan Motor Byson

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Byson

Anda mengenal sepeda motor Byson yang di produksi oleh Yamaha? Ya, sepeda motor kaum lelaki ini tentu sangat kental namanya dimasyarakat Indonesia secara umum karena memiliki performa yang cukup baik. Byson merupakan sepeda motor kelas entry level yang mengalami pembaharuan pada tahun 2015. Bagian yang mengalami pembaharuan tersebut ada pada bagian mesin serta berpindah dari system karburator ke system FI atau full injection.

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Byson

Untuk harga, sepeda motor Byson ini dibandrol dengan harga Rp. 21.650.000 di kota Jakarta dalam kondisi On The Road. Desain dari sepeda motor Byson ini diambil dari filosofi hawan berpunuk yang memilki gaya garang dan juga maskulin.

Sepeda motor Yamaha byson mempunyai sejumlah fitur tambahan. Motor byson ini memang tampil lebih baik dari generasi sebelumnya. Salah satu hal yang mengalami perubahan adalah pada bagian kapasitas mesin yang dahulu hanya 143cc, pada byson yang baru menggunakan mesin dengan tenaga 149cc. Namun demikian, bobotnya ternyata lebih ringan 3 kg dari generasi pendahulunya.

Pabrikan Yamaha merancang sepeda motor byson ini dengan sangat baik, sehingga bisa dikatakan Yamaha byson mempunyai desain muscular yang sangat agresif diikuti dengan lekukan body yang terlihat berotot dan kekar. Desainnya hampir sama dengan hewan berpunuk. Hanya saja sepeda motor byson merupakan sepeda motor yang tidak fotogenik ketika di foto. Hasil gambarnya tidak begitu baik ketika difoto, namun akan tetap terlihat gagah dan garang jika dilihat secara asli.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Yamaha Dan Honda

Pada bagian mesinnya, Yamaha byson yang sudah menggunakan full injection memakai model SOHC yang menggunakan pendingin udara. Sementara itu, ECO indicator terhubung kebagian electronic control unit atau ECU. Dari sisi transmisi, motor byson menggunakan 5 percepatan atau 5 transmisi. Jika dilihat dari versi ini, maka sepeda motor byson yang baru mengalami penurunan power ke angka 9,1 kW dari angka 10,1 kW. Akan tetapi Yamaha byson mempunyai akselerasi yang sangat baik ketika dilakukan tes dilapangan.

Yamaha byson model baru memiliki model yang sama dengan model motor sekelasnya, yaitu masih memakai model diamond. Sementara itu, dari sisi ban, Yamaha byson menggunakan ukuran 100/90 untuk ban depan. Sementara untuk ban belakang menggunakan ukuran 130/80. Pada system rem, roda depan menggunakan system cakram hidrolik, sementara roda belakang memakai system tromol model drum brake.

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Byson

Diperlukan waktu cukup lama bagi seorang peneliti untuk mengetahui dan menyimpulan apa saja kelebihan dan kekurangan  motor byson secara detail dan lengkap. Setelah dilakukan penelitian, kemudian hasilnya dipaparkan dalam blog sederhana ini. Berikut ini adalah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan motor byson yang bisa admin ulas untuk anda.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Aki Basah Motor Yang Sudah Soak Dan Ngedrop

1. Kelebihan motor byson injeksi

  1. Dari sisi desain, motor Yamaha byson tentu memiliki desain yang sangat kekar dan cukup agresif. Jika dibandingkan dengan merek yang lain, mungkin Honda CB150R atau Yamaha Fixion masih lewat, he…
  2. Mesin motor byson sangatlah irit. Dengan dukungan system ECO indicator, walaupun motor byson memiliki kapasitas mesin 150cc, namun pemakaian bahan bakar sangatlah irit.
  3. Byson model baru lebih lincah digunakan dijalan raya apabila dibandingkan dengan byson model lama.
  4. Teknologi injeksi menjadikan sepeda motor byson lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan motor byson yang menggunakan karburator. Bahkan suara yang dihasilkan juga lebih adem dan halus.
  5. Adanya beragam fitur tambahan, seperti diadakannya panel speedometer model digital.

2. kekurangan motor byson injeksi

  1. Byson FI memiliki kapasitas mesin terendah yaitu ada pada angka 150cc.
  2. Pada rem belakang masing menggunakan system rem tromol model drum brake. Padahal sekarang ini sudah banyak produksen sepeda motor yang memproduksi motor langsung menggunakan rem cakram pada ke dua rodanya.
  3. Jika dilihat dari sisi harga, motor Yamaha byson masin memiliki harga yang relative mahal apabila dibandingkan dengan harga sepeda motor sekelasnya.
  4. Sepeda motor Yamaha byson menyediakan warna motor dengan jumlah terbatas, bahkan sangat minim. Sebagai contoh tersedia versi Livery yang mana fitur tersebut mirip dengan yang dimiliki Yamaha Vixion.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Beat FI CBS

Sekian penjabaran admin mengenai Kelebihan Dan Kekurangan Motor Byson yang mana mudah-mudahan artikel singkat ini bisa memberikan kepada anda semuanya pencerahan mengenai sepeda motor byson yang tentunya sangat melegenda pada jamannya pertama kali dilincurkan. Walaupun sekarang ini sudah tidak keluar lagi model motor Byson yang baru, namun ternyata pengganti motor Yamaha byson versi baru mendatangkan manfaat yang sangat baik.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *