Home / Otomotif / Sepeda Motor / Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian dari sistem injeksi pada sebuah motor? Sistem injeksi pada sepeda motor adalah sebuah terobosan baru pada proses pengkabutan yang terjadi di dalam sepeda motor yang awalnya diperkenalkan pada tahun 2000-an. Sistem injeksi ini kemudian diluncurkan pada tahun 2005 dan tentunya bisa langsung mengambil hati Para produsen otomotif serta langsung mempromosikannya ke masyarakat umum. Sistem injeksi ini juga secara langsung disematkan sepeda motor balap motogp sehingga lebih melejitkan teknologi injeksi pada sepeda motor.

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sistem injeksi itu sendiri adalah hasil inovasi dari sebuah teknik pengkabutan pada bahan bakar yang masih memakai sistem karburator. Pada teknologi karburator masih didapat proses pembakaran bahan bakar yang tidak efisien dan sia-sia yang mana para ahli mencoba untuk memakai teknologi komputerisasi yang mana teknologi komputerisasi tersebut digunakan pada sistem injeksi yang menjadikan campuran antara udara dan bahan bakar menjadi lebih sempurna dan mendapatkan tenaga yang maksimal pada sepeda motor.

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sepeda motor yang menggunakan teknologi sistem injeksi memang termasuk kedalam generasi sepeda motor yang cukup fenomenal di kalangan para penggemar otomotif. Akan tetapi bukan berarti bahwa teknologi injeksi merupakan teknologi yang sangat sempurna karena memang pada teknologi injeksi juga terdapat sejumlah kelemahan dan juga kekurangan. Lalu, apa saja sebenarnya kelebihan dan kekurangan motor injeksi tersebut? Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas sejumlah hal mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi yang bisa kita jadikan sebagai sebuah wawasan baru guna menambah ilmu dan pengetahuan di bidang otomotif.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Kunci Kontak Motor Secara Umum

Kelebihan sepeda motor injeksi

  1. Proses pencampuran antara udara dan bahan bakar dapat lebih sempurna karena prosesnya diatur secara komputerisasi. Proses akurasi dari pencampuran dua bagian tersebut sangatlah baik karena hal tersebut sudah diatur oleh sensor. Efek dari hal tersebut adalah pemakaian bahan bakar pada sepeda motor Menjadi lebih efisien.
  2. Sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi juga mudah di dalam proses perawatan. Hal tersebut dilatarbelakangi karena sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi jauh lebih awet dibandingkan dengan sepeda motor yang menggunakan karburator. Pada proses perawatan, pemakai motor injeksi hanya cukup menyemprotkan cairan injector cleaner saja di dalam proses perawatannya. Berbeda dengan sistem karburator dimana pemakai harus membongkar pasang bagian karburator pada proses perawatannya.
  3. Proses pembakaran sempurna pada sepeda motor menggunakan teknologi injeksi tentunya akan berefek pada ramahnya lingkungan sehingga pembuangan emisi menjadi lebih terkendali dan terkontrol serta lebih kecil.
  4. Proses Servis pada sepeda motor injeksi relatif lebih cepat, apa lagi pada motor matic berinjeksi. Hal tersebut tentunya dilatarbelakangi karena sebenarnya konsep dari sepeda motor injeksi adalah bebas dari proses perawatan. Proses perawatan yang kerap dilakukan pada sepeda motor berteknologi injeksi hanyalah pada kegiatan pembersihan busi dan klep motor, filter udara, dan Setelah itu maka sepeda motor injeksi bisa digunakan kembali.
  5. Apabila kondisi cuaca sangat mendukung, maka mesin sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi sangat mudah untuk dihidupkan. Hal tersebut salah satunya adalah dilatarbelakangi karena pemakaian sebuah sensor yang berguna untuk mengatur kondisi suhu mesin sepeda motor.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Vespa Matic 150 3v

Kekurangan sepeda motor injeksi

  1. Proses mencari bengkel yang menerima perawatan sepeda motor berteknologi injeksi masih sangat jarang. Hal tersebut tentunya dilatarbelakangi karena teknologi injeksi bisa dikatakan masih cukup baru di wilayah negara Indonesia sehingga tidak semua bengkel bisa menerima proses perawatan sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi. Anda harus mencari bengkel yang memang sudah benar-benar Mahir didalam teknologi injeksi supaya proses perawatan sepeda motor tersebut bisa dilakukan dengan baik dan benar.
  2. Harga suku cadang atau sparepart untuk sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi tentunya lebih mahal dibandingkan dengan sepeda motor Yang menggunakan teknologi karburator. Apalagi untuk sepeda motor matic yang menggunakan teknologi injeksi, di mana selain sejumlah suku cadangnya memiliki harga yang cukup mahal, bagian komponen sistem injeksi yang ada pada sepeda motor tersebut juga membutuhkan altenator yang mana alat tersebut digunakan untuk membangkitkan listrik dengan daya yang cukup tinggi. Daya tersebut sudah bisa dipastikan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang dihasilkan oleh sepeda motor berkarburator. Jadi, apabila anda kebetulan memiliki sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi dan mengalami kerusakan, maka anda harus mempersiapkan dana cukup tinggi untuk proses perbaikannya.
  3. Karena hampir seluruh sistem pada sepeda motor injeksi menggunakan komputerisasi, maka tentunya sepeda motor berinjeksi sangat sensitif terhadap masalah kelistrikan. Jumlah sensor pada sepeda motor injeksi juga bekerja dengan adanya listrik. Apabila pada salah satu bagian terjadi permasalahan pada kabel, misalnya terjadi korosi maka tentunya akan menjadikan sistem secara keseluruhan terganggu dan pada akhirnya sistem injeksi akan mengalami ketidakstabilan.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Busi Motor Paling Ampuh Dan Dijamin Berhasil

Dari beberapa ulasan diatas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka bisa penulis simpulkan beberapa bagian yaitu:

  1. Secara umum sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi tentunya lebih unggul dibandingkan dengan sistem pada sepeda motor yang menggunakan karburator.
  2. Proses perawatan yang lebih mudah, namun tentunya tidak bisa dilakukan pada sembarangan bengkel karena dibutuhkan peralatan dan keahlian khusus untuk menangani sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi. Disamping itu, harga suku cadang atau sperpak untuk sepeda motor injeksi juga tentunya jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga suku cadang untuk sepeda motor yang menggunakan karburator.
  3. Lalu, mana yang Anda pilih apakah sepeda motor yang menggunakan injeksi atau karburator? Semuanya memang akan dikembalikan kepada masing-masing pengguna, apakah cocok menggunakan sepeda motor yang ber injeksi atau masih tetap bertahan dengan sepeda motor yang menggunakan karburator.

Sekian ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi yang bisa saya bahas Pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan Artikel singkat Pada kesempatan kali ini mampu memberikan tambahan ilmu dan wawasan baru bagi pengunjung sekalian, terutama yang sekarang ini sedang memiliki keinginan untuk membeli sepeda motor Apakah hendak membeli sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi atau tetap bertahan pada sepeda motor yang menggunakan karburator. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman supaya kita bersama bisa mendapatkan tambahan ilmu baru di bidang otomotif. Terima kasih dan salam sukses untuk Anda semuanya.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Honda Sonic

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Honda Sonic

Halo teman-teman semuanya? Bagaimana kabarnya kali ini, setelah beberapa postingan yang lalu saya sudah membahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *