Home / Otomotif / Sepeda Motor / Kelebihan Dan Kekurangan Motor Listrik pada Sepeda

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Listrik pada Sepeda

Di zaman yang serba modern ini, kegiatan bersepeda mulai digalakkan kembali setelah popularitasnya turun beberapa tahun yang lalu. Jika pada zaman dahulu kala, bersepeda adalah aktivitas untuk menunjang transportasi utama, pada saat sekarang ini bersepeda merupakan sebuah hobi ataupun sebagai sarana Mengisi waktu kosong. Tentunya, sepeda digeser oleh munculnya transportasi modern yang menggunakan bahan bakar minyak sehingga tentu sepeda sudah mulai ditinggalkan. Hanya sejumlah orang saja yang masih bertahan memakai sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari.

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Listrik pada Sepeda

Namun perlu kita ketahui bersama bahwa sejumlah negara seperti Jepang, Cina serta Belanda masih banyak yang beraktivitas sehari-hari menggunakan sepeda. Bahkan, pada saat hendak pergi ke kantor pun masih banyak yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi utama mereka. Selain pergi ke kantor, mereka juga memanfaatkan sepeda ketika hendak datang untuk hadir pada acara pesta. Sepeda sekarang ini memang sudah sangat dikembangkan teknologinya sampai-sampai sekarang ini sepeda sudah menerapkan teknologi listrik.

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Listrik pada Sepeda

Di negara Indonesia, sepeda yang memakai baterai yang tentunya bisa di-charge sudah mulai ramai di jual belikan. Sejumlah faktor yang tentunya menjadi penyebab munculnya penggunaan Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda yaitu sadarnya masyarakat terhadap besarnya polusi udara yang ditimbulkan oleh pembakaran dari berbagai macam kendaraan bermotor. Disamping itu, harga bahan bakar minyak yang cukup tinggi juga mendorong masyarakat untuk Indonesia untuk beralih ke Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda sehingga bisa menghemat pengeluaran.

Satu lagi yang menjadi penyebab masyarakat berbondong-bondong pindah untuk menggunakan Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda adalah terhindarnya Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda dari pajak tahunan. Oleh sebab itu tentunya Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda sangat efektif apabila dipakai untuk mendukung aktivitas sehari-hari, misalnya Untuk mengantarkan kita pada saat hendak berkunjung ketempat saudara ataupun ke tempat tetangga yang masih di dalam satu wilayah Perumahan, mengantar kita untuk belanja di pusat perbelanjaan, mengantar anak sekolah di pagi hari, serta pergi ke tempat dimana kita bekerja.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Honda Sonic

Kelebihan motor listrik pada sepeda

Secara umum, sepeda terdiri dari 2 Sumber tenaga, yaitu yang memakai listrik dan yang dapat di kayuh. Apabila kita sudah terlalu lelah mengayuh sepeda, maka tentunya bisa memakai tenaga listrik guna menggerakan sepeda.

Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda sangat cocok dipakai guna menunjang aktivitas harian di dalam menempuh jarak yang tidak terlalu jauh, sebagai contohnya adalah menjemput dan mengantar anak les atau ke sekolah. Tentunya Anda bisa membayangkan jumlah bahan bakar yang harus dikeluarkan setiap hari untuk kegiatan mengantar anak ke sekolah. Hal tersebut tentunya bisa dihemat dengan menggunakan Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda. Apalagi jika kita memiliki anak lebih dari satu, pastinya akan sangat berhemat karena bisa menuju dari satu tempat ke tempat yang lain hanya memanfaatkan Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda.

Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda tentunya sangat ramah terhadap lingkungan. Kondisi ini sangat erat kaitanya dengan adanya emisi gas buang yang tidak diproduksi oleh Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda. Akan tetapi tentunya wajib diingat bahwa Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda hanya bisa bekerja ketika ada pasokan listrik di baterainya. Untuk itulah, maka anda harus rajin di dalam mengisi ulang baterai tersebut.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Koil Motor Yang Mati

Dalam satu kali waktu pengisian ulang baterai Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda, rata-rata bisa digunakan untuk menempuh jarak kurang lebih 40 sampai dengan 60 KM. Dalam kondisi seperti itu, maka tentunya Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda bisa dipakai selama 2 hari secara terus menerus.

Sampai dengan saat ini, Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda belum terkena kewajiban untuk membayar pajak, namun Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda tersebut bisa dijalankan dengan kecepatan sekitar 30 km per jam sampai dengan 40 km per jam. Namun, walaupun kecepatan dari Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda tersebut dibawah rata-rata sepeda motor dengan bahan bakar bensin, namun tentunya tetap bisa mengantarkan kita sampai ke tempat tujuan.

Kekurangan motor listrik pada sepeda

Itulah sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda. Namun, pepatah mengatakan bahwa tidak ada gading yang tidak retak. Hal tersebut tentunya berlaku pada Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda di mana pada sepeda jenis ini terdapat sejumlah kekurangan. Kekurangan kekurangan yang ada pada Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda adalah sebagai berikut

Pemakaian baterai atau aki yang mempunyai umur pakai. Umur dari baterai yang digunakan pada Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda sangat tergantung dari kualitas baterai tersebut. Rata-rata, semakin terkenal dan semakin mahal harga sebuah baterai maka akan semakin baik kualitasnya. Secara umum, baterai pada Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda memiliki usia dengan kisaran 2 tahun. Apabila usia baterai sudah habis dan tidak bisa untuk diisi ulang kembali, maka tentunya kita harus membeli baterai atau aki baru yang memiliki harga sekitar 1 juta sampai dengan 2 juta. Semuanya tergantung dari kualitas baterai itu sendiri.

Baca Juga:   Beginilah cara memperbaiki CDI motor yang mati dengan cepat

Satu kali mengisi ulang aki atau baterai sampai dengan penuh membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 8 jam. Hal tersebut memang bisa diakali dengan cara mulai mengisi ulang pada malam hari sehingga pada Pagi harinya Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda sudah bisa langsung digunakan.

Bengkel ataupun tempat servis resmi untuk proses perbaikan Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda tersebut masih sangat terbatas, rata-rata hanya terdapat pada kota-kota besar. Walaupun sebenarnya Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda merupakan sepeda yang sangat ramah dengan lingkungan, namun tetap membutuhkan proses perawatan secara berkala. Proses perawatan dan perbaikan tersebut biasanya diawali dengan adanya kesalahan di dalam pemakaian baterai atau terjadinya sebuah kecelakaan.

Ada batasan maksimal beban yang boleh diangkut, yaitu 125 kg. Kita dilarang untuk membawa barang-barang dengan beban terlalu berat karena tentunya akan membebani Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda tersebut. Pada akhirnya, apabila beban dari Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda tersebut cukup berat akan membuat beberapa bagian dari Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda mengalami kerusakan.

Yang bisa saya bahas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, informasi yang singkat ini mampu memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan bagi anda sekalian yang sekarang ini sedang memperdalam pengetahuan di bidang motor listrik pada sepeda atau bahkan Anda sedang memiliki keinginan untuk mempunyai Sepeda listrik atau motor listrik pada sepeda sehingga aktivitas berkendara anda akan semakin hemat. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

2 Komentar

  1. sekarang lagi jaman tuh motor listrik keliling kota. hehe

    • Iya mas, mungkin kedepan populasi sepeda motor listrik akan bertambah banyak karena tentu lebih hemat. Terima kasih atas kunjunganya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *