Home / Otomotif / Sepeda Motor / Kelebihan Dan Kekurangan Motor Matic

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Matic

Popularitas dari sepeda motor matic memang sekarang ini sudah mulai mengalahkan sepeda motor bebek. Hal tersebut bisa dikarenakan pemakaian dari sepeda motor matic lebih efektif dan efisien, lebih mudah serta tentunya memiliki segudang kelebihan lain dibandingkan dengan sepeda motor bebek dengan menggunakan transmisi manual. Namun, di balik kemudahan yang ditawarkan oleh sepeda motor matic ternyata sepeda motor matic juga memiliki sejumlah kekurangan yang dapat membuat penggunanya cukup kerepotan. Oleh sebab itulah, pada kesempatan yang baik ini ijinkan saya sebagai admin membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor matic yang nantinya bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan Ketika anda hendak membeli sepeda motor jenis matic tersebut.

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Matic

Kelebihan dan kekurangan motor matic yang akan saya bahas Pada kesempatan kali ini bersumber dari pengalaman dan informasi dari teman-teman yang berhasil saya himpun. Jadi tentunya tidak ada tujuan untuk menjatuhkan ataupun mempromosikan sepeda motor jenis matic tersebut. Intinya, sejumlah kelebihan dan kekurangan sepeda motor matic tersebut bisa anda manfaatkan sebagai bahan acuan ketika kita hendak memilih dan menentukan apakah jenis sepeda motor matic yang hendak kita beli atau jenis motor bebek yang menggunakan transmisi manual.

Kelebihan dan kekurangan motor matic

Motor matic yang beredar sekarang ini diproduksi oleh banyak produsen sepeda motor besar, seperti Honda, Yamaha dan juga Suzuki. Semua produsen besar tersebut berlomba-lomba untuk bisa menciptakan sepeda motor matic dengan teknologi terbaru dan memberikan rasa nyaman serta aman bagi setiap penggunanya. Namun, Walaupun demikian tetap saja ditemukan sejumlah kekurangan yang mana kekurangan tersebut tentu bisa membuat setiap penggunanya merasa kurang nyaman di Dalam penggunaannya. Di bawah ini adalah ulasannya.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Led Pada Motor

Kelebihan sepeda motor matic

1. Mudah di dalam mengoperasikannya

Mengendarai sepeda motor matic memang sangatlah mudah. Cukup dengan bermodalkan mengatur putaran gas serta mengatur rem, maka kita sudah bisa mengendarai sepeda motor matic. Kita tidak perlu lagi direpotkan dengan mengatur posisi gigi atau mengatur kopling.

2. Gesit dan lincah di jalanan

Motor matic merupakan salah satu jenis motor yang memang sangat asik digunakan untuk bermanuver baik di jalan menikung ataupun di jalan yang dalam kondisi macet. Hal tersebut dilatarbelakangi karena motor matic memiliki wheelbase yang cukup pendek.

3. Bisa digunakan untuk menaruh barang yang banyak

Bagasi yang disediakan didalam motor matic memiliki ukuran yang jauh lebih besar dan luas dibandingkan dengan bagasi yang disediakan pada motor bebek. Kita bisa dengan mudah menyimpan beberapa barang seperti jas hujan, helm, sepatu, sendal dan beberapa barang lainnya. Disamping itu, desain motor matic akan menjadikan bagi kita tetap aman walaupun menerjang jalanan yang dalam kondisi banjir. Intinya, kaki kita akan terlindung dari cipratan air yang ada di jalanan tersebut.

4. Cocok untuk jalan-jalan bersama keluarga

Apabila Anda ingin menggunakan sepeda motor untuk jalan-jalan keliling kota, maka sepeda motor matic adalah pilihan yang tepat. Begitu juga Ketika anda ingin menggunakan sepeda motor untuk antar jemput anak ke sekolah, maka tentunya sebagai orang tua Anda juga cocok menggunakan motor matic. Sepeda motor matic juga tentunya bisa dimanfaatkan untuk bermanuver di dalam kondisi yang cukup berat, namun tidak berlebihan. Kita harus mampu membatasi Berapa kapasitas maksimal yang bisa dibawa oleh sepeda motor matic.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Suzuki

Kekurangan sepeda motor matic

1. Bahan bakar minyak yang boros

Walaupun sepeda motor matic yang anda miliki sudah menggunakan teknologi injeksi, tetap saja bahan bakar minyak yang digunakan boros. Hal tersebut bukanlah menjadi rahasia lagi karena memang dari dulu konsumsi bahan bakar untuk sepeda motor matic diatas sepeda motor bebek. Apalagi jika konsumsi bahan bakar minyak pada sepeda motor matic dibandingkan dengan konsumsi bahan bakar minyak pada sepeda motor bebek yang menggunakan teknologi injeksi, pasti akan kalah jauh keiritannya.

2. Ukuran diameter roda yang kecil

Hal tersebut akan cukup merugikan bagi kita apabila sepeda motor matic kita gunakan untuk melewati jalan yang jelek. Oleh sebab itu, kita tidak akan merasa nyaman ketika menggunakan sepeda motor matic di dalam melalui jalan jalan yang rusak. Disamping kurang nyaman digunakan untuk melewati jalan yang rusak, sepeda motor matic juga tentunya tidak aman ketika melewati polisi tidur, apalagi yang memiliki ukuran cukup tinggi. Hanya saja, perlu kita sadari bersama bahwa sepeda motor matic merupakan sepeda motor yang sangat handal pada jalanan yang rata.

3. Perlu cek ke bengkel secara rutin

Salah satu hal yang melatarbelakangi sepeda motor matic perlu dilakukan pengecekan secara rutin di bengkel adalah karena sistem penggerak dari sepeda motor matic adalah continuously variable transmission atau CVT.Apabila anda jarang melakukan pengecekan bagian tersebut di bengkel, maka lambat laun bagian CVT akan terasa berat. Akibatnya tentu anda tidak akan nyaman di dalam menggunakan sepeda motor matic tersebut.

Baca Juga:   Cara Menyulap Sepeda Motor Menjadi Genset Listrik

4. Perawatan membutuhkan biaya yang cukup tinggi

Anda tentunya harus selalu siap dengan berbagai macam kemungkinan yang terjadi pada sepeda motor matic karena memang biaya perawatan sepeda motor matic lebih mahal dibandingkan dengan sepeda motor manual. Selain itu, perawatannya juga cukup ribet.

5. Tidak boleh membawa beban terlalu berat pada sepeda motor matic

Sangat jarang sepeda motor matic di Indonesia yang menggunakan jual shockbreaker ( Walaupun ada). Rata rata sepeda motor matic menggunakan satu shockbreaker dimana kekuatannya tentu berbeda dengan dual shock breaker. Untuk itulah, Apabila Anda ingin membawa beban berat, maka silakan Anda menggunakan sepeda motor yang bukan matic.

Demikianlah Sejumlah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan motor matic yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, apa yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini mampu dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk Anda yang kebetulan sekarang ini sedang memiliki keinginan untuk membeli sepeda motor, apakah ingin menjatuhkan pilihan kepada sepeda motor matic atau sepeda motor manual. Apapun yang menjadi pilihan anda mengenai jenis motor yang hendak dibeli, maka tentunya semuanya adalah baik. Nilai plus minusnya nantinya adalah terletak pada bagaimana anda menggunakan sepeda motor tersebut. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *