Home / Otomotif / Sepeda Motor / Kelebihan Dan Kekurangan Motor Yamaha Dan Honda

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Yamaha Dan Honda

Di beberapa hari yang lalu tanpa Sengaja saya pernah melihat sebuah perdebatan di forum internet yang topiknya adalah mengenai sepeda motor Yamaha dan sepeda motor Honda. Bisa jadi hal tersebut merupakan hal yang tidak perlu untuk diperdebatkan karena sejatinya kedua perusahaan otomotif tersebut tentunya memiliki kualitas yang bagus serta sales yang sangat baik. Apabila salah satu dari kedua perusahaan tersebut tidak bagus, maka tentu di Jalan Raya tidak mungkin akan dikuasai sepeda motor yang bermerek Honda maupun Yamaha.

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Yamaha Dan Honda

Rata-rata, sejumlah pengguna yang mengklaim bahwa salah satu sepeda motor tersebut baik antara Honda maupun Yamaha lebih baik merupakan sebuah pandangan subjektif saja. Kalau sudah seperti itu, tentunya hasil penilaian akhir dari setiap pengguna sepeda motor adalah berbeda. Hal tersebut tentu dikarenakan penilaian subjektif merupakan penilaian yang bersumber dari selera masing-masing, bukan pada objek yang dinilai.

Kelebihan dan kekurangan motor Yamaha dan Honda

Lalu, Bagaimana cara kita mengetahui kelebihan dan kekurangan motor Yamaha dan Honda? Tentunya, untuk bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan motor Yamaha dan Honda maka kita perlu memperhatikan banyak hal dan banyak faktor. Dari latar belakang itulah Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas beberapa bagian pada sepeda motor baik Honda maupun Yamaha sehingga kita kan sama-sama mengenali karakter dari masing-masing bagian sepeda motor tersebut.

1. Bagian pertama adalah karakter mesin

Apabila kita lihat, karakter mesin pada sepeda motor Yamaha cukup terkenal agresif ketika di putaran bawah. Hal tersebut tentunya mengindikasikan bahwa sepeda motor Yamaha merupakan motor yang kencang. Lalu, darimana tenaga sepeda motor Yamaha bisa kencang di putaran bawah? Berdasarkan informasi bahwa tenaga tersebut berasal dari stelan klep yang cukup renggang apabila dibandingkan dengan setelan klep miliknya Honda. Selain itu, pemakaian bahan bakar minyak pada sepeda motor Honda juga sedikit boros sehingga bisa dipastikan performa mesin yang dimilikinya akan lebih besar.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Honda

Lain ceritanya dengan sepeda motor Honda di mana berdasarkan pendapat sejumlah orang bahwa pada putaran bawah tenaga mesin yang dimilikinya cenderung kurang responsif. Akan tetapi tenaga mesin sepeda motor Honda akan semakin mantap ketika berada di putaran atas. Hanya saja pada beberapa tipe hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena Berdasarkan pengalaman sejumlah pengguna juga merasakan bahwa putaran atas pada sepeda motor Honda tetaplah sama.

2. Bagian kedua adalah kepakeman rem

Berdasarkan pendapat sejumlah orang bahwa ternyata rem pada sepeda motor Honda jauh lebih Pakem dibandingkan dengan rem pada sepeda motor Honda. Apalagi untuk rem roda depan. Hanya saja ternyata efek terlalu pakemnya rem pada roda belakang di sepeda motor Yamaha akan berefek pada cepat rusaknya pada komponen komstirnya. Dalam jangka waktu sekitar 4 tahun, bagian komstir sudah mulai koplak. Dari sisi ini Tentunya kita bisa memberikan penilaian tersendiri, Apakah ingin memiliki sepeda motor yang memiliki tingkat pengereman standar atau apakah kita ingin memiliki sepeda motor dengan tingkat pengereman cukup kuat namun memiliki efek samping.

3. Bagian ketiga adalah moto velg

Pada pembahasan yang ketika mengenai foto velg, penulis fokuskan pada jenis sepeda motor matic. Sepeda motor yang digunakan untuk pembanding adalah sepeda motor Yamaha Mio versi lawas, sepeda motor Yamaha Mio Soul serta sepeda motor Mio J. Lawannya adalah sepeda motor Vario 110 yang semuanya menggunakan versi lawas. Secara umum ketika diperhatikan bahwa beberapa velg motor Yamaha tersebut roda belakangnya sedikit goyang. Namun, belum pernah didapat bahwa sepeda motor Honda Vario 110 di jalanan goyang. Dari sisi ini tentu bisa disimpulkan bahwa dari sisi velg maka Honda lebih unggul.

4. Bagian keempat adalah mutu material logam untuk bagian stang serta footsteep

Untuk mengetahui kualitas dari material logam pada bagian stang dan foot step ini diambil dari pengalaman dimana seseorang pernah jatuh ketika menggunakan sepeda motor Supra Fit dan sepeda motor Vega R. Ketika terjadi kecelakaan di mana sepeda motor suprafit atau motor Vega R tersebut jatuh tentunya ada bagian yang mengalami bengkok. Pada sepeda motor suprafit, bagian yang mengalami bengkok adalah stang dan juga footsteep nya.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Minerva

Untuk memperbaiki bagian stang dan foot step yang bengkok tersebut ternyata bisa dilakukan sendiri dirumah dengan mudah. Proses perbaikannya hanya membutuhkan pipa besi yang dimasukkan ke dalam stang tersebut untuk membantu proses pelurusan. Demikian juga proses perbaikan pada foot step nya.

Lain ceritanya dengan bagian stang yang bengkok pada Vega R. Ternyata setang pada Vega R tidak bisa diluruskan sendiri di rumah menggunakan pipa besi. Stang tersebut harus dibongkar terlebih dahulu untuk dibawa ke bengkel. Selanjutnya di bengkel bagian stang tersebut diluruskan dengan terlebih dahulu dipanaskan. Lalu apakah bagian footstep Vega R tersebut bermasalah ? Ternyata tidak. Kondisi foot step pada Vega R tetap utuh walau pun terjatuh. Mungkin karena bagian tersebut tidak langsung berbenturan dengan Jalan Raya.

5. Bagian kelima adalah sambungan arm atau getaran mesin

Pada pembahasan bagian ini, kita fokuskan pada sepeda motor tipe matic. Ketika anda sedang mengendarai sepeda motor Yamaha tipe matic, maka tentunya getaran mesin pada sepeda motor tersebut akan sangat terasa, bahkan sampai dengan bagian body dan stang motor. Hal tersebut berarti bahwa secara peredaman, sepeda motor Yamaha kurang baik. Tentunya hal tersebut berbeda dengan sepeda motor matic Honda di mana Getaran yang berasal dari mesin tidak sampai terasa kebagian setang apalagi ke body sepeda motor.

Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Ternyata, sepeda motor Honda mempunyai rangka berupa sambungan ganda yang berasal dari bagian rangka utama sampai dengan rangka mesin. Istilahnya itu adalah sambungan arm. Berbeda halnya dengan sepeda motor matic Yamaha dimana sambungan tersebut masih berupa sambungan tunggal. Sambungan tunggal ini digunakan pada sepeda motor Yamaha Mio versi lama. Berbeda dengan sepeda motor Yamaha Xeon RC dimana telah memakai 6. sambungan ganda.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Busi Motor Paling Ampuh Dan Dijamin Berhasil

Bagian keenam adalah suspensi

Pada bagian suspensi ini banyak orang memiliki pendapat bahwa suspensi pada sepeda motor Honda memiliki ukuran lebih panjang dan tentunya lebih empuk jika dibandingkan dengan suspensi miliknya sepeda motor Yamaha. Kondisi ini Tentunya sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan pada setiap pengendara, Terutama ketika sedang melaju di jalan yang tidak rata. Lalu, apakah hal tersebut mengindikasikan bahwa sepeda motor Yamaha memiliki suspensi kurang baik? Ternyata tidak. Sepeda motor Yamaha menggunakan sistem suspensi stiff yang cenderung keras. Jenis suspensi seperti ini dibuat untuk menjaga kestabilan pada saat anda sedang berkendara dengan kecepatan tinggi melewati tikungan.

7. Bagian ketujuh adalah desain

Kalau Berbicara masalah desain, tentunya penilaian dari masing-masing orang Pastinya akan berbeda. Jadi, apapun hasilnya penilaian anda mengenai desain dari 2 merek tersebut, pastinya hasil yang didapat akan tetap subjektif. Pada akhirnya, bisa disimpulkan bahwa untuk masalah desain kembali ke Selera masing-masing. Tentunya, tidak masuk akal Ketika seseorang berpendapat bahwa saya lebih menyukai bentuk sepeda motor Vario 110 dibandingkan Vario 150. Hal tersebut bukanlah bisa dijadikan sebuah tolak ukur penilaian, karena penilaian tersebut hanyalah berupa selera saja.

Itulah sejumlah perbandingan mengenai kelebihan dan kekurangan motor Yamaha dan Honda yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Informasi ini merupakan rangkuman dari beberapa sumber yang bisa saya tulis pada artikel ini. Mudah-mudahan, ke depan kita bisa memberikan penilaian yang lebih objektif dari setiap produk otomotif baik untuk sepeda motor Honda, Yamaha, bahkan Suzuki. Akhir kata, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat kepada kita sekalian terutama di bidang otomotif sepeda motor. Terimakasih dan selamat berkreasi.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *