Home / Hardware / Kelebihan Dan Kekurangan Printer 3D

Kelebihan Dan Kekurangan Printer 3D

Teknologi printer 3D atau tiga dimensi merupakan terobosan paling baru pada dunia teknologi, khususnya adalah dunia percetakan dan industri. Teknologi ini tentunya menjadikan sebuah terobosan yang amat populer dan tentunya diakui oleh seluruh dunia, terutama oleh para bangsawan Dan ilmuwan. Dengan adanya teknologi printer 3D, maka kita kan percaya bahwa kesejahteraan dan kemajuan masyarakat akan bisa didapat. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan printer 3D tersebut?

Kelebihan Dan Kekurangan Printer 3D

Bisa dikatakan, Printer 3D merupakan sebuah alat cetak yang memiliki kemampuan spesial dan sangat khusus. Dengan menggunakan printer 3D, maka sebuah benda bisa dicetak yang tentunya memiliki bentuk sama dengan gambar digitalnya. Selain itu, hasil cetakan juga sudah berbentuk 3D dan tidak tercetak di atas kertas. Teknologi ini tentunya akan membuat imajinasi seseorang menjadi lebih keren dan nyata.

Kelebihan dan kekurangan printer 3D

Seperti yang sudah penulis sampaikan di depan bahwa pada ulasan kali ini saya akan mencoba sedikit mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan printer 3D. Artikel ini hanya sebagai bagian dari proses berbagi ilmu serta pengetahuan karena memang harga dari printer 3D masih tergolong sangat mahal dan rata-rata baru bisa dijangkau oleh perusahaan-perusahaan besar. Berikut ini adalah ulasannya.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Kelebihan printer 3D

  1. Kelebihan printer 3D yang pertama berkaitan dengan proses pembuatan produk. Dengan memanfaatkan teknologi printer 3D serta kecanggihan dari software yang digunakan, maka proses pembuatan sebuah produk dapat dikerjakan dengan cepat, mudah, detil, bahkan sampai proses pengukuran orde mm.
  2. Proses pembuatan objek menggunakan printer 3D rata-rata hanya memerlukan waktu kurang lebih 1 menit saja. Akan tetapi, jika layout atau bentuk objek cukup rumit tentunya membutuhkan waktu diatas 1 menit. Namun tentunya bisa anda bayangkan dan anda banding dengan proses pembuatan objek yang dilakukan secara manual. Pastinya pembuatan objek menggunakan printer 3D jauh lebih cepat dan lebih efisien dari sisi waktu.
  3. Bisa digunakan untuk membuat sejumlah produk yang di produksi oleh pabrik layaknya perhiasan, sepatu,ponsel, baju, mobil, sejumlah alat permainan dan lain sebagainya.

Kekurangan printer 3D

  1. Walaupun printer 3D sudah memiliki kelebihan yang luar biasa, ternyata teknologi yang dimiliki pada printer 3D belum bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. Ada sebuah persepsi dimana printer 3D bisa membawa perubahan yang cukup membahayakan di kehidupan.
  2. Sebuah efek negatif yang dapat diakibatkan oleh munculnya printer 3D adalah sejumlah pekerjaan manufaktur mengalami kematian. Sebagai contoh sejumlah pekerjaan manufaktur rata-rata memerlukan keahlian rendah seperti memberikan pelayanan jasa. Sementara itu, sejumlah negara besar contohnya adalah Cina lebih menggantung kan jenis pekerjaan berbasis jasa guna bisa memenuhi berbagai macam kebutuhan ekonominya.
  3. Printer 3D juga ternyata kurang praktis pada sejumlah hal, salah satu contohnya adalah material yang digunakan untuk membentuk objek. Printer 3D ternyata juga mempunyai kelemahan yaitu hanya dapat mencetak hanya dengan satu jenis material saja untuk setiap mesinnya.
  4. Efek negatif lain yang bisa ditimbulkan dari penggunaan printer 3D yaitu koperasi yang mengalami kematian. Kondisi ini Tentunya dilatarbelakangi karena setiap orang bisa dengan kehendak hati melakukan pembuatan dan pencetakan sejumlah barang sesuai dengan keinginan hanya dengan menggunakan modal gambar atau rancangan yang masih dalam bentuk file saja. Proses pembajakan sebuah produk populer dan unggulan tentunya bukan lagi menjadi hal yang susah untuk dilakukan. Bahkan, nama-nama produk terkenal juga tentunya dapat dimiliki oleh setiap orang tanpa melakukan pembayaran sepeserpun pada pembuat aslinya.
  5. Efek negatif berikutnya dari penggunaan printer 3D adalah meningkatnya angka kriminalitas. Hal tersebut tentu dikarenakan Setiap orang mampu untuk membuat sejumlah peralatan, termasuk adalah senjata api yang tentunya sangat berbahaya ketika dimiliki oleh setiap orang. Di jaman sekarang ini saja, dimana printer 3D masih belum begitu populer penggunaan dari senjata api sudah cukup merebak, apalagi jika printer 3D sudah bisa dimiliki oleh setiap orang, maka tentunya berbagai macam peralatan bisa dengan mudah dibuat.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer Mati Total Secara Lengkap

Kesimpulan yang bisa didapat dari ulasan kali ini adalah bahwa teknologi printer 3D tentunya bisa membawa kemajuan pada sejumlah bidang industri dimana sejumlah produk tentunya bisa dihasilkan dengan lebih cepat dan lebih murah serta dalam bentuk objek yang cukup beragam. Akan tetapi, ternyata efek negatif yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan printer 3D juga cukuplah Berbahaya sehingga tentu diperlukan adanya pembatasan pada kepemilikan printer 3D tersebut. Akhir kata, semoga artikel Pada kesempatan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda di dalam menambah pengetahuan tentang printer 3D. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Istilah storage device merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, terutama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *