Home / Hardware / Kelebihan Dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Kelebihan Dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Ciri khas dari printer dot matrix adalah printer tersebut hanya bisa digunakan untuk mencetak satu warna saja. Tentunya, printer dot matrix tidaklah cocok apabila digunakan atau dipakai untuk mencetak foto. Kondisi tersebut tentunya dilatarbelakangi karena printer dot matrix sistem kerjanya adalah mengetuk bagian pita yang ada pada head printer secara langsung sehingga tentu resolusi gambar yang diperoleh sangatlah jauh di bawah printer ink jet. Oleh sebab itulah ketika dipakai untuk mencetak foto maka pastinya akan dihasilkan gambar yang terlihat titik-titik yang disambung sambungkan.

Kelebihan Dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Secara umum, pemakaian printer dot matrix rata-rata digunakan oleh mereka yang bekerja di dunia perkantoran ataupun instansi khusus yang didalamnya memang hanya memakai printer jenis dot-matrix ini dan hanya digunakan untuk mencetak dokumen saja. Akan tetapi, Salah satu kelebihan yang bisa ditemukan pada printer dot matrix dan tidak didapat oleh printer jenis lain adalah printer dot matrix bisa mencetak dokumen beberapa lembar sekaligus dengan jalan memasukkan selembar kertas karbon diantara kertas-kertas yang lainnya. Dengan kata lain, 1 kali ketuk pada bagian head maka juga otomatis akan mencetak lembaran yang lainnya lewat kertas karbon tersebut. Artinya bahwa pekerjaan membuat dokumen rangkap bisa berjalan lebih cepat.

Sistem Kerja Printer Dot Matrix

Printer dot matrix Memiliki bagian head printer Yang merupakan sebuah jarum yang ditata berdarah sejumlah 7, 9, dan juga 24 buah yang mana bagian tersebut disusun secara vertikal dan membentuk sebuah kolom. Pada saat printer dot matrix mulai dipakai, maka jarum yang tersedia akan membentuk sebuah pola karakter gambar Sehingga nantinya akan menimbulkan sebuah gesekan jarum yang terjadi diantara karbon dan kertas yang disediakan.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Penggunaan Komputer

Hal tersebut tentunya bisa dikategorikan sebagai sebuah karakter printer yang memiliki kecepatan berbeda-beda pada masing-masing branding yang membuatnya. Ketika bagian head printer sedang bergerak ke bagian kanan ataupun ke bagian kiri huruf yang sudah di pola tersebut, maka akan langsung didapat hasil pencetakan Diatas Kertas.

Nantinya, karakter yang sudah dibuat akan menampilkan sebuah pola yang cukup unik dimana pola tersebut dibuat dari sejumlah titik yang ada pada matriks yang digunakan. Sesuai dengan kondisi tersebut maka tentunya printer jenis dot matrix mempunyai segudang variasi. Contohnya, tersedia printer dot matrix yang mempunyai banyak warna warna ataupun yang hanya mempunyai satu warna.

Kelebihan Dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Khusus untuk printer dot matrix yang memakai model warna lebih dari 1, maka printer tersebut memakai pita karbon sejumlah 4 yang terdiri dari empat warna dasar yaitu warna hitam, warna biru, warna kuning dan warna merah. Sementara itu, untuk printer jenis dot matrix yang menggunakan satu warna tentunya hanya memakai satu buah pita karbon berwarna hitam sebagai alat pewarnanya.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer LaserJet

Kekurangan Printer Dot Matrix

  1. Adapun kekurangan yang dimiliki oleh printer dot matrix adalah rendahnya resolusi cetak yang dimilikinya. Oleh sebab itulah maka tentu printer dot matrix sangat tidak mampu di dalam mencetak gambar yang beresolusi tinggi namun tentunya hanya cocok digunakan untuk mencetak dokumen dalam bentuk teks atau tabel saja.
  2. Kekurangan yang kedua adalah printer jenis dot-matrix memiliki suara yang rata-rata cukup keras pada saat bekerja mencetak dokumen. Oleh sebab itu tentunya bagi Anda yang menggunakan printer dot matrix untuk bekerja di sebuah perkantoran maupun kawasan padat penduduk maka tentunya suara yang keluar dari printer dot matrix cukuplah mengganggu.
  3. Kekurangan yang ketiga yang dimiliki oleh printer dot matrix adalah PPM dan DPI masih sangat rendah. Oleh sebab itulah maka kita harus cukup bersabar didalam menggunakan printer dot matrix karena proses mencetaknya membutuhkan waktu yang cukup lama serta resolusi yang masih ada di bawah standar.
  4. Kekurangan yang keempat dari printer dot matrix adalah tidak mempunyai variasi pada pencetakan warna sehingga sangat disarankan untuk tidak mencetak dokumen berwarna menggunakan printer dot matrix.

Disamping banyaknya kekurangan yang dimiliki oleh printer dot matrix tentunya printer jenis ini juga memiliki sejumlah kelebihan yang menjadi Nilai plus dan perimbangan Mengapa kita harus menggunakan printer dot matrix tersebut. Di bawah ini adalah sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh printer dot matrix.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer Error Sendiri Dengan Mudah

Kelebihan Printer Dot Matrix

  1. Printer dot matrix memiliki pita karbon yang harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan tinta untuk mengisi printer jenis inkjet. Demikian juga harga dari pita karbon sangat jauh lebih murah dibandingkan dengan toner yang digunakan untuk mengisi printer jenis laser.
  2. Kelebihan printer dot matrix yang kedua adalah printer jenis ini bisa digunakan untuk mencetak kertas yang memiliki ukuran cukup lebar serta bisa digunakan untuk melakukan pencetakan dokumen rangkap sekaligus dengan cukup cepat.

Sekian penjabaran singkat mengenai kelebihan dan kekurangan printer dot matrix sekaligus penjabaran mengenai sistem kerja dari printer dot matrix tersebut. Mudah-mudahan, setelah anda memahami sistem kerja serta keunggulan dan kekurangan dari printer dot matrix, maka anda bisa lebih mudah di dalam mengoperasikan printer dot matrix tersebut dan menghasilkan cetakan yang lebih sempurna. Selain itu, anda juga nantinya bisa lebih pandai dalam memilih untuk menggunakan sejumlah printer berdasarkan jenisnya, Apakah printer inkjet, printer dot matrix atau printer laserjet. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Istilah storage device merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, terutama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *