Home / Hardware / Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson L210

Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson L210

Salah satu jenis printer yang diproduksi oleh Epson adalah printer Epson L210. Printer Epson L210 dibuat spesial memiliki fasilitas all-in-one atau sebagai sebuah printer yang memiliki banyak fungsi. Jadi, bagi Anda yang memiliki printer ini maka tentunya anda sudah memiliki banyak kegunaan yang bisa didapat dari printer Epson L210 ini. Jadi, begitu printer Epson L210 ini hadir di pasaran maka tentunya cukup banyak yang memiliki minat untuk memilikinya. Body yang dimiliki oleh printer Epson L210 ini juga cukuplah kokoh dan memiliki desain yang ergonomis dan juga ramping. Selain itu bobot dari printer Epson L210 ini juga sangatlah ringan.

Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson L210

Apabila kita lihat dengan seksama bentuk dari printer L210 maka sejumlah tombol navigasi yang disediakan berada di bagian depan. Berbeda dengan sejumlah seri printer Epson yang rata-rata menempatkan sejumlah tombol navigasi berada di bagian atas unit printer. Hal tersebutlah yang menjadi pembeda antara printer Epson L210 dengan printer seri yang lainnya.

Kelebihan printer Epson L210

  1. Desain keluar dari printer Epson L210 sangatlah menarik. Namun Selain itu performa yang dimiliki oleh printer tersebut juga tidak kalah menariknya. Oleh sebab itulah maka Berikut ini adalah ulasan yang bisa penulis rangkum untuk anda tentang kelebihan yang dimiliki printer Epson L210 tersebut.
  2. Kecepatan di dalam mencetak dokumen biasa hingga sampai 27 halaman setiap menit. Sementara itu untuk mencetak foto dibutuhkan waktu sekitar 69 detik setiap fotonya.
  3. Untuk hasil pencetakan foto tentunya tidak perlu ditanyakan lagi karena printer Epson L210 tentu memiliki hasil yang lebih baik dari hasil cetakan printer L200 ataupun L100.
  4. Resolusi cetak yang bisa didapatkan pada printer L210 ini adalah 5760 * 1440 DPI Serta adanya dukungan teknologi yang bernama unidirectional printing dan bidirectional printing.
  5. Konfigurasi nozzle yang dimiliki oleh printer L210 adalah 180 pada warna hitamnya serta 59 pada warna lainnya untuk warna yellow, cyan, Magenta.
  6. Ukuran kertas paling besar yang bisa ditangani oleh printer ini adalah 8,5 x 44 inci untuk ukuran lebar dan tingginya.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer HP 2135

Dari sisi yang lain, printer Epson L210 ini memiliki keunggulan sebagai berikut:

1. Hemat listrik

Walaupun printer Epson L210 ini datang dengan fitur multi fungsi Namun ternyata ketika fitur tersebut tidak membuat penggunaan listrik menjadi lebih tinggi. Pada saat bekerja, Printer Epson L210 ini hanya memakai sekitar 13 watt. Sementara itu pada saat sedang standby, Printer ini hanya mengkonsumsi daya sekitar 3,5 watt. Sementara itu, pada saat printer sedang sleep, Printer ini hanya membutuhkan daya sekitar 0,3 watt.

Untuk konektivitas yang digunakan pada printer Epson L210 ini menggunakan port USB 2.0 yang tentunya memiliki kecepatan mumpuni untuk melakukan transfer data baik data cetak maupun data gambar hasil scanning.

Kelebihan lain yang tentunya tidak boleh kita anggap remeh dari printer Epson L210 adalah adanya fasilitas all-in-one yang dimiliki oleh printer tersebut. Fasilitas all-in-one yang disediakan oleh printer Epson L210 diantaranya adalah kemampuan di dalam mengcopy dokumen, melakukan scanning dokumen, sekaligus kemampuan di dalam mencetak dokumen. Berikut ini adalah ulasan dari masing-masing fasilitas tersebut.

2. Fasilitas mengcopy dokumen

Dengan menggunakan fasilitas ini, maka tentunya Anda bisa melakukan penggandaan sebuah dokumen dalam bentuk Hitam Putih maupun dalam bentuk berwarna. Untuk kecepatan yang dimiliki ketika menggandakan dokumen Hitam Putih adalah 5 detik setiap lembar, Sedangkan untuk mengkopi dokumen yang berwarna adalah 10 detik setiap lembar.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer HP

Namun, ada batas maksimal dimana kita hanya bisa mengcopy dokumen maksimal 20 lembar satu kali waktu. Hal tersebut tentunya memiliki tujuan supaya performa dari printer Epson L210 tetap terjaga.

3. Fasilitas scan dokumen

Selain fasilitas copy, printer Epson L210 juga hadir dengan fasilitas scan di mana kita bisa melakukan scanning dokumen dan diubah ke dalam format digital. Printer Epson L210 ini hadir dengan tipe scanner flatbed yang mampu melakukan scanning berwarna dan menggunakan tipe sensor CIS. Kemampuan resolusi maksimal scanner pada printer L210 ini mencapai 600 X 1200 DPI. Oleh sebab itu maka tentunya kualitas gambar dengan resolusi tersebut sangatlah baik.

Namun, yang perlu disayangkan pada fasilitas dan tersebut adalah tidak adanya dukungan area scan yang lebih luas walaupun resolusi yang dihasilkan Sudahlah tinggi. Untuk ukuran area scanner yang disediakan printer ini hanyalah berkisar 216 kali 297 mm atau seukuran dengan kertas A4. Untuk kecepatan scan, Printer ini mampu melakukan scanning gambar dengan kecepatan 2,4 mili second untuk setiap barisnya pada gambar 1 warna dan 9,5 mili second setiap barisnya khusus untuk gambar berwarna.

Sementara itu, hasil scan dari printer Epson L210 ini memiliki warna yang cukup baik, yaitu sebesar 48 bit pada gambar berwarna serta 16-bit pada gambar satu warna atau hitam putih.

Kekurangan printer Epson L210

1. Kurang maksimalnya Hasil cetakan

Printer Epson L210 yang memiliki fitur cukup banyak ini ternyata memiliki hasil cetak yang belum maksimal. Bahkan, Apabila dibandingkan dengan printer Epson generasi sebelumnya, bisa dikatakan hasil cetaknya sangatlah mirip.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Tanpa Ke Tempat Servis

2. Proses perawatan yang ribet dan rewel

Dari sisi perawatan, Printer ini memiliki tingkat keruwetan yang cukup tinggi serta rewel dibagian perawatan. Pada beberapa kasus, Printer Epson L210 ini tidak bisa dipakai dan ternyata buku manual yang disediakan pun tidak banyak membantu. Salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah dengan membawa printer tersebut ke service center.

3. Kesimpulan printer Epson L210

Secara umum, bisa disimpulkan bahwa printer Epson L210 ini adalah printer yang memiliki kualitas cukup bagus apabila anda tidak begitu memperhatikan kualitas cetaknya. Sejarah fungsi, Printer ini memang cocok digunakan di rumah ataupun kantor yang tidak membutuhkan kualitas tinggi di dalam pencetakan. Hal tersebut tentunya dilatarbelakangi karena hasil cetakan dari printer L210 ini tidaklah sebagus printer cetak khusus untuk foto. Namun, di balik itu semua penggunaan tinta pada printer Epson L210 ini cukuplah hemat sehingga biaya untuk pembelian tinta bisa diminimalisir.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan printer Epson L210 yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Apabila anda menginginkan Sebuah printer yang hemat namun tidak menginginkan kualitas cetak yang sempurna, maka printer Epson L210 bisa menjadi pilihan. Akan tetapi, Jika anda menginginkan printer dengan kualitas sempurna Di hasil cetaknya, maka pilihan printer stylus R230 atau Epson L300 adalah pilihan yang bisa anda pertimbangkan. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Istilah storage device merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, terutama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *