Home / Hardware / Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson

Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson

Jika pada artikel yang lalu saya banyak membahas mengenai printer Canon, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan printer Epson. Merk Epson sebenarnya sudah cukup lama di Indonesia, bahkan nama besar Epson juga tidak kalah dengan nama Pasar Canon. Hanya saja, para pengguna printer untuk sekarang ini cenderung memilih merk Canon.

Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson

Padahal sebenarnya apabila kita tengok lebih dalam mengenai kelebihan printer Epson, maka kita akan mendapatkan segudang kelebihan printer Epson yang tidak dimiliki oleh printer Canon. Bahkan, apabila diadu tentunya ada beberapa kelebihan printer Epson yang mengalahkan kelebihan yang dimiliki oleh printer Canon.

Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson

Oleh sebab itulah pada kesempatan yang baik ini ijinkan saya untuk sedikit mengulas mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan printer Epson. Dengan begitu, ini maka tentunya anda akan mengetahui secara depan sejumlah keunggulan dan kelemahan yang dimiliki oleh printer Epson sehingga Anda bisa mempertimbangkan apakah akan membeli printer permainan atau Epson.

Kelebihan printer Epson

1. Hasil cetakan dari printer Epson sangat bagus

Apabila kita lihat dari sisi kualitas cetak printer Epson memang hal tersebut bisa memposisikan printer Epson ada di jajaran paling atas dilihat dari kualitas hasil cetakan.Kesimpulan ini diambil ketika dilakukan beberapa survei dimana banyak pengguna yang menyetujui bahwa hasil cetakan dari printer Epson jauh lebih bagus dibandingkan dengan printer merk Canon. Siapa saja yang menyetujui hal tersebut? Dimulai dari sekolah SD, Kantor Kelurahan, percetakan sampai kantor kecamatan, pertokoan, perkantoran, sampai dengan UKM. Semua menyatakan bahwa hasil cetakan dari printer Epson adalah nomor satu dibandingkan dengan printer yang lainnya.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer HP

Berdasarkan survei yang dilakukan pada sejumlah tempat mengatakan bahwa 80% memang merasa puas ketika menggunakan printer Epson, Terutama ketika digunakan untuk mencetak foto. Beberapa seri printer Epson yang digunakan diantaranya adalah Epson Stylus photo 1390 dan Epson Stylus photo R230. Memang, kecepatan cetak untuk kedua jenis printer tersebut membuat kita kadang kurang sabaran. Namun, kesabaran kita akan terbayar dengan kualitas cetakan yang sempurna.

2. Printer Epson support untuk memakai Sistem Sontinuous in Supply System atau CISS dan sistem infus

Memang, belum ada informasi yang jelas tentang mulai kapan sistem CISS dipakai pada sebuah printer. Saya sudah mencari sejumlah informasi lewat mesin pencari Google juga belum mendapatkan jawaban yang menyakinkan. Namun Apa tujuan inti dari CISS adalah untuk menekan seminimal mungkin biaya penggunaan printer namun meningkatkan semaksimal mungkin kualitas hasil cetakan.

Sistem infus yang sekarang ini sudah cukup terkenal di terapkan pada printer juga baru support untuk printer jenis Epson. Maksudnya disini adalah Epson langsung memberikan sebuah fitur printer berinfus pada saat keluar dari pabriknya atau bisa disebut dengan infus original. Sementara itu, untuk printer printer merk lain seperti Canon dan, memakai sistem infus yang merupakan modifikasi dari para teknisi printer.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon E400

Printer Epson memakai print haid yang sebenarnya terpisah dengan bagian catridge. Oleh sebab itulah maka sistem tersebut tentunya sangat mendukung pada pemakaian sistem infus, yang mana hal tersebut berbeda dengan sistem printer yang dimiliki baik pada printer Canon maupun Merk printer yang lainnya.

Selain itu, Printer Canon dan sejumlah merek lainnya juga kadang kali sering mengalami error ketika menggunakan sistem infus. Rata-rata, ketika sudah ditambahkan sistem infus maka hasil cetakan akan mengalami penurunan dan munculnya resiko dimana printer bisa mengalami mati total.

Berdasarkan informasi yang bisa saya dapatkan bahwa printer bermerek Canon dan sejumlah merek yang lainnya menitik fokuskan pada catridge sebagai ujung tombak marketing dibandingkan dengan unit printernya. Oleh sebab itulah maka tidak heran ketika harga catridge g dari printer merk Canon cukuplah mahal.

Di tahun 2010, Printer Epson sudah mulai memakai printer yang memanfaatkan teknologi yang bernama Ink Tank system Atau sistem infus pada printer supaya kebutuhan pasar bisa terpenuhi.

Karena alasan ekonomis, maka banyak warga Indonesia yang memang menggunakan printer dengan sistem infus. Oleh sebab itulah maka Epson menjawab dengan meluncurkan produk printer terbaru yang tentunya dilengkapi dengan sistem infus secara langsung dari unit printernya.

Segala macam tuntutan pasar mengenai kebutuhan alat untuk mencatat tentunya sudah terpenuhi dengan munculnya printer Epson yang secara original langsung diberikan sistem infus dari pabrik perakit nya. Hal tersebut tentunya perlu kita syukuri karena dengan adanya sistem infus pada sebuah printer maka kegiatan atau aktivitas mencetak bisa berjalan dengan lebih mudah dan lancar.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki CPU Komputer Yang Mati Dengan Cepat

Kekurangan printer Epson

Cukup sulit menemukan kekurangan atau sisi negatif yang dimiliki oleh printer Epson ini. Saya sempat mencoba untuk berkomunikasi dengan ahli printer sehingga bisa sedikit mendapatkan gambaran Mengenai kekurangan printer Epson. Berikut ini adalah kekurangan yang dimiliki oleh printer Epson.

Rata-rata, Printer Canon biasanya mengalami kerusakan 90% nya mencakup pada bagian catridge apabila printer Canon tersebut Memakai sistem infus. Berkebalikan dengan printer Epson di mana beberapa bagian part ataupun komponen elektronika pada printer Epson cukuplah baik. Namun, ketika printer Epson yang digunakan mengalami kerusakan dan ada bagian dari suku cadang atau sparepart yang perlu diganti, maka tentunya Anda bisa mencoba memperbaiki nya dan secara otomatis mengganti beberapa sparepart yang mengalami kerusakan tersebut.

Carilah sejumlah sparepart yang original dan bisa dipastikan bekerja dengan baik pada printer Epson. Apabila Anda ragu mengenai kualitas dari sparepart yang dibeli, maka anda bisa mencoba untuk menanyakan secara langsung kepada customer service atau penjual sparepart, atau bisa juga langsung mencari penggantinya kembali.

Sekian ulasan singkat mengenai Sejumlah kelebihan dan kekurangan printer Epson yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini. Mudah-mudahan, anda bisa menentukan dengan cepat dan Matang mengenai jenis printer yang akan Dibeli atau digunakan. Akhir kata, selamat berburu printer baru dan semoga sukses. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Istilah storage device merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, terutama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *