Home / Hardware / Kelebihan Dan Kekurangan Printer Inkjet

Kelebihan Dan Kekurangan Printer Inkjet

Printer adalah salah satu alat untuk mencetak yang memakai media kertas. Di jaman sekarang ini, Printer yang merupakan salah satu alat yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang baik disekolah, di kantor, serta di sejumlah tempat rekomendasi bisnis lainnya. Berdasarkan perkembangannya, Printer Dibedakan menjadi tiga macam, yaitu printer inkjet, printer dot matrix dan juga printer laserjet. Masing-masing jenis printer tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada artikel kali ini saya akan mencoba menjabarkan kelebihan dan kekurangan printer inkjet.

Kelebihan Dan Kekurangan Printer Inkjet

Sesuai dengan namanya, printer inkjet merupakan salah satu jenis printer yang memakai tinta untuk keperluan mencetaknya. Di saat sekarang ini, printer inkjet merupakan printer yang paling banyak dijual di pasaran karena memiliki harga yang cukup ekonomis dan performa yang sangat baik. Sejumlah fitur pada printer inject juga ditawarkan, mulai dari kecepatan cetak yang luar biasa sampai dengan dukungan ukuran kertas yang cukup lebar.

Untuk saat ini, printer inkjet mampu mencetak dokumen dengan resolusi mencapai 5760 kali 1440 DPI. Teknologi yang digunakan pada printer jenis inkjet adalah teknologi dor on demand. Maksudnya adalah printer inkjet bekerja dengan cara menyemprotkan tinta lewat print head berupa titik-titik kecil pada permukaan kertas.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer Yang Mati Sendiri

Sementara itu, sebuah teknologi yang sekarang ini dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon adalah memakai teknologi panas dimana teknologi tersebut bisa menciptakan sebuah gelembung-gelembung tinta yang mana, ketika kondisi semakin panas akan membuat tinta pada Nose akan tertekan semakin baik pada permukaan kertas. Pada printer inkjet ini tentunya kita harus menunggu waktu Sekian detik Supaya hasil cetakan benar-benar kering.

Kelebihan printer inkjet

Ada sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh printer inkjet, diantaranya adalah:

  1. Apabila kita memakai kertas foto khusus, maka hasil cetakan foto pada kertas tersebut akan sangat baik dan berkualitas tinggi.
  2. Memiliki kecepatan cetak yang luar biasa apabila digunakan untuk mencetak dokumen sederhana ataupun dokumen yang hanya memiliki warna hitam saja
  3. Memiliki harga yang relatif lebih murah Apabila dibandingkan dengan printer laserjet maupun dot matrix
  4. Pada beberapa jenis printer inkjet, sudah memiliki kemampuan khusus untuk bisa mencetak dokumen secara langsung yang berasal dari media card ataupun kamera digital
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer HP

Kekurangan printer inkjet

  1. Walaupun printer inkjet memiliki kecepatan cetak yang luar biasa, namun belum bisa mengalahkan kecepatan printer laserjet
  2. Apabila menginginkan penggunaan tinta original, maka tentunya karena catridge printer inkjet berawalan kecil maka harus sering dilakukan penggantian
  3. Apabila dibandingkan dengan printer laserjet, maka harga cetak setiap halamannya lebih mahal
  4. Apabila belum kering maka hasil cetakan mudah untuk glontor. Demikian juga apabila hasil cetakan terkena cairan maka tentunya juga akan mengalami kelunturan.

Demikianlah tutorial singkat mengenai kelebihan dan kekurangan printer inkjet yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, Bagi anda yang sekarang ini sedang belajar mendalami tentang printer inkjet, maka anda bisa mendapatkan informasinya pada tutorial sederhana ini. Terima kasih dan selamat belajar semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Istilah storage device merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, terutama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *