Home / Hardware / Kelebihan Dan Kekurangan Printer LaserJet

Kelebihan Dan Kekurangan Printer LaserJet

Sampai dengan saat ini, Printer masih dikategorikan menjadi 3 jenis, yaitu printer laserjet, printer inkjet dan printer dot matrix. Masing-masing jenis printer tersebut tentunya menggunakan media utama berupa kertas, namun berbeda pada alat tulis nya. Apabila printer laserjet menggunakan toner, printer inkjet menggunakan tinta sementara printer dot matrix menggunakan pita. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas kelebihan dan kekurangan printer laserjet.

Kelebihan Dan Kekurangan Printer Laser Jet

Printer laserjet adalah salah satu printer yang banyak digunakan di instansi perkantoran dan juga sekolahan. Namun printer ini jarang ditemui pada lingkungan rumah karena memang fungsinya lebih mengarah ke penggunaan perkantoran. Disamping dunia perkantoran, tempat kerja yang membutuhkan proses percetakan dokumen dalam jumlah yang cukup banyak juga membutuhkan printer laser jet.

Printer laserjet adalah salah satu jenis printer yang menggunakan media tulisnya memakai serbuk yang sering dikenal dengan istilah toner. Proses penulisannya akan dibantu dengan memakai perangkat infrared. Apabila dibandingkan dengan dua jenis printer yang lain, kualitas cetak dari printer laserjet jauh lebih bagus dengan catatan dokumen yang dicatat merupakan dokumen bukan gambar dan tidak berwarna.

Baca Juga:   Kekurangan Dan Kelebihan Komputer

Disamping itu, printer laserjet juga memiliki kecepatan cetak yang luar biasa dibandingkan dengan kecepatan cetak yang dimiliki oleh printer inkjet maupun dot matrix. Oleh sebab itu, Bagi anda yang membutuhkan printer dengan kecepatan cetak yang bagus, maka silahkan anda jatuhkan pilihan pada printer laserjet. Printer laserjet ini hampir sama dengan mesin fotocopy.

Kelebihan printer laserjet

Di bawah ini adalah sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh printer laser jet. Silahkan anda Simak beberapa bagian dibawah ini Sehingga anda lebih mantap di dalam menjatuhkan pilihan untuk membeli printer laserjet.

  1. Apabila digunakan untuk mencetak teks, maka kualitas yang dihasilkan jauh lebih baik dibandingkan dengan dua jenis printer yang lainnya
  2. Kecepatan cetak yang sangat tinggi apabila digunakan untuk mencatat teks
  3. Bisa digunakan untuk mencetak pada media kertas dengan beragam ukuran, biasanya yang paling besar adalah ukuran kertas A3
  4. Harga toner cenderung lebih murah dibandingkan dengan harga tinta sehingga secara keseluruhan biaya cetak per halaman bisa ditekan atau jauh lebih murah dibandingkan menggunakan printer inkjet
  5. Hasil cetakan permanen dan tidak akan luntur apabila terkena cairan
Baca Juga:   Struktur Dan Fungsi Utama Komputer Secara Umum

Kekurangan printer laserjet

  1. Jika digunakan untuk mencetak foto berwarna, maka hasil yang didapatkan tidak bagus atau bahkan cenderung buruk
  2. Harga dari unit printer laserjet tentunya jauh lebih mahal dibandingkan dengan printer inkjet
  3. Apabila dipaksakan untuk mencetak gambar berwarna, biasanya kualitas warna akan berbeda antara gambar asli dengan hasil cetakannya. Pada beberapa kasus, gambar akan sedikit menjadi kabur.
  4. Karena printer ini menggunakan media yang padat sebagai alat tulisnya, maka pada beberapa kasus juga bisa menimbulkan paperjam layaknya mesin fotocopy.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan printer laser jet yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, bagi Anda yang memiliki keinginan untuk mempunyai printer yang memiliki kecepatan tulis di atas rata-rata, maka anda sudah bisa menentukan pilihan untuk membeli printer berjenis laserjet. Namun harap diingat bahwa anda tidak bisa mengharapkan hasil yang maksimal apabila menggunakan printer laserjet untuk mencetak gambar berwarna karena bisa dipastikan hasilnya akan jauh lebih buruk dibandingkan dengan printer jenis inkjet. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer No Signal Paling Manjur

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi utama prosesor

Fungsi Utama Prosesor Secara Umum Pada Beberapa Perangkat

Kata prosesor tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang berkecimpung di dunia ini. Hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *