Home / Hardware / Kelebihan Dan Kekurangan Prosesor Intel Dan AMD

Kelebihan Dan Kekurangan Prosesor Intel Dan AMD

Persaingan antara prosesor Intel dan prosesor AMD semakin sengit saja. Banyak orang yang mencari kelebihan dan kekurangan prosesor AMD serta kelebihan dan kekurangan prosesor Intel sebagai bahanperbandingan untuk memutuskan Apakah hendak membeli prosesor ente atau prosesor Intel. Tentunya, dengan semakin banyaknya informasi yang beredar di internet akan membuat kita semakin mudah di dalam mencari referensi mengenai keunggulan dan kelemahan prosesor AMD dan Intel tersebut.

Kelebihan Dan Kekurangan Prosesor Intel Dan AMD

Untuk membantu anda di dalam mengenali kelebihan dan kekurangan prosesor AMD dan Intel, maka pada kesempatan yang baik ini saya juga akan mencoba sharing spesial untuk anda mengenai hal tersebut. Arsitektur dari masing-masing processor, baik processor AMD maupun prosesor Intel tentunya berbeda. Hal tersebutlah yang membuat kedua prosesor tersebut memiliki karakteristik yang berbeda pula sehingga performa dari masing-masing processor terlihat Cukup berbeda.

Kelebihan dan kekurangan prosesor Intel dan AMD

Sebagai seseorang yang berputar di dunia IT, tentunya harus paham betul mengenai karakteristik dari 2 prosesor tersebut. Hal tersebut dilatarbelakangi karena komputer-komputer yang ada di zaman sekarang ini juga menggunakan prosesor dari intel maupun AMD. Penerapannya juga cukup banyak, mulai dari komputer kantor, komputer multimedia, komputer game sampai dengan komputer server.

Di dalam memilih jenis prosesor yang digunakan nantinya, tentu kita harus mampu memilah dan memilih jenis prosesor apa yang cocok untuk kita gunakan pada komputer yang hendak kita bangun. Hal tersebut bertujuan supaya performa dari komputer yang kita bangun bisa sesuai dengan harapan.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Media Penyimpanan

Kelebihan prosesor AMD

  1. Processor AMD memiliki harga yang cukup terjangkau
  2. Processor AMD mempunyai fitur overclock yang cukup baik karena dibukanya fasilitas multiplier
  3. Processor AMD cocok digunakan untuk laptop ataupun komputer yang hendak digunakan sebagai komputer game, terutama bagi para pengguna yang memiliki budget terbatas namun menginginkan komputer atau laptop yang handal dibidang game.
  4. Processor AMD memiliki kemampuan di dalam mendeteksi virus dengan sangat cepat dan langsung melanjutkan proses pembersihan karena di dalam prosesor AMD sudah disematkan sebuah teknologi yang memiliki nama enhanced virus protection.

Kekurangan prosesor AMD

Apabila kita lihat dari performa yang dimiliki oleh prosesor AMD, processor tersebut cenderung lebih cocok jika dipakai pada komputer desktop dibandingkan dengan komputer laptop. Processor AMD juga sangat cocok dipakai untuk komputer yang digunakan oleh gamer, akan tetapi banyak game yang belum kompatibel dengan prosesor AMD. Sampai dengan saat ini, masih sangat terbatas jumlah game yang didukung oleh prosesor AMD.

Kelebihan prosesor Intel

  1. Pada prosesor Intel, suhu processor bisa diatur oleh prosesor itu sendiri karena processor Intel mampu untuk mengatur kecepatan kerja dari dirinya sendiri apabila dirasa terlalu panas. Dengan mengurangi kecepatan kerja, maka suhu dari prosesor berangsur-angsur akan turun.
  2. Secara popularitas processor Intel jauh lebih unggul dibandingkan dengan prosesor AMD
  3. Pada tipe prosesor Intel kelas atas, prosesor Intel ini jauh lebih unggul di bidang multimedia
  4. Pipeline yang dimiliki oleh processor Intel lebih panjang dibandingkan dengan pipeline yang dimiliki oleh prosesor AMD
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson

Kekurangan prosesor Intel

  1. Kualitas yang dimiliki processor Intel sedikit kalah pada sejumlah aspek dibandingkan dengan prosesor AMD walaupun secara popularitas processor Intel lebih unggul
  2. Processor Intel memiliki permasalahan pada bagian pertukaran data sehingga mengakibatkan kecepatan kerja dari prosesor Intel masih lebih lambat dibandingkan dengan prosesor AMD walaupun secara arsitektur processor Intel memiliki pipeline yang lebih panjang
  3. Processor Intel kelas menengah kebawah kalah unggul dibandingkan prosesor AMD Untuk aplikasi gaming, aplikasi grafis dan aplikasi 3D
  4. Processor Intel memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan AMD

Kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan processor Intel dan AMD

Dari pembahasan di atas, maka bisa kita simpulkan bahwa di dalam menentukan prosesor yang hendak dipakai pada sebuah komputer tentunya merujuk kepada kebutuhan komputer itu sendiri. Apakah komputer tersebut akan digunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantor, untuk bermain game, atau untuk pengolahan file multimedia. Apabila Anda ingin menggunakan komputer untuk menjalankan sejumlah aplikasi multimedia, pekerjaan office serta sejumlah pekerjaan lain yang membutuhkan multitasking cukup banyak, maka processor Intel cukup cocok untuk digunakan.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Begitu juga sebaliknya, Ketika anda gemar bermain game 3D dan betah berlama-lama di depan komputer untuk bermain game, maka sangat disarankan untuk membeli processor AMD pada komputer yang hendak digunakan. Tentunya, jangan lupa perbesar juga kapasitas RAM yang digunakan serta tingkatkan spesifikasi dari kartu grafis atau kartu VGA yang digunakan supaya performa dari Kim semakin meningkat.

Demikianlah ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan prosesor AMD dan Intel yang bisa saya bahas pada artikel kali ini. Semoga saja, sesudah Anda membaca artikel ini maka anda sudah bisa memutuskan untuk membeli processor seri yang mana, apakah dari AMD atau dari intel. Penentuan jenis prosesor tersebut tentunya merujuk kepada Aplikasi apa yang nantinya hendak dijalankan dan seberapa berat komputer tersebut akan bekerja. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Istilah storage device merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, terutama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *