Home / Hardware / Kelebihan Dan Kekurangan Sharing Printer

Kelebihan Dan Kekurangan Sharing Printer

Sharing printer merupakan salah satu fasilitas yang ada pada sistem operasi komputer baik Windows, Linux maupun MacOS yang mana fasilitas tersebut merupakan fasilitas untuk mempermudah setiap pengguna di dalam mencetak dokumen hanya menggunakan satu printer saja yang terhubung ke jaringan. Dengan menggunakan fitur sharing printer maka tentunya kita tidak perlu membutuhkan banyak printer, karena cukup dengan satu printer, maka seluruh komputer yang terhubung pada jaringan tersebut bisa menikmati printer tersebut. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari sharing printer? Kali ini saya akan mengulasnya untuk anda.

Kelebihan Dan Kekurangan Sharing Printer

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sharing printer merupakan fitur yang sangat dinikmati oleh setiap pengguna jaringan. Sumber daya berupa printer tidak dibutuhkan terlalu banyak, asalkan printer tersebut memiliki performa yang cukup bagus seperti biasanya penggunaan sharing printer dilakukan pada perkantoran, laboratorium dan juga bidang pekerjaan lain di mana pada pekerjaan tersebut terdapat sebuah jaringan. Jaringan komputer yang didukung juga sangatlah fleksibel, bisa menggunakan jaringan kabel maupun jaringan Wifi.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Komputer

Kelebihan dan kekurangan sharing printer

Tentunya terdapat kelebihan dan kekurangan sharing printer karena memang masing-masing fitur yang disediakan oleh sistem operasi dan juga jaringan memiliki sejumlah keunggulan dan kelemahan. Lalu apakah kelebihan yang ditawarkan pada sharing printer lebih banyak dibandingkan dengan kekurangannya? Silakan anda Simak beberapa kelebihan dan kekurangan sharing printer dibawah ini Sehingga anda bisa memutuskan apakah akan memanfaatkan fasilitas sharing printer atau tidak fitur sharing printer tersebut

Kelebihan sharing printer

  1. Menghemat sumber daya printer. Dalam hal ini kita hanya membutuhkan sedikit unit printer, bahkan cukup satu manakala printer yang kita miliki memiliki performa yang cukup baik serta mampu Melayani seluruh perintah cetak dokumen yang berasal dari client atau komputer komputer lainnya.
  2. Menghemat tempat untuk meletakkan printer karena printer yang digunakan untuk mencetak dokumen hanya berjumlah satu saja. Disamping itu, kita juga tentunya akan berhemat biaya karena tidak perlu membeli unit printer terlalu banyak sesuai dengan jumlah komputer yang disediakan.
  3. Mempermudah proses cetak dokumen karena tidak perlu memindah data dari komputer kerja ke komputer yang ada printernya. Artinya adalah kita tidak perlu direpotkan untuk mengcopy paste file serta berpindah komputer Hanya untuk mencetak dokumen saja.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson L220

Kekurangan sharing printer

  1. Disamping kelebihan kelebihan sharing printer di atas, ternyata fasilitas sharing printer yang disediakan pada sistem operasi dan jaringan juga memiliki sejumlah kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan sharing printer
  2. Membutuhkan 1 buah komputer yang selalu dalam kondisi hidup yang berada pada posisi terkoneksi ke printer. Model ini Tentunya dibutuhkan pada printer yang tidak memiliki port LAN. Apabila printer yang digunakan sudah tersedia port jaringan atau LAN, maka tentunya tidak dibutuhkan komputer server yang selalu terkoneksi kan ke printer tersebut dalam kondisi menyala.
  3. Membutuhkan printer yang memiliki performa bagus dan diatas rata-rata. Hal ini Tentunya hal tersebut berkaitan dengan kebutuhan cetak dokumen yang ada pada masing-masing komputer client. Apabila kecepatan cetak yang dimiliki pada printer tidak sanggup memenuhi kebutuhan permintaan cetak dokumen dari masing-masing client, maka bisa dipastikan kerja printer akan sangat terbebani dan pada akhirnya akan cepat mengalami kerusakan.
  4. Koneksi jaringan selalu dalam kondisi fix dan juga stabil. Apabila ada salah satu Komputer client yang tidak terkoneksi dengan jaringan, maka tentunya Komputer client tersebut tidak bisa mencetak dokumen pada printer yang sudah di sharing tersebut.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon E500

Demikian ulasan singkat tentang kelebihan dan kekurangan sharing printer yang bisa saya bahas pada posting kali ini. Setelah anda memahami apa saja kekurangan dan kelebihan dari fasilitas sharing printer, maka tentunya anda sudah bisa memutuskan Apakah perlu memanfaatkan fasilitas tersebut atau tidak. Namun, yang secara fungsi tentunya fasilitas sharing printer sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki koneksi jaringan komputer namun memiliki sumber daya printer yang terbatas. Penghematan dari sisi keuangan untuk membeli printer bisa dilakukan. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Istilah storage device merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, terutama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *