Home / Software / Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi Komputer

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi komputer merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengatur hardware komputer serta memberikan pelayanan umum pada software. Sistem operasi komputer merupakan sebuah software yang sangat penting untuk menunjang software aplikasi yang ada pada komputer. Komputer yang tidak memiliki sistem operasi tentunya tidak bisa menjalankan software aplikasi, kecuali software aplikasi untuk booting.

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi komputer sekarang ini jumlahnya sangat banyak. Kelebihan dan kekurangan sistem operasi komputer tersebut tentunya juga dimiliki oleh masing-masing sehingga tentu kita bisa memilih dan memilah sistem operasi komputer mana yang cocok untuk kita gunakan. Sistem operasi yang paling terkenal untuk saat ini adalah sistem operasi Windows yang mana sistem operasi tersebut hampir digunakan oleh setiap pengguna komputer.

Kelebihan dan kekurangan sistem operasi komputer

Untuk mempermudah kita di dalam memahami sejumlah kelebihan dan kekurangan sistem operasi komputer, maka pada posting kali ini saya akan mengulas beberapa kelebihan dan kekurangan sistem operasi komputer dari sejumlah sistem operasi komputer yang sekarang ini sudah banyak beredar. Contoh sistem operasi yang sekarang ini masih banyak digunakan oleh pengguna komputer adalah sistem operasi Windows, sistem operasi Linux, sistem operasi machintos, dan sistem operasi Android.

Sistem operasi Windows

Windows merupakan salah satu sistem operasi yang menggunakan sistem GUI atau grafik user interface yang jumlah penggunanya sangat banyak, bahkan mendunia. Sebelum Windows dirilis, dimulai dengan munculnya QDOS atau quick and Dirty operating system.Sistem operasi tersebut dibuat oleh patterson yang berasal dari Seattle computer di tahun 1980. Selanjutnya, Bill Gates yang berasal dari Microsoft di tahun 1981 membeli lisensi QDOS dan mengganti namanya jadi MSDOS. Sekarang ini, perubahan dan perkembangan winDOS sangatlah besar dan signifikan.

Kelebihan sistem operasi komputer Windows

  1. Sistem operasi komputer yang bersifat user friendly
  2. Lengkapnya dukungan hardware, berbagai macam aplikasi juga banyak didukung oleh sistem operasi komputer Windows
  3. Canggihnya kontrol akses pada sistem operasi Windows yang tentunya lebih canggih dibandingkan dengan sistem operasi yang lainnya.
  4. Dukungan banyak sistem partisi dengan sejumlah format mulai dari FAT16, FAT32, FAT dan NTFS serta ISO9660
  5. Dukungan terhadap sistem berkas terenkripsi serta mampu dipakai memproteksi sejumlah data penting supaya tidak bisa dibuka oleh pengguna lain
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Program Aplikasi

Kelemahan sistem operasi komputer Windows

  1. Sejumlah virus mudah sekali untuk masuk dan menulari komputer yang menggunakan sistem operasi berbasis Windows
  2. Mahal dari sisi harga lisensi serta sangat sulit untuk dijangkau oleh pengguna komputer secara keseluruhan
  3. Tidak memiliki efek 3D serta mempunyai resolusi yang masih rendah

Sistem operasi Linux

Pada tahun 1991, Linus torvalds menciptakan Linux di Finlandia. Pada saat itu Linus masih berstatus sebagai seorang mahasiswa yang mengambil jurusan ilmu komputer di Universitas Helsinki. Pada saat itu, Luna tentunya masih belum memiliki kekuatan dan sangat sederhana, berbeda dengan sistem operasi unix komersil yang tentunya sudah bisa dikomersilkan dan sudah mapan.

Akan tetapi, dengan adanya bantuan dari Para pengembang, Linus terus berupaya supaya Linux bisa terus berkembang. Usaha Linus tidaklah sia-sia karena pada akhirnya Linux mempunyai kemampuan yang bisa disejajarkan dengan sejumlah sistem operasi yang sudah muncul sebelumnya. Linus torvald adalah pemegang lisensi untuk Linux. Hal tersebut merupakan salah satu bagian penghormatan atas jerih payahnya di dalam pengembangan sistem operasi Linux tersebut

Sistem operasi komputer Linux memiliki model pendistribusian yang didalamnya berisi sejumlah kumpulan aplikasi yang spesial dipakai oleh Linux itu sendiri serta digabungkan menjadi sebuah kesatuan. Model pendistribusian Linux seperti itu disebut dengan Distro Linux. Tentunya, banyak sekali Distro Linux yang sudah dikembangkan, diantaranya adalah Debian, suse, Ubuntu, redhat, slackware, mandrake, blangkon dan lain-lain.

Kelebihan sistem operasi komputer Linux

  1. Virus cukup sulit untuk masuk kedalam sistem operasi komputer Linux
  2. Linux memiliki kestabilan yang cukup baik sehingga sangat cocok digunakan pada komputer server internet sampai dengan berbagai macam industri perfilman
  3. Linux adalah sistem operasi yang sangat baik dipakai pada komputer jaringan
  4. Linux memiliki sifat open source atau disebut dengan istilah sistem operasi terbuka atau bebas. Dengan kata lain, tidak ada lisensi yang harus dibayar untuk membeli ataupun memakai sistem operasi Linux
  5. Linux memiliki kemampuan murni dibidang multitasking dan multiuser
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Manajemen File

Kekurangan sistem operasi komputer Linux

  1. Pada sistem operasi Linux, masih sedikit software aplikasi yang didukungnya
  2. Sejumlah hardware juga masih kesulitan di dalam menyediakan software driver untuk sistem operasi Linux

Sistem operasi komputer machintos

Sistem operasi machintos atau Mac OS merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Apple untuk komputer machintos. Mac OS tersebut dipopulerkan Karena menggunakan GUI yang sangat menarik dan interaktif. Hanya saja, Mac OS berbeda dengan Linux dimana sistem operasi tersebut tidaklah bersifat terbuka atau open source, namun hanya dapat dijalankan pada komputer yang menggunakan arsitektur buatan Apple. Mac OS itu sendiri dikategorikan menjadi dua, yaitu make OS Classic yang diluncurkan oleh Apple di tahun 1984 dimana versinya sampai dengan mac OS 9. Kategori yang kedua adalah Mac OS X yang merupakan versi terbaru dari Mac OS.

Kelebihan sistem operasi komputer Mac OS

  1. Mac OS memiliki tampilan yang sangat glossy sehingga tentu akan sangat membuat bagus tampilan untuk model multimedia dan grafiknya
  2. Sangat sulit untuk terjangkiti virus karena sistem operasi Mac OS dirancang menggunakan model security oriented
  3. Memiliki fitur Sherlock yang mana fitur tersebut memiliki kemampuan didalam mencari file yang ada di hardisk, jaringan lokal dan juga internet
  4. Memiliki performa yang sangat tinggi, khususnya adalah untuk Mac OS X yang bisa mengerjakan sejumlah hal dengan kecepatan yang sangat baik

Kekurangan sistem operasi komputer Mac OS

  1. Aplikasi-aplikasi yang disediakan untuk Mac OS tidak selengkap untuk sistem operasi Microsoft Windows
  2. Mahalnya harga lisensi untuk make OS
  3. Ada kecenderungan seakan-akan Mac OS dibuat hanya untuk desain grafis
  4. Tidak cocok digunakan untuk aplikasi game dan juga server
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan File

Sistem operasi komputer DOS atau this operating system

Disk operating system atau disingkat DOS merupakan salah satu sistem operasi yang menggunakan interface berupa teks dan command line yang dipakai di tahun 1980 an. Secara umum, DOS memiliki perintah yang dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Perintah internal atau internal command

Pada perintah internal, tidak memerlukan file tertentu karena keseluruhannya Sudah dimiliki oleh command prompt. Contohnya adalah Del, copy, MD, Dir, date, RD, MK Dir, time.

  1. Perintah eksternal atau eksternal command

Untuk perintah eksternal tentunya membutuhkan sebuah file supaya setiap perintah bisa diproses. Contohnya adalah edit, deltree, excopy, fdisk, format.

Kelebihan sistem operasi computer DOS

  1. Bisa dengan lebih mudah di dalam membuat folder lengkap dengan sub foldernya
  2. Bisa digunakan untuk melihat file pada hardisk maupun folder secara lengkap dan yang juga dalam kondisi terhidden
  3. Lebih cepat mengcopy file dibandingkan dengan sistem operasi yang menggunakan GUI

Kekurangan sistem operasi komputer DOS

  1. Apabila kita tidak fokus dan ceroboh, maka resiko kehilangan data sangat besar
  2. Kurang menariknya tampilan/interface
  3. Proses penggunaannya masih menggunakan text yang terangsang lebih sulit

Sekian penjabaran singkat mengenai kelebihan dan kekurangan sistem operasi komputer yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Sebenarnya, masih ada sistem operasi, namun tidak berbasis komputer melainkan sistem operasi yang dirancang untuk smartphone ataupun ponsel. Beberapa contohnya adalah sistem operasi Android, sistem operasi Symbian, sistem operasi Windows Phone, sistem operasi blackberry, sistem operasi Java dan sejumlah sistem operasi lain yang semuanya bekerja pada perangkat mobile. Mudah-mudahan, artikel singkat pada posting kali ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda di bidang IT. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File

Apa Yang Dimaksud Dengan File

Kata file bukanlah kata yang asing bagi kita. Setiap kali kita bekerja menggunakan komputer pastinya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *