Home / Umum / Kesehatan / Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Air Raksa

Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Air Raksa

Termometer air raksa merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengukur suhu. Sebenarnya, dengan menggunakan indra peraba pengukuran suhu dengan menerapkan teknik sederhana bisa dikerjakan. Sebagai contoh, anda dapat menentukan perbedaan suhu dari 2 benda yang diukur. Hal tersebut dilakukan dengan cara merasakan tingkat perbedaan suhu yang dimiliki oleh masing-masing benda.

Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Air Raksa

Termometer merupakan sebuah alat yang terdiri dari pipa yang memiliki skala beserta berisi zat cair baik berupa air raksa ataupun alkohol. Termometer yang menggunakan air raksa merupakan Termometer yang didalamnya terdapat gelas tabung yang berisi air raksa tersebut. Tentunya, tanpa dilakukan kalibrasi pada tabung kaca bisa menjadikan temperatur terbaca berdasarkan panjang air raksa yang ada di Tabung kaca. Sementara itu, guna mendapatkan ketelitian yang baik, maka rata-rata disediakan bohlam air raksa pada setiap ujung termometer yang didalamnya berisi sebagian besar dari air raksa, penyempitan volume serta pemuaian.

Air raksa berikutnya akan disalurkan kepada bagian tabung yang ukurannya jauh lebih sampai. Sementara itu diantara air raksa bisa diisi atau pun tetap dibiarkan dalam kondisi kosong. Disarankan, Setiap keluarga memiliki termometer supaya bisa dimanfaatkan untuk anggota keluarga ketika sedang mengalami sakit.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Bimetal

Untuk termometer air raksa biasa disebut pula dengan termometer maksimum. Prinsip kerjanya yaitu berdasarkan penggunaan katup yang berada pada leher tabung berdekatan dengan posisi bohlam. Ketika suhu yang diukur naik, maka air raksa akan didorong ke arah atas lewat bagian katuk oleh adanya gaya pemuaian. Ketika suhu yang diukur turun, maka air raksa akan tetap bertahan pada bagian katup dan tidak bisa turun kembali kebagian bohlam sehingga menjadikan air raksa tertahan pada tabung.

Tentunya pengguna bisa membaca temperatur yang diperoleh dari pengukuran menggunakan termometer air raksa dalam durasi waktu yang sudah ditentukan. Supaya fungsinya bisa dikembalikan, maka termometer air raksa wajib untuk diayunkan dengan gerakan yang cukup cepat dan keras. Tentunya termometer jenis ini sangat mirip dengan desain dari termometer medis.

Kelebihan dan kekurangan termometer air raksa

  1. Lebarnya jangkauan suhu yang bisa dilakukan pengukuran menggunakan termometer air. Air raksa bisa meniti ketika sudah mencapai suhu 360 derajat Celcius dan akan membeku di suhu minus 40 derajat Celcius
  2. Karena warnanya Yang mengkilat, maka air raksa mudah untuk terlihat
  3. Teraturnya proses pemuaian air raksa
  4. Perubahan suhu bisa terjadi dengan cepat ketika air raksa terkena suhu panas
  5. Pengukuran menggunakan termometer air raksa sangatlah populer karena air raksa itu sendiri tidak dapat membasahi bagian dinding pipa kapiler
  6. Air raksa bisa dengan cepat mereduksi ataupun mengurangi panas dari seseorang yang sedang sakit ataukepanasan
Baca Juga:   Cara Membuat Suara Bagus Dengan Kencur

Kekurangan termometer air raksa

  1. Air raksa merupakan barang yang sangat sulit untuk didapat serta memiliki harga yang sangat mahal
  2. Apabila dinginkan untuk mengukur suhu yang sangat rendah, misalnya kurang dari -40 derajat Celcius, maka tentunya
  3. Apabila tabung kaca pada termometer air raksa terlihat retak, maka silahkan secepatnya anda ganti dengan yang baru karena air raksa pada tabung termometer memiliki sifat beracun yang bisa membahayakan Siapa saja yang terkena air raksa tersebut.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai kelebihan dan kekurangan termometer air raksa yang bisa saya bahas pada posting kali ini. Mudah-mudahan Bagi anda yang sekarang ini sedang bekerja di laboratorium fisika dan kimia atau bahkan Anda bekerja di rumah sakit bisa mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan baru mengenai termometer air raksa. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Halo pengunjung setia inanesia.com. Apa kabar semuanya ? Semoga saja anda sekalian selalu dalam kondisi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *