Home / Umum / Kesehatan / Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Alkohol

Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Alkohol

Alkohol merupakan salah satu zat kimia yang memiliki fungsi dan peranan cukup baik di dunia kesehatan. Salah satu fungsi alkohol yang sekarang ini masih banyak digunakan adalah sebagai pengisi tabung termometer. Selain alkohol, tabung termometer memang ada yang diisi dengan air raksa. Tentunya masing-masing Jenis cairan pengisi tabung termometer tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Dari latar belakang tersebut, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas sejumlah kelebihan dan kekurangan termometer alkohol.

Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Alkohol

Cairan alkohol merupakan cairan yang mudah sekali menguap Apabila ada di lingkungan terbuka. Selain digunakan sebagai pengisi tabung termometer, alkohol juga digunakan sebagai pembersih luka dan juga sebagai cairan pembersih peralatan medis lainnya. Tentunya, dari kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh cairan alkohol tersebut membuat cairan tersebut juga cocok digunakan untuk mengisi termometer.

Kelebihan dan kekurangan termometer alkohol

Sebelum kita membahas sejumlah kelebihan dan kekurangan termometer alkohol, maka terlebih dahulu perlu kita ketahui bahwa termometer alkohol rata-rata digunakan sebagai alat pengukur suhu pada benda atau objek yang memiliki temperatur rendah karena memang sifat dari alkohol adalah memiliki titik beku yang cukup rendah. Alkohol merupakan cairan yang berwarna bening sehingga rata-rata tabung termometer yang digunakan untuk diisi cairan alkohol memiliki background yang berwarna. Dengan teknik seperti itu maka setiap kenaikan suhu pada tabung termometer akan dengan mudah terbaca.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Bagus Dengan Kencur

Kelebihan termometer alkohol

Di bawah ini adalah sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh termometer alkohol

  1. Harga dari termometer alkohol tentunya lebih murah dibandingkan dengan harga termometer air raksa. Hal tersebut tentunya dilatarbelakangi dari harga alkohol itu sendiri yang jauh lebih murah dibandingkan dengan air raksa.
  2. Termometer dengan cairan alkohol tentunya lebih mudah didapat karena bisa dikatakan untuk mendapatkan alkohol itu sendiri bisa dilakukan dengan mudah. Hampir di seluruh apotek di wilayah Indonesia menjual bebas cairan alkohol sehingga tentu kita tidak akan mendapatkan kesulitan untuk mengisi tabung termometer dengan cairan alkohol tersebut.
  3. Termometer alkohol memiliki ketelitian yang lebih baik. Hal tersebut dikarenakan termometer alkohol memiliki tingkat pemuaian yang cukup besar pada setiap kenaikan suhu walaupun dalam angka yang cukup kecil.
  4. Alkohol memiliki titik beku yang cukup rendah yaitu sampai minus 122 derajat Celcius. Dengan begitu, jenis termometer alkohol ini bisa dipakai guna mengukur suhu yang sangat rendah, bahkan suhu untuk wilayah daerah kutub juga bisa diukur menggunakan termometer alkohol tersebut.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Air Raksa

Kekurangan termometer alkohol

  1. Selain sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh termometer alkohol, ternyata juga ada sejumlah kekurangan yang dimiliki pada termometer jenis ini. Silahkan anda Simak ulasan berikut ini.
  2. Termometer alkohol tidak mampu dipakai guna mengukur pada suhu yang terlalu tinggi. Hal tersebut disebabkan karena alkohol memiliki titik didih yang cukup rendah.
  3. Alkohol merupakan cairan yang tidak memiliki warna sehingga pada sejumlah termometer alkohol harus diberikan background pada tabung alkohol tersebut. Tujuannya supaya perubahan pada suhu yang ditunjukkan di cairan alkohol bisa tetap terbaca.
  4. Alkohol memiliki sifat mampu membasahi dinding tabung kaca. Dengan demikian volume dari alkohol yang berada di dalam tabung termometer akan berkurang seiring dengan kenaikan suhu. Namun demikian, volume tersebut akan kembali lagi ketika termometer dalam kondisi tidak digunakan.

Demikianlah sedikit informasi mengenai kelebihan dan kekurangan termometer alkohol. Sebagai informasi saja bahwa termometer alkohol ini memiliki harga yang cukup murah sehingga banyak digunakan di instansi kesehatan. Hanya dengan mengeluarkan uang kurang dari Rp. 100.000, maka kita sudah bisa memiliki termometer jenis alkohol tersebut. Tentunya, penggunaan termometer alkohol untuk skala kecil, misalnya untuk mengukur suhu tubuh bisa dilakukan dengan cukup baik. Oleh sebab itulah maka setiap rumah disarankan untuk memiliki termometer alkohol karena memiliki fungsi yang sangat baik namun memiliki harga yang cukup murah. Akhir kata terima kasih atas kunjungan anda dan selamat beraktifitas.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Hemoglobin

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Halo pengunjung setia inanesia.com. Apa kabar semuanya ? Semoga saja anda sekalian selalu dalam kondisi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *