Home / Umum / Kesehatan / Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Bimetal

Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Bimetal

Halo pengunjung setia Inanesia.com ? Apa kabar semuanya ? Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan termometer bimetal. Artikel tentang keunggulan dan kelemahan dari termometer bimetal ini saya pula sebagai pasangan tentang kelebihan dan kekurangan termometer air raksa dan termometer alkohol yang sudah pernah saya ulas pada artikel yang lain.

Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Bimetal

Tentunya, bagi Anda yang bekerja di dunia Kesehatan baik di Puskesmas, Dinas kesehatan, atau bahkan rumah sakit tentunya mengenal dengan peralatan yang namanya termometer bimetal. Termometer bimetal tersebut adalah sebuah pengembangan dari Termometer yang sebelumnya sudah dibuat guna mendapatkan akurasi serta kevalidan dari hasil pengukuran suhu yang dilakukan.

Tentunya, walaupun termometer bimetal merupakan termometer yang dikembangkan dengan cukup baik tapi tentunya tetap saja memiliki sejumlah kekurangan walaupun dibalik kekurangan tersebut terdapat banyak sekali kelebihannya. Oleh sebab itulah, pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas spesial untuk anda mengenai kelebihan dan kekurangan termometer bimetal sehingga Anda benar-benar paham akan karakteristik dari termometer bimetal tersebut, sehingga bagi Anda yang belum memiliki termometer jenis tersebut segera membuat rencana untuk memiliki termometer bimetal.

Baca Juga:   Arti Dari Hipertensi ? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Kelebihan dan kekurangan termometer bimetal

Di dunia kesehatan tentunya sudah tidak asing lagi dengan termometer bimetal, termasuk sejumlah kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya. Akan tetapi, bagi masyarakat awam tentunya jarang sekali mendengar istilah termometer bimetal. Yang sering didengar oleh telinga masyarakat kita adalah termometer air raksa dan termometer alkohol yang sudah memiliki popularitas terlebih dahulu. Untuk membantu anda di dalam mengenali sejumlah kekurangan dan kelebihan termometer bimetal, maka di bawah ini adalah ulasannya.

Kelebihan termometer bimetal

  1. Kelebihan termometer bimetal yang pertama adalah bahwa termometer tersebut cukup tahan terhadap goncangan.
  2. Termometer bimetal memiliki Bahan yang tahan air dan cukup sulit untuk terbakaran
  3. Termometer bimetal mempunyai harga yang cukup murah dan terjangkau
  4. Termometer bimetal memiliki umur dan daya tahan cukup panjang, memiliki keawetan yang cukup baik serta mudahnya proses kalibrasi
  5. Termometer bimetal bisa dipakai Yoga untuk membuat peralatan termograf
  6. Di dalam menggunakannya, termometer bimetal tidak membutuhkan tenaga listrik
  7. Termometer bimetal menyediakan fasilitas yang digunakan untuk mempermudah pemakaiannya serta cukup simpel.
  8. Suhu yang bisa diukur menggunakan termometer bimetal cukuplah tinggi apa yaitu sampai dengan 500 derajat Celcius.
Baca Juga:   3 Fungsi Utama Ginjal Pada Tubuh Manusia Yang Wajib Dipahami

Kekurangan termometer bimetal

Setelah anda mengetahui sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh termometer bimetal, mari kita lanjutkan kembali untuk membahas sejumlah kekurangan termometer bimetal.

  1. Termometer bimetal membutuhkan proses kalibrasi yang harus sering dilakukan supaya keakuratan termometer tersebut bisa dipertanggungjawabkan terhadap terjadinya perubahan suhu yang cukup lambat
  2. Proses pembacaan suhu hasil pengukuran termometer bimetal harus dilakukan secara manual
  3. Keakuratan suhu pengukuran rata-rata kurang valid karena skala hitungannya dalam orde yang besar
  4. Termometer bimetal tidak pas apabila digunakan untuk melakukan pengukuran suhu rendah, lantaran termometer bimetal tersebut di dalam pekerjaannya memakai sejumlah lempengan metal yang mana lempengan tersebut bisa bekerja pada suhu yang hangat. Dengan latar belakang tersebut maka tentunya membuat alat menjadi kurang peka atau kurang sensitif.

Demikianlah sedikit kelebihan dan kekurangan termometer bimetal yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, ilmu pengetahuan anda di dalam dunia kesehatan akan semakin bertambah dengan anda selalu rajin di dalam menambah ilmu pengetahuan baru di berbagai macam ilmu kesehatan, ilmu sosial, ilmu pertanian dan sejumlah sumber ilmu lainnya. Terima kasih atas kunjungan anda.

Baca Juga:   Sistem Kerja Saraf Pada Manusia

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung IMT

Cara Menghitung IMT Terbaru Paling Valid

Apakah anda pernah bertanya-tanya tentang bagaimana cara menghitung PMT atau indeks massa tubuh yang ideal? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *