Home / Umum / Kesehatan / Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Digital Dibandingkan Termometer Analog

Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Digital Dibandingkan Termometer Analog

Termometer sekarang ini dibuat dengan berbagai macam ragam dan jenis. Kalau di zaman dahulu Termometer dibuat dengan sistem kerja analog, yaitu dengan menggunakan air raksa ataupun alkohol untuk mengisi tabung kaca didalamnya, sekarang ini termometer sudah dibuat dalam bentuk digital. Untuk bisa mengetahui suhu tubuh ataupun suhu ruangan bisa langsung terbaca dari angka yang tertera pada termometer digital tersebut.

Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Digital

Tentunya, sejumlah keunggulan dan kelemahan tetap saja dimiliki pada termometer digital walaupun teknologi yang digunakan pada jenis termometer tersebut lebih baru dibandingkan dengan termometer analog. Masing-masing jenis termometer tentunya memiliki nilai ketahanan tertentu, nilai ketepatan di dalam menunjukkan hasil perhitungan, harga yang berbeda serta kemudahan yang ditawarkan pada masing-masing jenis termometer tersebut.

Termometer digital merupakan Termometer yang dikembangkan secara elektronika sehingga memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan termometer analog. Namun demikian, termometer digital tersebut tentunya masih memiliki kelemahan yang kadangkala tidak dimiliki pada jenis termometer analog tersebut. Untuk membantu anda di dalam mengenali sejumlah kelebihan dan kekurangan termometer digital, maka silakan Anda ikuti terus ulasan berikut ini.

Kelebihan dan kekurangan termometer digital

Termometer digital adalah sebuah termometer yang mana hasil pengukuran yang di dapat ditampilkan dalam bentuk angka sehingga lebih cepat dibaca. Termometer digital ini Tentunya hanya memakai logam yang mempunyai kemampuan di dalam menghantarkan arus listrik yang mana arus listrik tersebut akan berubah menyesuaikan dengan temperatur pada logam tersebut. Tingkat perubahan di dalam daya listrik itulah yang nantinya akan diterjemahkan sebagai hasil pengukuran suhu pada proses pengukuran.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Bagus Dengan Kencur

Termometer digital dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah:

  1. Termometer digital thermo coupler
  2. Termometer digital resistansi Platinum
  3. Termometer digital non contact atau inframerah

Beberapa kelebihan termometer digital

  1. Termometer digital bisa digunakan untuk mengukur suhu yang cukup tinggi, bahkan bisa digunakan untuk mengukur suhu yang sangat tinggi
  2. Termometer digital memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. Bahkan termometer infrared atau inframerah tidak membutuhkan kontak secara langsung pada bagian permukaan yang hendak diukur. Hanya dengan mengarahkan termometer digital sebagian permukaan yang akan diukur, maka secara otomatis termometer tersebut akan menampilkan hasil pengukurannya

Kekurangan termometer digital

  1. Harga dari termometer digital cukuplah mahal. Termometer digital yang memiliki harga paling mahal adalah termometer digital yang menggunakan jenis logam yang bisa dipakai untuk mengukur temperatur sampai dengan 1000 derajat Celcius. Termometer Ini Membutuhkan Probe yang harganya sangat mahal.
  2. Termometer digital tidak akan dapat bekerja dengan baik tanpa adanya arus listrik baik listrik secara langsung dari PLN maupun listrik yang bersumber dari baterai
  3. Termometer digital lebih sulit dibuat. Pada proses produksi termometer digital dibutuhkan biaya yang cukup tinggi Apabila dibandingkan dengan proses produksi termometer jenis analog.
  4. Termometer digital memiliki ukuran dimensi yang cukup besar.
  5. Setiap proses pengukuran suhu harus dilakukan kalibrasi ulang pada termometer digital
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Alkohol

Kelebihan dan kekurangan termometer analog

Setelah kita membahas sejumlah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh termometer digital, Mari kita lanjutkan pembahasan mengenai sejumlah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh termometer analog. Silahkan anda Simak terus ulasan berikut ini.

Termometer analog dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah:

  1. Termometer analog bimetal
  2. Termometer analog air raksa
  3. Termometer analog alkohol

Kelebihan termometer analog

  1. Termometer analog memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan termometer digital
  2. Termometer analog sangat mudah disimpan untuk waktu yang cukup lama
  3. Penggunaan termometer analog tidak membutuhkan arus listrik ataupun baterai
  4. Termometer analog bisa dibuat secara massal dan bisa dilakukan dengan cukup mudah
  5. Setiap penggunaan termometer analog tidak membutuhkan proses kalibrasi ulang

Kekurangan termometer analog

  1. Termometer analog memakai bahan berupa zat yang cukup berbahaya, sebagai contohnya adalah air raksa dan alkohol
  2. Apabila tidak ditangani dengan perlakuan yang cukup baik, termometer analog mudah pecah
  3. Termometer analog tidak bisa digunakan untuk mengukur suhu yang amat tinggi
  4. Termometer analog susah untuk dibaca, kita harus mampu membaca ketinggian air raksa ataupun alkohol yang ada di dalam tabung kaca termometer
  5. Termometer analog memiliki tingkat pengukuran yang kurang presisi
  6. Kecepatan pengukuran dan respon dari termometer analog cukup lambat
Baca Juga:   Cara Menanggulangi DBD Dengan Benar

Sekian penjabaran singkat mengenai kelebihan dan kekurangan termometer digital dibandingkan dengan termometer analog yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, setelah anda memahami secara lengkap tentang kelebihan dan kekurangan termometer digital serta termometer analog, maka anda sudah bisa memutuskan untuk memiliki jenis termometer yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Akhir kata, selamat beraktifitas Dan semoga anda dalam keadaan sehat walafiat.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Halo pengunjung setia inanesia.com. Apa kabar semuanya ? Semoga saja anda sekalian selalu dalam kondisi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *