Home / Umum / Kode Etik / Kode Etik Dalam Keperawatan Paling Lengkap

Kode Etik Dalam Keperawatan Paling Lengkap

Kode etik memiliki peranan yang sangat penting pada sebuah profesi. Salah satunya adalah kode etik dalam keperawatan di mana kode etik tersebut akan dijadikan sebagai sebuah acuan dan panduan bagi setiap perawat di dalam melaksanakan profesi yang dipikulnya. Terlebih, perawat merupakan salah satu profesi di mana melibatkan banyak pihak, bukan hanya antar perawat saja namun juga antara perawat dengan klien, perawat dengan masyarakat umum, serta perawat pada saat praktek.

Kode Etik Dalam Keperawatan

Pada sejumlah interaksi di atas, tentunya dibutuhkan kode etik dalam keperawatan sehingga masing-masing perawat mengetahui apa yang boleh dilaksanakan dan apa yang tidak boleh untuk dikerjakan. Dengan adanya kode etik dalam keperawatan nantinya akan sangat menentukan karakteristik dari perawat itu sendiri. Untuk Anda yang belum memahami mengenai sejumlah kode etik dalam keperawatan, maka pada Posting kali ini saya akan mencoba mengulas sejumlah kode etik dalam keperawatan yang bisa anda pelajari.

Kode etik dalam keperawatan

Seperti yang sudah di singgung di bagian atas bahwa Seorang perawat harus mampu berinteraksi dengan berbagai macam pihak mulai dari perawat dan klien, perawat dalam praktek, perawat dengan masyarakat, serta perawat dan teman sejawat serta perawat dan profesinya. Masing-masing tentunya memiliki perbedaan pada kode etik. Berikut ini adalah penjelasannya.

Baca Juga:   Inilah kode etik IT Yang Wajib Dipahami Bersama

1. Kode etik perawat dan klien

  1. Perawat wajib memberikan layanan pada bidang keperawatan serta mampu menghargai martabat dan harkat manusia, warna kulit, kesukuan, tidak Mudah terpengaruh oleh kondisi pertimbangan kebangsaan, jenis kelamin, keunikan client, agama, kedudukan sosial, serta aliran politik yang dianutnya.
  2. Pada proses menjalankan profesinya, Seorang perawat wajib untuk selalu memelihara kondisi lingkungan yang di dalamnya terdapat unsur saling menghormati adat istiadat, nilai-nilai budaya serta kelangsungan hidup antar beragama dari setiap klien.
  3. Perawat memiliki tanggung jawab sepenuhnya kepada yang memerlukan asuhan keperawatan
  4. Perawat memiliki kewajiban untuk bisa merahasiakan semua yang sudah diketahui terkait dengan usaha yang sudah dipercayakan kepada seorang perawat, kecuali apabila dibutuhkan oleh pihak berwenang berdasarkan ketentuan hukum yang masih berlaku.

2. Kode etik perawat dalam praktek

  1. Seorang perawat wajib untuk meningkatkan dan memelihara kompetensi pada bidang keperawatan yang dimilikinya dengan cara belajar terus menerus
  2. Seorang perawat wajib untuk menjaga mutu pelayanan pada bidang keperawatan dengan baik serta diimbangi dengan profesionalisme dan kejujuran dimana keseluruhannya menggunakan ilmu pengetahuan dan keterampilan pada bidang keperawatan berdasarkan keperluan dari masing-masing client.
  3. Seorang perawat pada saat mengambil keputusan harus didasari pada pertimbangan kemampuan dan informasi yang akurat serta kualifikasi dari seseorang jika melakukan konsultasi, memberikan delegasi, atau menerima delegasi dari orang lain
  4. Seorang perawat harus selalu menjunjung tinggi nama baik profesi keperawatan dengan cara selalu bertingkah laku secara profesional
Baca Juga:   Kode Etik Dokter Indonesia Yang Perlu Ditaati

3. Kode etik perawat dan masyarakat

  1. Seorang perawat di dalam mengemban tugas serta tanggung jawab dengan masyarakat yang bertujuan untuk mendukung serta memprakarsai sejumlah kegiatan di dalam pemenuhan kesehatan masyarakat dan kebutuhan lainnya.

4. Kode etik perawat dengan teman sejawat

  1. Seorang perawat wajib untuk selalu menjaga baik hubungan kekerabatan antara perawat yang satu dengan perawat yang lain bahkan dengan tenaga kesehatan yang lainnya.
  2. Tindakan perawat wajib mengedepankan proses perlindungan klien dari sejumlah tenaga kesehatan yang memiliki pelayanan kesehatan illegal, tidak etis dan tidak kompeten.

5. Kode etik perawat dan profesi

  1. Seorang perawat memiliki fungsi utama pada proses penentuan standar pendidikan serta pemberian pelayanan keperawatan dan juga proses penerapan pada sejumlah kegiatan pendidikan keperawatan dan kegiatan pelayanan.
  2. Seorang perawat wajib memiliki peran aktif pada sejumlah kegiatan pengembangan profesi di bidang keperawatan
  3. Seorang perawat wajib memiliki partisipasi aktif sebagai salah satu bentuk upaya profesi di dalam memelihara serta membangun sebuah kondisi kerja Yang kondusif sebagai salah satu bentuk kepedulian di dalam mencapai Asuhan Keperawatan yang memiliki mutu tinggi
Baca Juga:   Kode Etik Keperawatan Menurut PPNI

Demikianlah tutorial singkat mengenai kode etik dalam keperawatan yang cukup lengkap dan tentunya bisa dijadikan sebagai bahan referensi dan belajar untuk dijadikan sebagai tugashingga pada akhirnya Seorang perawat akan terbuka sesuai dengan kode etik keperawatan yang sudah dipelajari sebelumnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sanksi pelanggaran kode etik wajib untuk diperlakukan manakala terjadi pelanggaran kode etik. Hal tersebut memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *