Home / Umum / Kode Etik / Kode Etik DPR Paling Baru

Kode Etik DPR Paling Baru

Kode etik DPR merupakan aturan aturan atau norma-norma yang sudah menjadi sebuah kesatuan pada landasan etika dan juga filosofis dengan sejumlah peraturan perilaku dan ucapan tentang berbagai macam hal yang dilarang, hal yang diwajibkan dan juga sejumlah hal yang tidak patut untuk dikerjakan oleh setiap anggota DPR dan juga anggota profesi yang lainnya.

Kode Etik DPR Paling Baru

Tentunya, seluruh profesi mempunyai rumus-rumus etika tertentu. Bukan hanya untuk anggota DPR saja. Beberapa contohnya adalah kode etik notaris, kode etik dokter, kode etik jurnalis, kode etik kepolisian dan kode etik lainnya. Dengan adanya kode etik maka nantinya akan mampu menjaga nama baik dan kehormatan pada suatu lembaga dalam hal ini adalah lembaga DPR serta mampu untuk menjadi pengarah profesi dan meningkatkan kredibilitas. Semakin tinggi sebuah masyarakat dalam beradab, maka akan semakin tinggi pula pelaksanaan kode etik yang ada sehingga sebuah profesi akan semakin maju.

Adapun tujuan dibuatnya kode etik DPR yaitu untuk menjaga kehormatan, menjaga martabat, serta menjaga Citra dan kredibilitas dari DPR RI. Disamping itu, dengan adanya kode etik DPR maka bisa digunakan untuk membantu setiap anggota DPR Pada pelaksanaan tugas, wewenang, tanggung jawab, serta kewajiban kepada masyarakat, bangsa dan negara serta konstitusinya.

Baca Juga:   Kode Etik Teknologi Informasi Terbaru

Kode etik DPR paling baru

Lalu, apa saja kode etik DPR yang perlu Anda ketahui? Berikut ini adalah bagian-bagian dasar dari kode etik DPR yang perlu diketahui bersama:

  1. Kode etik DPR bab 1 berisi mengenai definisi, rumusan pokok dan ketentuan umum
  2. Kode etik DPR bab 2 berisi tanggung jawab dan kepribadian masing-masing anggota DPR
  3. Kode etik DPR bab 3 berisi mengenai penyampaian pernyataan
  4. Kode etik DPR bab 4 berisi mengenai ketentuan-ketentuan di dalam rapat
  5. Kode etik DPR bab 5 berisi mengenai prosedur perjalanan dinas
  6. Kode etik DPR bab 6 berisi mengenai penjabaran hadiah, hibah dan kekayaan
  7. Kode etik DPR bab 7 berisi mengenai rangkap jabatan dan konflik kepentingan
  8. Kode etik DPR bab 8 berisi tentang rahasia
  9. Kode etik DPR bab 9 berisi mengenai hubungan lembaga lain dan hubungan dengan mitra kerja
  10. Kode etik DPR bab 10 berisi mengenai rehabilitasi dan sanksi
  11. Kode etik DPR bab 11 berisi penutup

Di bawah ini adalah sejumlah contoh kode etik DPR yang bisa dijadikan sebagai landasan setiap anggota DPR untuk bisa bersikap:

  1. Seluruh anggota DPR memiliki kewajiban untuk bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat kepada undang-undang Dasar 1945, berjiwa Pancasila, berintegritas yang tinggi, taat kepada perundang-undangan yang berlaku, senantiasa menegakkan kebenaran dan keadilan, mengemban amanat penderitaan rakyat, menjunjung tinggi demokrasi dan hak asasi manusia, menunjukkan profesionalisme sebagai anggota DPR, mematuhi peraturan dan tata tertib DPR RI, dan selalu berusaha di dalam meningkatkan kinerja dan kualitas nya.
  2. Anggota DPRD yang berada di dalam negeri tentunya bisa menggunakan fasilitas APBD yang sebelumnya diijinkan oleh Gubernur
  3. Setiap anggota DPRD dilarang untuk membawa keluarga pada saat melaksanakan perjalanan dinas, serta perjalanan dinas tersebut tidak diperbolehkan untuk tujuan selain tujuan utama
  4. Setiap anggota DPRD tidak diperkenankan untuk menerima hadiah maupun imbalan yang berasal dari pihak lain sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku
Baca Juga:   Kode Etik Periklanan Indonesia Menurut PPPI

Demikianlah beberapa contoh penjabaran mengenai kode etik DPR paling baru yang perlu kita ketahui bersama. Sebagai masyarakat umum, ketika kita mengetahui sejumlah kode etik DPR maka tentunya kita bisa memberikan penilaian terhadap kinerja anggota DPR yang sekarang ini. Terima kasih dan selamat beraktivitas, semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sanksi pelanggaran kode etik wajib untuk diperlakukan manakala terjadi pelanggaran kode etik. Hal tersebut memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *