Home / Umum / Kode Etik / Kode Etik Pegawai Negeri Sipil Terbaru Secara Umum

Kode Etik Pegawai Negeri Sipil Terbaru Secara Umum

Seorang pegawai negeri tentunya memiliki kode etik pegawai negeri baik kode etik pegawai negeri pada umumnya maupun kode etik pegawai negeri sipil pada khususnya. Namun, sebelum kita membahas mengenai kode etik pegawai terbaru maka alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dahulu pengertian dari etik atau etika.

Kode Etik Pegawai Negeri Sipil Terbaru Secara Umum

Pengertian dari Etika

Apabila dilihat dari etimologi bahwa kata etika berasal dari kata “ethos” dimana kata tersebut berasal dari bahasa Yunani kuno yang memiliki arti yaitu sebuah kebiasaan yang dianggap baik oleh sejumlah masyarakat atau kalangan tertentu. Kata tersebut bisa diartikan pula sebagai kebiasaan hidup. Sementara itu, apabila dilihat dari KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia bahwa kata etika yaitu:

  1. Sebuah norma moral atau sistem nilai yang dijadikan sebagai sebuah pegangan oleh sekelompok orang ataupun seseorang di dalam mengatur pola hidup dan tingkah lakunya
  2. Ilmu mengenai apa yang buruk dan apa yang baik serta tentang kewajiban moral dan hak seseorang
  3. Kumpulan dari nilai moral/ kode etik dan asas-asas tertentu
Baca Juga:   Kode Etik Keperawatan Menurut PPNI

Kode etik pegawai negeri sipil atau PNS

Setelah kita memahami pengertian dari etika, Mari kita lanjutkan pembahasan mengenai kode etik Pegawai Negeri Sipil. Kode etik pegawai negeri sudah ditetapkan di dalam sebuah Peraturan Pemerintah Nomor 42 tahun 2004. Berdasarkan isi dari pasal 1 ayat 2Dari Peraturan Pemerintah tersebut bahwa kode etik pegawai negeri sipil atau kode etik PNS merupakan Pedoman tingkah laku, sikap serta perbuatan seorang pegawai negeri sipil pada saat menjalankan tugasnya serta jumlah pergaulan di kehidupan sehari-hari. Tentunya, kode etik pegawai negeri sipil tersebut harus dijalankan oleh setiap PNS yang berada di wilayah Indonesia.

Sementara itu, pada pasal 7 peraturan pemerintah no. 42 tahun 2004 dijelaskan bahwa pada saat menjalankan kehidupan sehari-hari dan sejumlah tugas kedinasan, PNS atau pegawai negeri sipil memiliki keharusan untuk berpedoman dan bersikap kepada etika dalam penyelenggaraan pemerintah, etika dalam bernegara, dalam bermasyarakat, dalam berorganisasi, terhadap sesama PNS dan terhadap dirinya sendiri.

Sementara itu, terdapat sejumlah butir mengenai kode etik Pegawai Negeri Sipil, di antaranya adalah:

  1. Sanggup untuk melaksanakan dengan sebenar-benarnya undang-undang Dasar 1945 dan Pancasila
  2. Sanggup untuk mengangkat martabat dan hak bangsa serta negara
  3. Bersedia untuk menjadi pemersatu bangsa dan perekat di dalam negara Republik Indonesia
  4. Sanggup untuk mentaati seluruh peraturan yang berlaku di dalam menjalankan tugasnya
  5. Akuntabel di dalam menjalankan seluruh tugas penyelenggaraan pemerintah yang berwibawa dan bersih
  6. Memiliki sikap akurat, tepat waktu, jujur, serta tanggap di dalam menjalankan segala macam program dan kebijakan pemerintah
  7. Memanfaatkan dan memakai segala macam sumber daya negara secara efektif dan efisien
  8. Tidak membuat dan memberikan keterangan serta kesaksian palsu yang tentunya tidak dibenarkan
Baca Juga:   Inilah Fungsi Kode Etik Profesi Paling Tersembunyi

Itulah sebagian kecil dari kode etik pegawai negeri sipil dimana kode etik pegawai tersebut merupakan kode etik pegawai terbaru yang bisa dijadikan sebagai pedoman khusus di dalam menjalankan segala macam aktivitas dan profesinya sehari-hari. Mudah-mudahan, sedikit informasi mengenai kode etik pegawai negeri sipil diatas bisa bermanfaat dan berguna bagi pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat berkarya, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sanksi pelanggaran kode etik wajib untuk diperlakukan manakala terjadi pelanggaran kode etik. Hal tersebut memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *