Home / Umum / Kode Etik / Kode Etik Penelitian Yang Wajib Dilaksanakan

Kode Etik Penelitian Yang Wajib Dilaksanakan

Setiap pelaksanaan penelitian tentunya harus diikuti dengan kode etik penelitian sehingga di dalam pelaksanaan penelitian tersebut bisa selalu berpedoman pada etika-Etika yang ada. Tanpa adanya kode etik penelitian mata pelaksanaan penelitian tidak akan pernah dan tidak memiliki pedoman yang pasti Ke mana arah tujuan dari penelitian tersebut dan juga proses penelitian menjadi tidak terkontrol.

Kode Etik Penelitian Yang Wajib Dilaksanakan

Kode Etik Penelitian Yang Wajib Dilaksanakan

Secara umum, Terdapat 4 kode etik terkait dengan partisipan di dalam pelaksanaan penelitian, yaitu:

1.      Proses pengumpulan data

2.      Proses permintaan persetujuan

3.      Proses menyediakan imbalan

4.      Proses meminta informasi data yang bersifat sensitif

Tentunya, sejumlah datang informasi bisa digolongkan terhadap data yang bersifat rahasia pribadi atau sensitif bagi setiap partisipan. Dengan menanyakan beberapa hal tersebut tentunya dapat membuat sejumlah pihak merasa kecewa atau sedih. Akan tetapi, di sisi lain apabila seorang peneliti tidak menanyakan data atau informasi tersebut, bisa menyebabkan peneliti tidak bisa memperoleh sebuah data untuk dijadikan sebagai sebuah kesimpulan penting pada proses penelitiannya.

Baca Juga:   Pengertian Kode Etik Profesi

Tentunya, sejumlah hal seringkali dikaitkan dengan sejumlah tingkah laku sosial, pemakaian sejumlah obat tertentu, dan kadangkala juga berkaitan dengan status pernikahan, penghasilan dan juga usia. Guna memperoleh sejumlah data dan informasi tersebut, maka seorang peneliti wajib untuk lebih berhati-hati di dalam menghadapi setiap partisipan.

5.      Adanya kemungkinan timbulnya bahaya yang nantinya dialami oleh partisipan

6.      Wajib untuk menjaga kerahasiaan

Kegiatan sharing data dan informasi tentang responden kepada pihak lain dengan tujuan dan maksud tertentu adalah salah satu tindakan yang kurang etis. Terkadang, seseorang membutuhkan proses identifikasi pada populasi studi guna mendapatkan sebuah temuan pada sebuah konteks keseluruhan. Pada kondisi tersebut, seorang peneliti diwajibkan untuk selalu menjaga privasi dari responden serta tetap membiarkan di dalam kondisi anonim. Seorang peneliti tidak diperbolehkan untuk membuka atau menyebarkan identitas dari responden.

Itulah 4 kode etik dengan partisipan secara umum yang wajib untuk dilaksanakan oleh setiap peneliti. Adapun kode etik terkait dengan peneliti bisa anda Simak pada bagian selanjutnya. Di bawah ini merupakan sejumlah kode etik berkaitan dengan proses peneliti Sehingga nantinya data dan informasi yang disajikan bisa lebih akurat.

Baca Juga:   Kode Etik Mahasiswa Di Indonesia

Kode Etik Yang Berkaitan Dengan Peneliti

  1. Menghilangkan atau menyediakan perlakuan yang baik
  2. Menghindari adanya bias data dan informasi
  3. Menggunakan metodologi penelitian yang disesuaikan dengan kebutuhan
  4. Mampu untuk membuat laporan dengan baik dan benar
  5. Mampu memanfaatkan informasi dan data dengan sebaik-baiknya

Sementara itu, ada pula kode etik penelitian berkaitan dengan organisasi sponsor, di antaranya adalah

  1. Dilarang untuk menyalahgunakan data dan informasi
  2. Menjalankan seluruh beban larangan dari organisasi sponsor yang ada

Itulah penjabaran singkat mengenai kode etik penelitian yang wajib untuk dilaksanakan oleh seorang peneliti sehingga pada akhirnya mereka untuk mendapatkan data dan informasi sesuai dengan hasil yang diharapkan berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan. Mudah-mudahan, tulisan sederhana ini bisa berguna dan bermanfaat bagi pengunjung sekalian, terutama bagi Anda yang Berencana untuk melaksanakan penelitian tertentu. Selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sanksi pelanggaran kode etik wajib untuk diperlakukan manakala terjadi pelanggaran kode etik. Hal tersebut memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *