Home / Umum / Kode Etik / Kode Etik Perusahaan Paling Mendasar

Kode Etik Perusahaan Paling Mendasar

Kode etik profesi bisa dikatakan sebagai sebuah tatanan etika yang sebelumnya sudah disepakati oleh sebuah kelompok masyarakat tertentu. Kode etik pada umumnya masuk ke dalam bagian norma sosial, akan tetapi ketika ada kode etik yang mempunyai sanksi yang yang cukup berat, maka bisa masuk ke dalam kategori untuk norma hukum.

Kode Etik Perusahaan Paling Mendasar

Selain pengertian kode etik di atas, kode etik juga bisa memiliki arti sebagai sebuah tanda, tatacara, pedoman etis, pola aturan pada saat mengerjakan sebuah pekerjaan ataupun kegiatan. Kode etik yang bisa dijadikan untuk pedoman di dalam bekerja dan berperilaku. Adapun tujuan dari kode etik supaya setiap profesi ataupun profesional bisa memberikan jasa sebaik mungkin terhadap nasabah maupun pemakainya. Dengan adanya kode etik, maka akan bisa melindungi sebuah profesi dan pekerjaan dari Tindakan yang kurang profesional.

Berkaitan dengan profesi, arti dari kode etik adalah sebuah aturan maupun tata cara yang dijadikan sebagai standar di dalam kegiatan sebuah profesi oleh anggotanya. Sebuah kode etik tentunya memiliki fungsi untuk menggambarkan sejumlah nilai profesional pada sebuah profesi yang diterjemahkan kepada standar perilaku setiap anggotanya. Nilai professional paling inti yaitu keinginan untuk dapat memberikan pengabdian untuk masyarakat luas.

Baca Juga:   Kode Etik Keperawatan Internasional Terbaru

Nilai profesional bisa pula disebut dengan istilah asas etis. Asas etis tersebut terdiri dari 4 bagian, yaitu peduli dan bertanggung jawab, menghargai martabat dan harkat, tanggung jawab terhadap masyarakat dan integritas dalam berkomunikasi dan berinteraksi.

Sebuah kode etik bentuknya dijadikan sebagai standar aktivitas profesi setiap anggotanya. Kode etik tersebut tentunya berfungsi pula sebagai pedoman atau guidlines. Masyarakat luas bisa menjadikan kode etik sebagai pedoman di dalam pekerjaan yang memiliki tujuan untuk mengantisipasi adanya kondisi bias interaksi diantara sesama anggota profesi.

Yang dimaksud dengan bias interaksi adalah kondisi profesi yang di monopoli. Artinya adalah memanfaatkan sejumlah kekuasaan dengan diberikan-nya sejumlah hak istimewa yang berfungsi untuk melindungi adanya kepentingan pribadi yang bertentangan dengan kepentingan masyarakat secara umum. Sutisna dan oteng di tahun 1986 mengartikan kode etik yaitu sebagai sebuah pedoman yang bersifat memaksa adanya perilaku etis setiap anggota profesi.

Konvensi nasional mengartikan bahwa kode etik merupakan aturan, pola ketentuan, serta tata cara yang dijadikan sebagai panduan pada saat melaksanakan sejumlah tugas maupun aktivitas tertentu pada sebuah profesi. Kondisi tersebut memaksa setiap orang untuk selalu mengerjakan profesi berdasarkan aturan, Ketentuan dan juga menjiwai akan pola. Hal tersebut disebabkan karena pada dasarnya sebuah pekerjaan yang tidak memakai kode etik akan mendapatkan sanksi.

Baca Juga:   Kumpulan Kode Etik Perusahaan

Kode Etik Perusahaan Paling Mendasar

Di bawah ini adalah sejumlah kode etik perusahaan yang rata-rata diberlakukan pada sejumlah perusahaan-perusahaan besar, di antaranya yaitu:

  1. Jam kerja dimulai pukul 08.00 dan memiliki toleransi keterlambatan maksimal adalah 5 menit
  2. Tidak diperkenankan dan dilarang untuk bermain game pada saat bekerja di kantor
  3. Harus memberikan laporan kepada atasan masing-masing unit ketika hendak izin keluar kantor
  4. Sejumlah barang pesanan dapat dikeluarkan oleh bagian gudang
  5. Pemakaian internet hanya boleh digunakan untuk urusan pekerjaan
  6. Seluruh karyawan dilarang dan tidak diperkenankan untuk membuka file milik karyawan lain
  7. Dilarang memanfaatkan fasilitas kedinasan untuk kepentingan pribadi misalnya adalah memanfaatkan mobil dinas digunakan untuk keperluan keluarga.

Demikianlah beberapa ulasan singkat mengenai kode etik perusahaan paling mendasar yang rata-rata sudah diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar sehingga bisa berjalan lebih terarah dan lebih baik karena dengan adanya kode etik perusahaan maka setiap pegawai maupun karyawan yang ada didalamnya memiliki pedoman kerja dan pada akhirnya kedisiplinan dari mereka akan tetap terjaga. Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Baca Juga:   Kode Etik Mahasiswa Di Indonesia

Artikel menarik lainnya

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sanksi pelanggaran kode etik wajib untuk diperlakukan manakala terjadi pelanggaran kode etik. Hal tersebut memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *