Home / Umum / Kode Etik / Kode Etik Profesi Guru dan Tenaga Kependidikan

Kode Etik Profesi Guru dan Tenaga Kependidikan

Profesi guru di Indonesia wajib untuk memiliki kesadaran bahwa profesi guru merupakan salah satu profesi yang terlindungi, terhormat, Mulia serta bermartabat. Oleh sebab itulah, pada saat bekerja tentunya seorang guru wajib untuk selalu menjunjung tinggi kode etik profesi guru.

Kode Etik Profesi Guru dan Tenaga Kependidikan

Guru wajib untuk selalu berbakti dan mengabdikan diri di dalam mencerdaskan anak bangsa serta meningkatkan kemampuan kualitas manusia di negara Indonesia yang berakhlak mulia, bertakwa serta beriman dan juga menguasai sejumlah ilmu di bidang teknologi dan pengetahuan umum serta seni di dalam proses mewujudkan masyarakat yang beradab, Makmur, adil dan maju.

Kode Etik Profesi Guru dan Tenaga Kependidikan

Setiap guru di wilayah Indonesia wajib untuk selalu tampil dengan profesional di dalam melaksanakan tugas pokoknya yaitu melakukan evaluasi terhadap peserta didik, menilai, melatih, mengarahkan, membimbing, mengajar, mendidik anak yang masih berusia dini pada jalur pendidikan dasar, jalur pendidikan formal dan juga jalur pendidikan menengah.

Seorang guru wajib mempunyai tingkat kehandalan yang cukup tinggi sebagai salah satu sumber daya utama di dalam mewujudkan impian dan cita-cita pendidikan nasional indonesia yakni mengembangkan sejumlah potensi yang ada pada peserta didik supaya menjadi manusia yang bertakwa dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berilmu, sehat, berakhlak mulia, Mandiri, kreatif, cakap, serta bisa menjadi warga negara Indonesia yang bertanggung jawab dan demokratis.

Baca Juga:   Kode Etik Agen Asuransi Yang Jarang Dipahami

Mereka yang memiliki profesi guru merupakan salah satu insan yang wajib untuk ditiru di dalam kehidupan bernegara, berbangsa dan bermasyarakat, khususnya adalah oleh setiap siswa atau peserta didik. Di dalam mengerjakan tugas-tugas yang diembannya, profesi guru wajib untuk selalu berpegang teguh kepada prinsip yaitu ing Madyo Mangun Karso, Ing Ngarso Sung tulodo, serta Tut Wuri Handayani.

Untuk melaksanakan hal-hal tersebut lah maka sejumlah pihak yang memiliki kepentingan wajiblah untuk tidak mengabaikan fungsi dan peranan guru serta profesi yang dimilikinya. Salah satu tujuan dari hal tersebut supaya negara dan bangsa Indonesia bisa tumbuh dan berkembang sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya di negara maju baik pada saat sekarang ini maupun nanti disaat yang akan datang.

Pada saat seorang guru menjalankan profesi dan tugasnya, maka mereka tentunya akan sangat menyadari bahwa harus ada kode etik profesi guru atau kode etik profesi kependidikan yang nantinya akan dijadikan sebagai acuan dan pedoman dalam berperilaku serta bersikap yang tentunya mampu untuk mengejewantah di dalam bentuk sejumlah nilai etika dan nilai-nilai moral pada jabatan seorang guru sebagai seorang pendidik.

Baca Juga:   Kode Etik Dokter Indonesia Yang Perlu Ditaati

Di negara Indonesia, organisasi profesi guru atau guru memiliki tanggung jawab terhadap pelaksanaan dari kode etik profesi guru. Kode etik tersebut tentunya wajib untuk integral kepada pola dan perilaku yang dimiliki guru. Selain itu organisasi guru serta guru memiliki keharusan di dalam mensosialisasikan kode etik profesi guru kepada penyelenggara pendidikan, kepada rekan sejawat, kepada pemerintah dan juga kepada masyarakat.Tentunya, untuk semua guru, tidak diperbolehkan terjadi pelanggaran terhadap kode etik profesi guru, baik itu yang tidak disengaja maupun yang disengaja.

Untuk itulah, sebagai salah satu bagian dari tenaga profesional, seorang guru atau pendidik wajib bekerja dipandu dan berpedoman kepada kode etik profesi guru atau pendidik. Kode etik profesi guru tersebut sudah dirumuskan serta disepakati oleh asosiasi profesi guru dan juga oleh organisasi keguruan.

Kode etik profesi guru adalah salah satu standar etika kerja yang ditujukan bagi masyarakat yang menyandang profesi guru. Pada undang-undang nomor 14 tahun 2005 yang berisi tentang guru serta dosen menyebutkan bahwa guru bisa membentuk asosiasi profesi maupun organisasi yang memiliki sifat independen. Asosiasi profesi guru maupun organisasi memiliki fungsi guna meningkatkan kompetensi, memajukan profesi, memajukan wawasan kependidikan, meningkatkan karier, meningkatkan kesejahteraan, memajukan perlindungan profesi, serta mengabdi kepada masyarakat umum.

Baca Juga:   Inilah Pengertian kode etik keperawatan Terbaik

Seiring dengan hal tersebut, maka undang-undang nomor 14 tahun 2005 yang berisi mengenai guru dan dosen memberikan amanat kepada setiap guru dan dosen untuk bisa menjadi anggota dari asosiasi profesi maupun organisasi. Proses pembentukan asosiasi profesi maupun organisasi yang dimaksud tentunya dikerjakan berdasarkan dari peraturan perundang-undangan tersebut.

Disamping itu, undang-undang nomor 14 tahun 2005 yang berisi mengenai guru dan dosen juga memberikan amanat kepada setiap guru untuk selalu meningkatkan kehormatan, menjaga kehormatan dan martabat guru pada saat menjalankan pekerjaannya, asosiasi profesi guru, serta organisasinya. Kode etik profesi guru yang dimaksud tentunya berisi etika dan norma yang nantinya bisa digunakan untuk meningkatkan perilaku guru pada saat menjalankan tugas dan pekerjaannya.

Demikianlah Uraian singkat mengenai kode etik profesi guru atau kode etik profesi kependidikan yang bisa saya ulas Pada kesempatan ini di mana kode etik profesi guru tersebut bersumber dari undang-undang nomor 14 tahun 2005. Mudah-mudahan setiap profesi guru mampu untuk menjalankan etika dan aturan aturan yang ada pada undang-undang nomor 14 tahun 2005 tersebut sehingga mereka bisa menjadi guru dan tenaga pendidik sesuai dengan yang diharapkan bersama. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sanksi pelanggaran kode etik wajib untuk diperlakukan manakala terjadi pelanggaran kode etik. Hal tersebut memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *