Home / Umum / Kode Etik / Kode Etik Psikologi Paling Utama

Kode Etik Psikologi Paling Utama

Sebelum kita membahas mengenai kode etik psikologi apa Mari kita ulas terlebih dahulu pengertian dari kode etik. Bisa dikatakan bahwa kode etik merupakan sebuah pedoman etis, tata cara, pola dan aturan serta tanda di dalam melaksanakan sebuah kegiatan maupun pekerjaan sehari-hari. Kode etik artinya adalah tata cara dan pola aturan yang digunakan sebagai pedoman di dalam bekerja dan berperilaku sehari-hari. Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti dari kode etik yaitu asas dan norma yang bisa diterima dan dilaksanakan oleh sekelompok masyarakat tertentu sebagai bagian dari landasan bertingkah laku.

Kode Etik Psikologi Paling Utama

Fungsi dan manfaat dari kode etik

Kode etik yaitu rumusan-rumusan yang memiliki tujuan di dalam mengidentifikasi prinsip, nilai serta standar etika bertingkah laku pada sebuah pekerjaan maupun profesi. Secara umum, kode etik mempunyai manfaat dan fungsi ganda yakni sebagai pengembangan dan sebagai perlindungan bagi setiap profesi.

Fungsi dari kode etik tersebut tentunya sama seperti yang sudah disampaikan oleh Gibson dan Michel di tahun 1945 dimana di dalam menjalankan sebuah pekerjaan lebih mengutamakan kepada kode etik yang dijadikan sebagai panduan melaksanakan pekerjaan secara profesional dan sebagai pedoman untuk masyarakat sebagai bagian dari profesional.

Baca Juga:   Sanksi Terhadap Pelanggaran Kode Etik Jurnalistik

Sementara itu Blocher dan Biggs tahun 1986 menyampaikan bahwa fungsi kode etik terbagi menjadi 3 bagian, yaitu memberikan perlindungan kepada setiap praktisi dari terjadi Terjadinya sejumlah kesalahan praktek pada sebuah profesi, melakukan pencegahan dari adanya pertentangan internal pada sebuah profesi serta memberikan perlindungan pada sebuah profesi dari adanya campur tangan pemerintah.

Pengertian himpunan psikologi Indonesia atau HIMPSI

Himpunan psikologi Indonesia atau HIMPSI adalah satu-satunya organisasi yang ada pada profesi psikologi yang berada di negara Indonesia. Himpunan psikologi Indonesia berdiri pada tanggal 11 Juli 1959 di Jakarta yang pada awalnya diberi nama Ikatan Sarjana psikologi atau disingkat ISPSI. Seiring dengan berjalannya waktu, terjadi adanya perubahan sistem pendidikan tinggi di negara Indonesia yang terjadi lewat kongres luar biasa di Jakarta pada tahun 1998. Organisasi tersebut berubah nama menjadi himpunan psikologi Indonesia yang memiliki singkatan HIMPSI.

Sebagai satu-satunya organisasi profesi psikologi, maka tentunya HIMPSI adalah salah satu wadah berhimpunnya sejumlah profesional psikologi baik itu dari psikolog, dokter psikolog, magister psikolog, serta sarjana psikolog. Dari tahun 2003, lulusan perguruan tinggi program pendidikan profesi psikologi tentunya memiliki kesetaraan dengan jenjang magister. Himpsi memiliki misi utama yaitu melakukan pengembangan di bidang keilmuan dan profesi psikologi di negara Indonesia.

Baca Juga:   Fungsi Kode Etik Jurnalistik

Pengertian dari American psychological Association atau APA

American psychological Association atau APA adalah salah satu organisasi profesional dan organisasi ilmiah yang paling besar yang terdiri dari para psikolog di Amerika Serikat serta merupakan organisasi pesikolog yang memiliki anggota kurang lebih 152.000 anggota. Anggota-anggota di dalam American psikologikal adalah para dokter, mahasiswa, konsultan, pendidik serta para ilmuwan.

APA atau American psychological Association berdiri pada bulan Juli tahun 1892 di kelas University. Organisasi tersebut dibuat oleh sebuah kelompok yang didalamnya terdiri atas 26 orang. Pada saat itu, organisasi apa dipimpin oleh seorang presiden yang bernama G. Stanley hall.

Demikianlah sedikit penjabaran singkat mengenai kode etik psikologi paling utama yang perlu diketahui oleh setiap pesikolog Sehingga nantinya bisa mencari referensi mengenai kode etik psikolog tersebut yang berguna sebagai acuan dan pedoman di dalam melaksanakan profesinya sehingga bisa berjalan lebih maksimal. Terima kasih dan selamat beraktivitas, semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sanksi pelanggaran kode etik wajib untuk diperlakukan manakala terjadi pelanggaran kode etik. Hal tersebut memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *