Home / Umum / Kode Etik / Kode Etik RAPI Paling Baru Yang Wajib Diketahui

Kode Etik RAPI Paling Baru Yang Wajib Diketahui

Istilah RAPI mungkin saja masih cukup asing di telinga kita. RAPI memiliki kepanjangan dari Radio Antar Penduduk Indonesia. Biasanya RAPI memiliki sifat komunitas dan tidak untuk tujuan komersial. Namun, walaupun tidak memiliki tujuan untuk mencari profit tetap saja dibutuhkan kode etik RAPI yang akanmengontrol keberadaan dari Radio Antar Penduduk Indonesia tersebut.

Kode Etik RAPI Paling Baru Yang Wajib Diketahui

Kode etik RAPI itu sendiri sebenarnya sudah digagas dan sudah ada sejak lama. Hanya saja, kode etik RAPI tersebut seringkali kurang tersosialisasikan kepada pengguna radio RAPI sehingga mereka seringkali melakukan pelanggaran terhadap kode etik RAPI yang sudah berjalan. Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas khusus untuk anda sejumlah kode etik RAPI yang paling baru di mana kode etik RAPI tersebut perlu Anda ketahui sehingga ketika anda beraktivitas gunakan radio RAPI anda selalu berpedoman kepada kode etik tersebut.

Kode etik RAPI terbaru

Sebelum kita membahas mengenai kode etik RAPI, maka perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa di dalam menjalankan aktivitas sehari-hari kita kadangkala tidak membutuhkan sebuah kode khusus di dalam beretika. Namun, pada saat kita beraktivitas dan berkomunikasi lewat udara menggunakan peralatan radio, maka tentunya kita harus menjalankan kode etik RAPI yang tentunya sudah dibuat oleh organisasi.

Baca Juga:   Fungsi Kode Etik Guru

Di bagian awal sudah diterangkan bahwa MeRAPI memiliki kepanjangan Radio Antar Penduduk Indonesia yang mana RAPI merupakan sebuah organisasi sosial nirlaba yang berada di Indonesia dan memiliki anggota yang memiliki perangkat radio komunikasi. RAPI sebenarnya memiliki fungsi yang mirip dengan Twitter, Facebook dan sejumlah sosial media lainnya. Letak Perbedaannya terletak pada pemakaian media radio atau suara untuk bisa saling berkomunikasi antara anggota yang lainnya.

Sementara itu, kode etik bisa diartikan sebagai sebuah pedoman etis, tata cara, pola aturan dan tanda pada saat kita sedang mengerjakan sebuah pekerjaan atau suatu kegiatan. Kode etik adalah salah satu jenis tata cara dan pola aturan yang digunakan sebagai pedoman di dalam berperilaku di kehidupan sehari-hari.

Kode etik RAPI

Kode etik RAPI itu sendiri adalah sebagai tuntunan dan panduan batin untuk masing-masing anggota di dalam organisasi RAPI atau Radio Antar Penduduk Indonesia di dalam berperilaku dan bersikap yang tentunya harus ditaati serta dilaksanakan bersama-sama. Berikut ini adalah beberapa kode etik RAPI terbaru.

  1. Setiap anggota RAPI wajib memiliki jiwa dan memiliki sikap tanggap
  2. Setiap anggota RAPI wajib memiliki jiwa dan memiliki sikap tanggung jawab
  3. Setiap anggota RAPI wajib memiliki jiwa dan memiliki sikap santun
  4. Setiap anggota RAPI wajib memiliki jiwa dan memiliki sifat jujur
  5. Setiap anggota RAPI wajib memiliki jiwa dan memiliki sikap patuh
Baca Juga:   Contoh Kode Etik Tenaga Kesehatan

Pasca Bakti anggota RAPI

  1. Setiap anggota RAPI wajib memiliki jiwa gotong royong
  2. Setiap anggota RAPI wajib memiliki daya berjuang yang cukup menonjol kepada bangsa dan negara Republik Indonesia
  3. Setiap anggota RAPI wajib untuk tanggap dan peka terhadap sejumlah aspek sosial kemasyarakatan
  4. Setiap anggota RAPI wajib untuk energik setiap anggota api wajib memiliki sikap rendah hati

Demikianlah sejumlah ulasan mengenai kode etik RAPI paling baru yang wajib untuk diketahui bersama, khususnya bagi Anda yang masuk dan tergabung ke dalam organisasi RAPI di mana memiliki aktivitas berkomunikasi dengan teman-teman lewat radio. Terima kasih dan semoga ulasan diatas bisa membantu anda di dalam memahami sejumlah pedoman untuk pemakai RAPI.

Artikel menarik lainnya

Kode Etik Engineer Yang Penting Anda Ketahui

Kode Etik Engineer Yang Penting Anda Ketahui

Bagi seorang Enginer tentunya harus memahami sejumlah kode etik Insinyur supaya bisa bekerja sesuai dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *