Home / Otomotif / Sepeda Motor / Komponen Blok Silinder Sepeda Motor

Komponen Blok Silinder Sepeda Motor

Apakah anda memiliki hobi di dunia otomotif? Jika anda menggandrungi dunia sepeda motor pasti akan memiliki keinginan untuk memahami komponen blok silinder sepeda motor. Bagian tersebut merupakan bagian yang cukup penting pada sepeda motor sehingga akan sangat bermanfaat apabila anda memahaminya lebih lanjut.

Komponen Blok Silinder Sepeda Motor

Kata blok apabila diterjemahkan secara umum merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk sejumlah komponen yang memiliki pengaruh sangat besar pada seluruh komponen yang ada di bagian luarnya. Apabila dikerucutkan, blok silinder merupakan sebuah bentuk dasar pada sebuah mesin di mana Di dalam blok silinder tersebut terdapat sejumlah silinder. Selanjutnya, pada masing-masing silinder hanya berisi sebuah piston yang sudah dipasang pada bagian ujung batang piston. Sementara itu pada bagian ujung torak yang lainnya akan berkaitan langsung pada bagian crankshaft atau poros engkol.

Di bagian atas pada komponen kepala silinder yang ada di bagian dalam akan memiliki bentuk seperti sebuah ruang bakar yang dilengkapi dengan komponen katup hisap dan juga katup buang. Pada bagian katup tersebut digerakkan oleh camshaftatau sumbu Nok supaya bisa menutup serta membuka saluran pembuangan agar mendapatkan tenaga.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Disebabkan karena udara dan juga bahan bakar sudah tercampur serta diteruskan ke dalam bagian silinder serta gas yang sudah terbakar maka akan didorong keluar. Supaya lebih jelas, maka Mari kita bahas komponen blok silinder sepeda motor.

Komponen Blok Silinder Sepeda Motor

1. Komponen seher atau piston

Seher atau piston merupakan salah satu jenis komponen yang memiliki fungsi sebagai penggerak bolak-balik yang sudah dihasilkan oleh bagian poros engkol serta guna melakukan aktivitas siklus kerja dari kompresi, hisap serta buang.

2. Komponen ring piston

Komponen ring Piston memiliki fungsi sebagai peralatan perapat di dalam bagian piston yang memiliki fungsi sebagai pengikat oli sekaligus guna menahan adanya kebocoran di saat proses pembakaran pada ruang bakar

3. Komponen connection Rod atau batang torak

Batang torak memiliki fungsi untuk menggerakan piston yang sebelumnya sudah digerakkan oleh bagian poros engkol serta digunakan sebagai penghubung antara piston dan poros engkol.

4. Komponen pulley crankshaft

Komponen pulley crankshaft memiliki kegunaan untuk bagian poros yang mana dikaitkan dengan bagian poros yang lainnya seperti pada bagian alternator, pulley Cam Saft, serta digunakan untuk memberikan tenaga putaran

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Led Pada Motor

5. Komponen metal

Komponen metal memiliki fungsi guna melapisi sekaligus menjadi bantalan pada bagian stang piston. Di samping itu metal juga memiliki fungsi menjadi bantalan di saat komponen crankshaft sedang berputar. Komponen metal itu sendiri dibagi menjadi dua macam, yaitu metal duduk dan metal jalan.

6. Komponen crankshaft atau engkol

Bagian crankshaft atau engkol memiliki fungsi sebagai komponen yang manfaat guna mengubah tenaga vertikal yang berasal dari atas ke bagian bawah yang diproduksi oleh bagian piston menjadi tenaga putaran atau rotasi. Komponen ini bisa pula digunakan untuk menggerakan camshaft dan mengubah gerak putar bolak-balik.

7. Komponen water jacket

Di bagian blok silinder Akan terdapat lubang yang dipakai sebagai tempat masuknya air pendingin yang dikenal dengan istilah lubang water jacket. Water jacket memiliki kegunaan sebagai ruangan yang digunakan sebagai jalur untuk bersirkulasi air yang difungsikan untuk mendinginkan mesin. Secara umum, dikenal dengan istilah sistem pendingin yang berada di bagian dalam.

8. Komponen roda gila atau flywheel

Roda gila atau flywheel memiliki fungsi sebagai komponen penerus tenaga yang sudah diproduksi oleh mesin menuju ke bagian sistem pemindah tenaga seperti pada bagian plopoler shaft, kopling dan juga transmission.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Vixion Advance

Sekian ulasan singkat Pada kesempatan kali ini mengenai beberapa komponen blok silinder sepeda motor yang perlu dipahami bersama, khususnya adalah para pecinta dunia otomotif supaya benar-benar memahami secara lebih spesifik tentang Komponen blok silinder sepeda motor tersebut. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Komponen Mesin Motor 4 Tak Dan Fungsinya

Komponen Mesin Motor 4 Tak Dan Fungsinya

Dapat dikatakan bahwa komponen mesin motor 4 tak Tidaklah terlalu jauh berbeda dengan komponen pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *