Home / Otomotif / Sepeda Motor / Komponen Dalam Mesin Motor

Komponen Dalam Mesin Motor

Sebelum kita membahas mengenai komponen dalam mesin motor, Mari kita bahas terlebih dahulu pengertian umum tentang mesin motor. Mesin motor merupakan salah satu sumber dari tenaga penggerak pada sepeda motor yang didapat dari adanya proses penggabungan sumber tenaga dengan komponen yang lainnya. Tentunya, mesin tersebut memiliki peran sebagai bagian penghasil tenaga pada sepeda motor.

Komponen Dalam Mesin Motor

Sebuah mesin pada kendaraan memiliki sejumlah komponen utama baik yang berupa silinder blok juga yang berupa Silinder Kop serta juga berbentuk karter yang Khususkan pada sepeda motor jenis 4 tak. Di setiap komponen tersebut, utamanya adalah pada komponen yang pertama serta kedua masih dibagi lagi menjadi beberapa Komponen penting yang lainnya.

Selain itu, di setiap komponen tersebut diatas juga mempunyai sejumlah fungsi khusus, yang sudah disesuaikan dengan adanya sistem kerja pada sebuah motor baik itu motor 2 tak maupun motor 4 tak. Oleh sebab itulah, maka pada bagian tersebut bisa diuraikan lagi mengenai sejumlah fungsi dari sejumlah komponen mesin serta sistem maupun cara kerja pada motor 2 tak maupun motor 4 tak di mana keseluruhannya merupakan hal yang sangat penting karena bisa berpengaruh terhadap proses pergerakan secara keseluruhan pada sebuah sepeda motor.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Yamaha Nmax

Komponen dalam mesin motor

Guna memahami lebih rinci mengenai komponen dalam mesin sepeda motor, maka Mari kita jabarkan beberapa komponen komponen mesin motor yang perlu kita pahami bersama.

1. Komponen tidak bergerak

Komponen tidak bergerak adalah bagian komponen yang tidak bergerak ketika mesin sepeda motor sedang dinyalakan. Tentunya, pengertian dari bergerak tersebut tentunya berbeda dengan Berpindah tempat sehingga bisa dipisahkan antara komponen mana yang diam dan komponen mana yang bergerak. Adapun beberapa komponen yang masuk ke dalam kategori komponen tidak bergerak adalah silinder head yang didalamnya terdapat kepala silinder dan Silinder Kop, crankcase, silinder boring atau silinder body, dan komponen yang lainnya.

2. Komponen yang bergerak

Komponen yang bergerak adalah komponen di mesin sepeda motor yang bisa bergerak ketika mesin tersebut dalam kondisi Hidup baik itu bergerak secara lurus maupun bergerak secara memutar. Komponen yang bergerak tersebut merupakan komponen yang tidak termasuk ke dalam sebuah sistem pendinginan, bahan bakar maupun pelumasan. Beberapa contoh komponen yang bergerak di antaranya adalah valve atau katup, sprocket, piston, connection red rocker arm, camshaft atau noken as, rantai kamprat atau cam chai dan beberapa komponen yang lainnya.nya

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Beat FI CBS

Mesin akan mendapatkan sumber tenaga yang berasal dari hasil pengembangan Sejumlah gas yang panas serta memiliki tekanan tinggi dari proses pembakaran sejumlah campuran dari udara dan bahan bakar serta berlangsung pada sebuah ruang dalam kondisi tertutup yang dikenal dengan istilah ruang bakar. Mesin yang digunakan untuk pembakaran biasanya akan mengarah pada bagian mesin dengan model sistem pembakaran yang dikerjakan secara berselang-seling, yaitu untuk mesin 2 tak dan untuk mesin 4 tak serta beberapa tipe dari mesin yang lainnya, contohnya adalah pada mesin 6 tak, mesin Winkle dan mesin yang lainnya.

Pada bagian mesin motor tersebut, bagian yang termasuk ke dalam jenis mesin pembakaran diantaranya adalah mesin roket dan mesin jet. Mesin untuk proses pembakaran dalam sedikit berlainan dengan mesin pada proses pembakaran luar, contohnya adalah mesin uap dan juga mesin Sterling. Hal tersebut dikarenakan pada mesin untuk pembakaran luar, tenaga atau Energi tidak bisa langsung disalurkan ke bagian fluida kerja yang tidak bisa bercampur dengan hasil dari pembakaran tersebut. Sementara itu, fluida kerja dapat berupa air mendidih, udara, cairan natrium yang panas, serta air yang bertekanan.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Byson

Demikianlah penjabaran singkat tentang komponen dalam mesin motor yang bisa saya Uraikan Pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, informasi yang singkat Pada kesempatan kali ini mampu memberikan tambahan Wawasan serta ilmu pengetahuan bagi pengunjung sekalian, terutama para penghobi otomotif utamanya adalah pada sepeda motor. Selamat beraktifitas dan salam sukses untuk pengunjung sekalian.

Artikel menarik lainnya

Komponen Mesin Motor 4 Tak Dan Fungsinya

Komponen Mesin Motor 4 Tak Dan Fungsinya

Dapat dikatakan bahwa komponen mesin motor 4 tak Tidaklah terlalu jauh berbeda dengan komponen pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *