Home / Otomotif / Sepeda Motor / Komponen Komponen Motor Listrik dan Fungsinya

Komponen Komponen Motor Listrik dan Fungsinya

Sebelum kita membahas mengenai komponen-komponen motor listrik dan fungsinya, Pernahkah anda memperhatikan peralatan kipas angin atau blender? Apa yang menyebabkan peralatan tersebut dapat berputar? Apabila anda cukup penasaran, maka Mari terus membaca ulasan tentang komponen motor listrik yang akan saya ulas pada posting kali ini.

Komponen Komponen Motor Listrik dan Fungsinya

Pada dunia elektronika, komponen dari motor listrik adalah salah satu komponen yang tidak bisa dipisahkan. Kondisi tersebut tentunya juga akan berlaku di dunia otomotif. Motor listrik tentu tidak bisa dipisahkan pada sepeda motor maupun mobil. Contoh pemakaian dari penggunaan motor listrik di mobil tentunya Dapat anda temukan di sistem setarter, Power Window ataupun cooling fan.

Selain itu, tentunya pemanfaatan dari motor listrik akan sangat sering kita temukan di kehidupan sehari-hari. Contoh yang paling kerap kita temukan adalah pemakaian dari alat blender, mesin cuci, pompa air dan juga kipas angin. Lalu, apakah yang menyebabkan sejumlah peralatan tersebut bisa berputar? Ikuti terus penjabarannya berikut ini

Pengertian dari motor listrik

Mengambil referensi dari Wikipedia bahwa motor listrik merupakan sebuah alat yang memiliki fungsi guna mengubah tenaga listrik menjadi tenaga gerak. Peralatan tersebut masuk kedalam kategori alat listrik dinamis dikarenakan bisa menghasilkan gerakan. Adapun prinsip kerja dari alat motor listrik yaitu dengan menggunakan gaya tarik magnet.

Tentunya kita cukup paham pada saat 2 buah kutub magnet yang sama didekatkan, maka bentuk kedua ujung dari kutub magnet tersebut akan menjauh. Begitu pula sebaliknya, apabila dua buah kutub yang berlainan didekatkan, maka tentu akan saling tarik. Prinsip kerja seperti itulah yang akan menjadi dasar motor listrik.

Pada saat batang magnet ditaruh pada medan magnet, maka akan menghasilkan gerakan-gerakan pada bagian batang magnet tersebut. Batang magnet yang diletakkan pada sebuah poros yang dirangkai sedemikian rupa maka akan bisa menghasilkan Gerakan memutar Pada saat kedua komponen tersebut saling berinteraksi.

Baca Juga:   Komponen Mesin Motor 4 Tak Dan Fungsinya

Komponen-komponen motor listrik

Berikut ini adalah beberapa komponen motor listrik

  1. Motor housing
  2. Drive pulley
  3. Bearing
  4. Brush
  5. Main Shaft
  6. Rotor coil
  7. Stator coil

Berikutnya, Mari kita bahas fungsi dari komponen motor listrik di atas

1. Armature coil atau stator

Bisa dikatakan bahwa Komponen stator adalah komponen inti pada motor listrik. Hal tersebut disebabkan karena komponen motor listrik stator bekerja dengan bersinggungan secara langsung pada kinerja motor listrik itu sendiri. Bagian stator adalah berupa lilitan tembaga statis yang diletakkan dengan mengelilingi poros utama. Peran dari stator yaitu guna membangkitkan medan listrik di sekeliling komponen rotor.

Komponen stator tersebut terdiri atas lempengan besi yang sudah dililiti oleh kawat tembaga. Kawat tembaga tersebut dihubungkan dengan bagian sumber arus. Oleh karena itulah, pada saat lilitan tembaga tersebut dialiri oleh arus listrik, maka akan menimbulkan kemagnetan di bagian stator. Di sebuah motor listrik secara umum mempunyai tiga komponen stator coil. Kondisi tersebut tentu juga bergantung kepada kapasitas dari motor listrik itu sendiri. Apabila jumlah kumparan semakin banyak, maka besar kemagnetan yang akan dihasilkan juga semakin tinggi. Kondisi tersebut tentu akan berpengaruh terhadap kecepatan motor listrik.

Akan tetapi, pada motor listrik yang berukuran kecil, secara umum hanya terdiri atas sepator yang memakai magnet yang bersifat permanen. Oleh sebab itu, arus listrik yang dipakai juga akan lebih kecil. Lalu, apakah magnet yang permanen tersebut dapat dipakai pada jenis motor listrik yang memiliki daya besar? Jawabannya adalah bisa, akan tetapi kecepatan putaran yang dihasilkan cenderung lebih pelan. Oleh karena itulah maka lilitan magnet menjadi salah satu pilihan supaya output dari kecepatan putar Lebih memuaskan.

2. Komutator atau rotor coil

Bagian rotor coil atau komutator mirip dengan komponen stator. Yang membedakan adalah rotor berupa lilitan tembaga yang memiliki sifat dinamis. Kenapa disebut bersifat dinamis? Kondisi itu disebabkan karena bagian lilitan tersebut menempel bersama komponen poros utama atau main shaft motor yang hendak berputar.

Baca Juga:   Komponen Engine Sepeda Motor Beserta Fungsinya

Hal tersebut tentu sama dengan stator coil di mana jika jumlah lilitan pada rotor semakin banyak, maka putaran yang akan dihasilkan juga akan semakin cepat. Pada umumnya, dipakai komponen tembaga dengan diameter yang cukup kecil. Tujuan dari hal tersebut supaya jumlah dari lilitan yang bisa diperoleh lebih banyak meskipun membutuhkan kawat yang cukup panjang. Nantinya, bagian ujung dari lilitan akan disambungkan dengan sebuah router yang lainnya yang ada di bagian ujung poros utama.

3. Main shaft

Poros utama atau main shaft merupakan komponen logam yang berbentuk memanjang sebagai bagian menempelnya sejumlah komponen.Disamping rotor coil, komponen lain yang menempel pada main shaft atau poros utama yaitu drive pulley. Secara umum, main shaft dibuat menggunakan bahan aluminium yang bersifat anti karat. Tentunya, komponen tersebut juga wajib harus tampil di putaran dan suhu yang cukup tinggi.

4. Brush

Brush merupakan komponen berbentuk sikap tembaga yang berfungsi menghubungkan rotor coil dengan sumber arus listrik. Brush Atau sikat akan menempel pada bagian rotor kecil yang letaknya pada ujung rotor utama. Adanya gesekan yang terjadi akan mengakibatkan aliran arus listrik dengan arah yang sama, meskipun motor dalam keadaan berputar. Hasilnya adalah putaran bisa kontinyu dan berjalan secara sinkron.

Adanya gesekan tersebut tentu akan dibantu oleh bagian pegas yang posisinya berada di bagian belakang sikap tembaga atau brush tersebut. Fungsi dari pegas tersebut tentu akan selalu menekan komponen brush sehingga akan selalu menempel di bagian rotor walaupun sedang berputar di kecepatan yang cukup tinggi.

Minimal harus terdapat dua buah brush pada sebuah motor listrik. Komponen dari brush tersebut akan mensuplai arus serta masa pada rotor coil. Disamping itu, komponen tersebut juga akan menimbulkan populer dimana bisa mengakibatkan motor listrik mati. Sejumlah kerak yang menempel pada bagian permukaan brush akan menimbulkan aliran arus menjadi terhambat. Di samping itu, kondisi brush akan bisa aus karena bergerak secara terus-menerus dan juga dapat menghambat aliran arus listrik.

Baca Juga:   Fungsi Komponen Motor Starter

5. Bearing

Karena motor listrik merupakan komponen yang menimbulkan putaran sehingga dibutuhkan komponen khusus yang digunakan sebagai bantalan supaya putaran dari bearing tersebut bisa berjalan dengan cukup mulus. Bearing lah alat yang cocok untuk dijadikan sebagai bantalan di antara permukaan motor housing dengan poros. Bearing pada umumnya dibuat dari aluminium yang mempunyai gaya gesek cukup ringan sehingga tidak akan menghambat putaran dari motor listrik.

6. Drive pulley

Drive pulley merupakan komponen yang letaknya ada di bagian ujung bagian paling luar dari poros utama. Fungsi dari drive pulley adalah guna mentransfer putaran motor menuju ke komponen yang lainnya. Komponen drive pulley secara umum memiliki bentuk seperti pulley atau gear, Dimana bagian tersebut selalu siap untuk dikaitkan dengan komponen apa saja yang perlu untuk digerakkan menggunakan motor listrik tersebut.

7. Motor housing

Pada bagian paling luar dari motor listrik yang akan kita temukan adalah sebuah plat besi yang dipakai guna melindungi seluruh komponen pada motor listrik. Disamping itu, motor housing juga memiliki peranan guna melindungi kita sebagai pengguna dari bahaya putaran rotor yang cukup tinggi tersebut.

Demikianlah ulasan singkat tentang komponen-komponen motor listrik dan fungsinya yang bisa saya ulas spesial untuk Anda Pada kesempatan kali ini. Harapan saya, artikel ini bisa anda jadikan sebagai bahan rujukan serta referensi di dalam memahami seluk beluk tentang komponen motor listrik secara umum. Selamat belajar, selamat beraktifitas dan salam sukses untuk Anda semuanya.

Artikel menarik lainnya

Komponen Mesin Motor 4 Tak Dan Fungsinya

Komponen Mesin Motor 4 Tak Dan Fungsinya

Dapat dikatakan bahwa komponen mesin motor 4 tak Tidaklah terlalu jauh berbeda dengan komponen pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *