Home / Otomotif / Sepeda Motor / Komponen Mesin Motor 2 Tak Dan Fungsinya

Komponen Mesin Motor 2 Tak Dan Fungsinya

Komponen mesin motor 2 tak dengan komponen mesin 4 tak tentunya memiliki perbedaan dan masing-masing tentu terdapat kekurangan dan kelebihannya. Pada artikel kali ini saya akan mencoba mengulas lebih dalam tentang komponen mesin motor 2 tak dan fungsinya. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh sepeda motor bermesin 2tak yaitu pada cc mesin yang beratnya cukup ringan dibandingkan dengan mesin 4 tak. Hal tersebutlah yang menjadikan mesin dua Tak cukup banyak pula dipakai pada sejumlah mesin yang memakai mobilitas tenaga manusia seperti pada mesin pemotong rumput, mesin pelepah untuk kelapa sawit, mesin untuk memotong kayu dan mesin-mesin ringan yang lainnya.

Komponen Mesin Motor 2 Tak Dan Fungsinya

Guna lebih memberikan pemahaman tentang komponen motor 2 tak, maka Mari kita bahas satu demi satu sehingga Selain sebagai pengguna, Kita juga bisa mengenali komponen motor 2 tak dan fungsinya. Selain itu, diharapkan bola setelah kita memahami sejumlah komponen mesin motor 2 tak dan fungsinya, maka kita bisa melakukan perbaikan sendiri jika suatu saat mesin 2 tak yang kita miliki mengalami permasalahan.

Baca Juga:   Cara memperbaiki motor injeksi yang mati

Komponen mesin motor 2 tak dan fungsinya

1. Spark plug atau busi

Busi merupakan komponen penting pada mesin 2 tak. Komponen busi memiliki fungsi sebagai alat pemercik api. Pada saat pada ruang silinder terdapat udara dan bahan bakar yang sudah dikompresi serta memiliki suhu yang tinggi, pada saat itulah nyala api yang diberikan oleh busi dipakai sehingga akan membuat ruang silinder terjadi pembakaran dan ledakan. Ledakan yang terjadi pada ruang silinder tersebut akan menimbulkan komponen piston yang berasal dari TMA akan bergerak menuju ke bagian TMB.

2. Kepala silinder

Komponen kepala silinder di mesin 2tak rata-rata terbentuk dari campuran logam Dimana campuran logam tersebut merupakan campuran dari bahan yang tahan panas. Pada bagian kepala silinder tersebutlah busi dipasang. Kepala silinder tersebut terletak pada bagian paling atas di sebuah blok mesin.

3. Ruang silinder atau combustion Chamber

Di dalam mesin 2 tak tersebut, campuran dari udara dan bahan bakar akan dikabulkan dan akan dikompresi di dalam ruang silinder tersebut. Pada saat kompresi di puncak, maka sebuah percikkan api yang asalnya dari busi akan dipercikkan sehingga pada bagian dalam ruang silinder akan terjadi kebakaran dan ledakan.

Baca Juga:   Komponen Motor Injeksi Dan Fungsinya

4. Piston

Komponen Piston adalah komponen penting pada mesin 2tak dimana komponen tersebut dibuat dari logam yang bersifat tahan panas. Fungsi dari komponen piston yaitu guna mengompres bahan bakar yang sudah dicampur kan dengan udara serta akan dilakukan kompres di dalam ruang silinder. Guna mengatasi adanya kebocoran pada saat piston tersebut mengompres bahan bakar dengan udara, maka komponen tersebut sudah dilengkapi dengan komponen ring Piston yang berupa cincin.

5. Connecting Rod

Connecting Rod merupakan komponen pada mesin 2 tak yang berikutnya. Connecting Rod memiliki fungsi sebagai komponen penghubung antara crankshaft dengan piston. Connecting Rod tersebut akan menghubungkan gerakan piston yang naik turun guna diubah menjadi Gerakan memutar.

6. Crankshaft

Komponen Crankshaft pada mesin 2 tak memiliki fungsi guna mengubah gerakan piston yang naik-turun menjadi Gerakan memutar.

7. Transfer port

Transfer port merupakan sebuah ruang kosong ataupun jalur yang digunakan sebagai saluran dari bahan bakar yang sudah bercampur dengan udara, Di mana yang sebelumnya ada di dalam ruang crankcase Akan berpindah menuju ke bagian ruang silinder. Adapun gerakan dari bahan bakar tersebut dikarenakan terjadi Desakan dari komponen piston yang selalu bergerak dari bagian TMA menuju ke bagian TMB.

Baca Juga:   Komponen Sistem Pengapian Sepeda Motor Dan Fungsinya

Demikianlah sedikit penjabaran tentang komponen mesin motor 2 tak dan fungsinya yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini sebagai bahan untuk menambah ilmu dan wawasan pengunjung sekalian di bidang otomotif, khususnya adalah pada mesin 2 tak yang penggunaannya sudah cukup banyak, mulai dari sepeda motor, alat pemotong rumput, dan sejumlah peralatan lainnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Depan Motor Mati

Penyebab Lampu Depan Motor Mati

Baiklah teman-teman, langsung saja masuk ke dalam topik pembahasan Pada kesempatan kali ini yakni tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *