Home / Otomotif / Sepeda Motor / Komponen Mesin Motor 4 Tak Dan Fungsinya

Komponen Mesin Motor 4 Tak Dan Fungsinya

Dapat dikatakan bahwa komponen mesin motor 4 tak Tidaklah terlalu jauh berbeda dengan komponen pada mesin mobil. Hanya saja, sejumlah bentuk serta dimensi dari komponen motor 4 tak tentunya memiliki perbedaan dengan yang ada pada mobil. Kondisi tersebut disebabkan karena mesin pada sepeda motor memang harus dapat menyesuaikan proses penataan komponen tersebut supaya lebih minimalis dan memiliki bobot yang tidak terlalu berat Sehingga nantinya berat total keseluruhan dari sepeda motor tetap ringan.

Komponen Mesin Motor 4 Tak Dan Fungsinya

Komponen mesin motor 4 tak dan fungsinya

Pada pembahasan kali ini, saya akan mencoba mengulas tentang komponen mesin motor 4 tak dan fungsinya yang bisa anda gunakan sebagai bahan belajar untuk memperdalam ilmu pengetahuan di bidang otomotif, khususnya adalah pada komponen mesin motor 4 tak.

Dilihat secara umum, bagian mesin dari sepeda motor 4 tak dibedakan atas 4 wilayah, yaitu:

  1. Bagian yang terdiri atas gear transmisi serta engkol mesin yang masuk ke dalam wilayah mesin bagian tengah
  2. Bagian yang terdiri atas blok silinder sampai dengan kepala silinder yang masuk wilayah mesin bagian atas
  3. Bagian yang terdiri atas sistem pengisian pada mesin yang masuk wilayah mesin bagian kiri
  4. Bagian yang terdiri atas mekanisme kopling baik kopling sentrifugal maupun kopling manual yang masuk wilayah mesin bagian kanan

Ketika kita membahas secara tuntas tentang satu unit sepeda motor tentu terdiri atas mesin utama sampai dengan komponen gigi output transmisi. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas komponen mesin motor 4 tak dan fungsinya pada bagian mesin utama saja.

1. Komponen Head Silinder

Kepala silinder atau Head Silinder merupakan bagian blok mesin pada wilayah atas yang mempunyai beraneka macam fungsi. Fungsi dari kepala silinder atau Head Silinder adalah dimulai dari tempat terjadinya pembakaran mesin sampai dengan Proses mekanisme katup bekerja.

Bentuk dari kepala silinder bentuk mengikuti bentuk dari blok mesin yang mana bentuknya juga silinder. Akan tetapi, pada bagian luar dari silinder tersebut terdapat mekanisme katup dan juga bagian saluran udara mesin. Oleh sebab itulah maka bentuk dari blok mesin lebih cenderung ke bentuk kotak.

Terlebih pada sepeda motor yang menggunakan pendinginan udara alami, maka tentu bagian paling luar dari kepala silinder akan dipenuhi oleh bagian dengan bentuk sirip udara. Fungsinya adalah guna melepaskan panas yang berasal dari mesin ke udara bebas pada saat sepeda motor sedang bergerak.

Baca Juga:   Penyebab Lampu Motor Sering Putus Yang Kerap Dialami Pengendara

2. Komponen blok silinder

Blok silinder atau silinder blok merupakan komponen di mana secara fisik mempunyai persamaan dengan komponen kepala silinder. Hal tersebut disebabkan karena bentuknya yang sedikit kotak serta dipenuhi dengan sirip sirip udara. Adapun peranan dari blok silinder yaitu sebagai tempat utama sebuah mesin. Kondisi tersebut disebabkan karena adanya gerakan turun dan naik pada piston terjadi pada komponen blok silinder tersebut.

Namun, jika anda menyimak komponen blok silinder yang ada pada mesin mobil dan yang ada pada mesin sepeda motor tentu jauh berbeda. Bagian blok silinder di mesin mobil secara umum terpasang pada komponen crankcase. Sementara itu, bagian blok silinder pada sepeda motor dapat dilepas dari komponen crankcase atau ruang engkol.

Model desain seperti itu tentunya akan mempermudah Anda pada saat hendak melepas komponen blok silinder tanpa harus menurunkan mesin. Terdapat sejumlah kondisi dimana komponen blok silinder wajib untuk dilepas. Disebabkan karena pada sepeda motor bagian blok silinder dapat dipisahkan dengan bagian crankcase, maka guna melepaskannya anda tidak membutuhkan proses pembongkaran mesin wilayah Tengah. Dengan demikian, maka komponen piston akan bisa tetap dipasang pada bagian poros engkol, namun bagian blok silinder dapat dilepas.

3. Komponen bak transmisi

Blok transmisi atau bak transmisi merupakan komponen yang memiliki ukuran paling besar yang ada pada bagian mesin sepeda motor. Hal tersebut disebabkan karena komponen tersebut dijadikan sebagai rumah untuk Komponen poros engkol mesin serta bagian sistem pemindah daya tenaga sepeda motor yakni transmisi dan kopling.

Secara umum, peranan dari bagian blok transmisi yaitu sebagai housing untuk sejumlah komponen mesin pada sepeda motor, yakni engkol mesin atau gear box, magnet dan spul, poros engkol serta kopling.

4. Komponen piston

Komponen piston memiliki fungsi guna merubah volume yang ada pada silinder. Perubahan volume tersebut akan menyebabkan efek kompresi dan vakum yang nantinya dipakai guna memperoleh proses pembakaran secara berkelanjutan. Komponen piston hanyalah bekerja dengan turun dan naik pada silinder. Adapun gerakan naik pada piston akan menyebabkan efek kompresi pada silinder disebabkan karena volume silinder mengecil. Sementara itu, gerakan turun pada piston akan menyebabkan efek hisapan disebabkan terjadi pembesaran volume.

Baca Juga:   Komponen Blok Silinder Sepeda Motor

5. Komponen ring piston

Komponen ring Piston merupakan komponen yang memiliki bentuk seperti lingkaran serta berada pada posisi di bagian samping luar komponen piston. Adapun fungsi dari komponen ring Piston ada dua, yaitu guna mencegah terjadinya kebocoran kompresi serta mencegah oli yang berasal dari poros engkol masuk ke dalam ruang bakar. Ring Piston tersebut dibutuhkan karena ukuran dari diameter piston dibuat jauh lebih kecil Apabila dibandingkan dengan diameter komponen silinder.

Terdapat 3 buah ring Piston pada satu komponen piston, yaitu ring kompresi yang terletak pada bagian paling atas dan berfungsi guna mencegah terjadinya kebocoran kompresi. Ring oli berada pada posisi paling bawah dan memiliki fungsi untuk mencegah masuknya oli ke dalam ruang bakar.

6. Komponen connecting Rod

Batang piston atau connecting Rod merupakan Batang besi yang posisinya berada di bagian bawah piston. Connecting Rod memiliki fungsi guna menyalurkan gerakan turun dan naiknya piston kebagian poros engkol. Akan tetapi, sambungan antara piston dan connecting Rod mempunyai engsel. Hal tersebut disebabkan karena pada bagian ujung yang satu yaitu bikin terhubung ke bagian poros engkol dan posisi dari poros engkol yang berputar akan membuat komponen connecting Rod harus dapat bergerak mengikuti putaran dari engkol.

7. Komponen katup atau klep

Katup atau klep memiliki fungsi sebagai pintu untuk udara guna dapat masuk dan keluar pada mesin. Terdapat dua buah katup, yaitu katup yang berguna untuk mengatur Proses masuknya udara bersih yang berasal dari Intake dan katup exhaust yang berguna untuk mengatur proses pengeluaran gas sisa pembakaran ke bagian knalpot. Lantas, komponen mana yang berfungsi untuk menggerakan katup? Bagian tersebut merupakan tugas dari mekanisme katup yang dioperasikan oleh bagian crankshaft mesin.

8. Komponen mekanisme penggerak katup

Mekanisme katup memiliki fungsi guna mengatur proses pembukaan katup exhaust dan katup intake supaya sesuai timingnya pada semua RPM. Mekanisme katup yang dipakai pada sepeda motor secara umum memakai tipe OHC yang mana sebuah rantai keteng digunakan pada Bagian poros camshaft atau Nok dengan crankshaft.

Di samping menggunakan tipe OHC, teknologi sekarang ini juga sudah cukup banyak memakai jenis mekanisme katup DOHC. Tipe dari OHC dan DOHC pada umumnya hanyalah sama. Namun, khusus untuk tipe DOHC telah mempunyai empat katup dan dua buah poros Nok pada satu komponen silinder.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Bendik Motor Rusak Secara Akurat

9. Komponen poros engkol

Poros engkol atau crankshaft mempunyai fungsi guna mengubah Gerakan naik dan gerakan turun pada piston ke jenis gerakan rotasi. Proses untuk mengubah gerakan tersebut memakai prinsip engkolan sepeda, yang mana Gerakan naik dan gerakan turun dari kaki kita akan diubah kedalam bentuk putaran oleh kayuhan pada komponen di sepeda. Akan tetapi, pada komponen poros engkol sepeda motor terdapat perbedaan, hal tersebut disebabkan karena mesin sepeda motor secara umum mempunyai silinder tunggal sehingga bagian poros engkol akan dilengkapi dengan 2 buah beban melingkar yang letaknya di bagian samping crankshaft.

10. Komponen intake manifold

Komponen intake manifold memiliki fungsi sebagai selang yang akan menghubungkan udara dari bagian karburator menuju ke saluran masuk mesin. Adapun bentuk visual dari selang tersebut sangatlah simpel, karena hanyalah berbentuk Saluran yang memanjang saja. Adapun bahan yang dipakai untuk membuat komponen tersebut biasanya dari besi ringan. Akan tetapi, sekarang ini sudah banyak yang memakai bahan plastik supaya bebannya semakin ringan.

11. Komponen knalpot

Komponen knalpot merupakan komponen yang memiliki fungsi guna mengalirkan gas dari sisa pembakaran yang dikeluarkan dari mesin. Di samping itu, knalpot juga memiliki fungsi guna meredam suara mesin sehingga pada akhirnya suara yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor menjadi lebih tenang dan Lebih halus.

Pada knalpot terdapat sejumlah komponen, di antaranya adalah:

  1. Leher knalpot dimana memiliki bentuk memanjang yang berasal dari saluran exhaus mesin kebagian kepala knalpot.
  2. Kepala knalpot atau head knalpot adalah bagian pada knalpot yang memiliki fungsi untuk menghubungkan bagian dari leher knalpot dengan bagian muffler. Bagian tersebut memiliki bentuk yang hampir sama dengan bagian leher knalpot, akan tetapi terjadi pembesaran diameternya.
  3. Muffler adalah tempat yang bertugas untuk meredam suara mesin. Secara umum, muffler memakai lapisan busa yang berguna untuk meredam suara.

Demikianlah penjabaran singkat tentang komponen mesin motor 4 tak dan fungsinya yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, informasi di atas mampu memberikan ilmu baru bagi pengunjung sekalian. Terima kasih, selamat berkreasi dan salam sukses untuk pengunjung sekalian.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Depan Motor Mati

Penyebab Lampu Depan Motor Mati

Baiklah teman-teman, langsung saja masuk ke dalam topik pembahasan Pada kesempatan kali ini yakni tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *