Home / Umum / Kode Etik / Kumpulan Kode Etik Perusahaan

Kumpulan Kode Etik Perusahaan

Perusahaan di Indonesia rata-rata mampu berkembang dengan pesat karena mereka menerapkan kode etik perusahaan yang cukup kuat untuk setiap pegawai atau karyawan. Ketika penerapan dari kode etik perusahaan benar-benar dilaksanakan dengan serius, maka tentunya setiap pegawai atau karyawan pada perusahaan tersebut akan berpikir ulang manakala dia hendak melakukan pelanggaran terhadap kode etik perusahaan yang sudah ditentukan.

Kumpulan Kode Etik Perusahaan

Biasanya, kode etik perusahaan akan selalu diikuti dengan sanksi atau panismen dari pelanggaran kode etik perusahaan yang dilakukan oleh karyawan atau pegawai nya. Sebagai contoh misalkan apabila seorang pegawai atau karyawan tidak berangkat kerja tanpa adanya izin maka akan dikenakan sanksi berupa pemotongan honor Rp100.000 setiap 1 hari ketidak hadiran tanpa ada keterangan. Tentunya, ketika pegawai tersebut tidak berangkat bekerja tanpa keterangan selama satu minggu maka tentunya sudah sangat banyak potongan yang akan didapat pada honor bulanan yang dia terima. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa honor bulanan yang dia dapat bisa minus.

Namun, dengan adanya sanksi yang cukup berat terhadap pelanggaran kode etik perusahaan akan membuat setiap pegawai atau karyawannya menjadi lebih disiplin dan tanggung jawab di dalam mengerjakan beban tugas yang diberikan. Berbeda halnya dengan perusahaan yang tidak menjalankan kode etik dengan serius dan cenderung lebih lemah di dalam penerapan kode etik yang ada. Tidak menutup kemungkinan, secara perlahan-lahan perusahaan tersebut akan mengalami kemunduran dan pada akhirnya akan terjadi kebangkrutan.

Baca Juga:   Kode Etik Psikologi HIMPSI atau Himpunan Psikologi Indonesia

Contoh Kode Etik Perusahaan

Bagi anda yang sekarang ini sedang mencari sejumlah contoh kode etik perusahaan yang bisa diterapkan untuk perusahaan yang sedang anda Pimpin maka Alangkah baiknya apabila anda menengok beberapa contoh kode etik perusahaan yang akan saya berikan pada bagian dibawah ini. Intinya, ketika penerapan sebuah kode etik perusahaan dilakukan dengan serius lengkap dengan sanksi atau panismen nya, maka tentunya perusahaan tersebut akan selalu terjaga kualitasnya. Kode etik perusahaan sebisa mungkin untuk bisa diterapkan kepada seluruh warga dari perusahaan tersebut, mulai dari pegawai atau karyawan sampai dengan staf yang ada di dalamnya.

  1. Jam kerja dimulai pukul 08.00 dan memiliki toleransi keterlambatan paling lama adalah 5 menit
  2. Apabila menginginkan reimbes, maka wajib untuk memiliki bukti seperti kuitansi, iphone dan sejenisnya.
  3. Sangat dilarang untuk bermain game pada saat bekerja di kantor
  4. Wajib memberikan Freeport kepada atasan masing-masing unit manakala hendak keluar kantor
  5. Pemakaian internet hanya boleh dilakukan untuk kepentingan pekerjaan
  6. Seluruh barang pesanan wajib dikeluarkan oleh pihak Gudang
  7. Penawaran terhadap sejumlah jasa dikerjakan serta disetujui oleh bagian supervisor teknik
  8. Setiap pegawai atau karyawan mempunyai file atau berkas pribadi dari pekerjaan yang dilakukannya
  9. Seluruh karyawan dilarang untuk membuka file milik karyawan yang lainnya
  10. Seluruh karyawan yang berhalangan datang karena sakit maupun izin yang lainnya harus langsung dilakukan kepada atasannya dan tidak boleh diwakilkan kepada teman maupun karyawan yang lainnya
  11. Seluruh teknisi setelah selesai mengerjakan sejumlah pekerjaan dinasnya, maka harus memberikan report berupa berita acara, laporan keuangan dan laporan service
Baca Juga:   Pengertian Kode Etik Guru Indonesia

Itulah sejumlah kumpulan kode etik perusahaan yang seringkali saya Temukan pada perusahaan-perusahaan yang sampai saat ini masih tetap bertahan dan eksis, bahkan cenderung mengalami peningkatan. Peningkatan peningkatan yang di dapat dari perusahaan tersebut salah satunya adalah akibat dari penerapan kode etik perusahaan yang cukup kuat dan serius sehingga setiap pegawai atau karyawan nya tidak berupaya untuk melakukan pelanggaran terhadap kode etik yang ada. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Artikel menarik lainnya

Kode Etik Engineer Yang Penting Anda Ketahui

Kode Etik Engineer Yang Penting Anda Ketahui

Bagi seorang Enginer tentunya harus memahami sejumlah kode etik Insinyur supaya bisa bekerja sesuai dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *