Home / Umum / Pola Pikir / Langkah Membentuk Pola Pikir Kreatif

Langkah Membentuk Pola Pikir Kreatif

Langkah untuk membentuk pola pikir kreatif memang tidak semudah membalik telapak tangan. Di dalam kehidupan sekarang ini, persaingan begitu kompetitif antara individu yang satu dengan individu yang lain. Untuk itulah, kebutuhan memiliki pola pikir kreatif serta inovatif sangat diperlukan lebih dari yang sebelumnya sudah ada. Organisasi dan perusahaan memerlukan kreativitas yang tinggi dari karyawan dan staf mereka.

Langkah Membentuk Pola Pikir Kreatif

Hal tersebut diperlukan guna mendapatkan produk yang bisa lebih bersaing, pemasarannya yang lebih menarik, serta merupakan terobosan dari inovasi maupun pemecahan sejumlah tantangan sehari-hari di tempat kerja. Memiliki pola pikir kreatif tentunya bukan hanya ditujukan untuk orang seni saja. Sejumlah orang yang memiliki pekerjaan di bidang lainnya juga wajib untuk bisa menjalankan pola pemikiran kreatif.

Langkah Membentuk Pola Pikir Kreatif

Di bawah ini adalah 5 langkah yang bisa Anda coba terapkan di dalam membentuk pola pikir kreatif

1. Melaksanakan ritual inspirational

Metode terbaik yang bisa anda kerjakan adalah menginspirasi diri anda sendiri, yaitu dengan melaksanakan pengembangan ritual inspirational serta memakainya dengan rutin dan teratur. Kondisi tersebut sangat membantu di dalam membentuk pola pikir kreatif yang lebih baik. Salah satu contohnya dari kegiatan ritual inspirasional adalah anda bisa mengerjakan setiap hari kegiatan mendengarkan musik, membaca, melakukan meditasi dengan durasi beberapa menit. Anda juga bisa mencoba untuk mengambil sejumlah nafas cukup dalam.

Baca Juga:   Pola Pikir Sehat Akan Membuat Masyarakat Juga Sehat

2. Buatlah sesuatu yang berbeda setiap hari

Metode ini tentunya sangat mudah anda kerjakan, contohnya adalah Menulis artikel, merekam video, menulis sebuah buku. Anda bisa mengerjakan secara rutin aktivitas tersebut Setiap hari dengan durasi sekitar 5 menit sampai dengan 10 menit.

3. Istirahat yang cukup

Cobalah untuk beristirahat sekedarnya apabila anda sudah merasa stuck tidak mendapatkan ide. Anda juga bisa mengganti istirahat dengan berjalan jalan santai ditemani oleh teman sekerjanya. Kelelahan akan anda dapatkan manakala Anda memaksakan diri untuk bisa menemukan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi. Anda bisa mencoba untuk berdiri dari tempat duduk anda, berjalan keluar sambil menuju ke kantin untuk ngopi sejenak. Anda juga bisa mencoba untuk berkomunikasi dengan orang-orang di dekat anda. Biasanya, sejumlah inspirasi akan masuk secara tidak terduga manakala anda sedang mengerjakan aktivitas di atas.

4. Buatlah daftar dan Pilihlah ide yang anda miliki

Kadangkala, anda akan merasa kesulitan dan juga merasa stuck pada saat mengembangkan ide. Anda bisa mencoba untuk mendaftar sejumlah ide serta mengurutkannya. Bawalah sejumlah catatan setiap anda pergi dan catatlah ide-ide yang terbesit di pikiran anda secara tiba-tiba. Dari sejumlah ide yang sudah terkumpul, maka anda bisa memilih untuk menerapkan kira-kira ide mana yang Anda dikerjakan.

Baca Juga:   Maksud dan Pengertian Pola Pikir Positif

5. Lupakan kemampuan Bakat

Kadangkala, kita memiliki kecenderungan untuk berpikir bahwa kita tidak berbakat pada sebuah bidang sehingga ide-ide yang muncul kadangkala menjadi sia-sia. Silakan Anda lupakan mindset Dimana anda harus memiliki Bakat pada saat hendak mengerjakan suatu Project berdasarkan bidang yang anda tidak kuasai. Cobalah untuk belajar mengerjakan hal-hal yang diluar bidang Anda, lakukan dengan kerja keras dan mendukung diri pribadi.

Demikianlah sejumlah langkah di dalam membentuk pola pikir kreatif yang mana rata-rata pola pikir kreatif tersebut bisa anda praktekkan sebaik mungkin sehingga Anda bisa merasakan perbedaannya dalam waktu yang cukup singkat. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Pola Pikir Entrepreneur Yang Sukses

Pola Pikir Entrepreneur Yang Sukses

Ketika anda hendak menjadi seorang entrepreneur atau hendak terjun pada dunia bisnis mau makan salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *