Home / Umum / Pola Pikir / Maksud dan Pengertian Pola Pikir Positif

Maksud dan Pengertian Pola Pikir Positif

Mari kita membahas mengenai maksud dan pengertian pola pikir positif. Berpikir positif merupakan metode atau cara berpikir dengan cara logis di mana Kita memandang sesuatu dari sisi positif baik terhadap kondisi lingkungan, orang lain maupun dirinya sendiri. Oleh sebab itu maka dia tidak akan merasa putus asa terhadap sejumlah masalah yang dihadapinya serta mudah di dalam mendapatkan jalan keluarnya. Berpikir positif adalah merupakan satu kesatuan yang di dalamnya terdiri dari tiga bagian yaitu pengawasan pikiran, penggunaan pikiran dan muatan pikiran.

Maksud dan Pengertian Pola Pikir Positif

Maksud dan Pengertian Pola Pikir Positif

Untuk memperdalam kita di dalam mengenali tiga komponen dari berpikir positif, maka marilah kita bahas satu persatu dari komponen diatas yakni pengawasan pikiran, penggunaan pikiran dan muatan pikiran.

1. Muatan pikiran

Berpikir positif adalah salah satu usaha dalam mengisi pikiran dengan sejumlah hal yang bernilai positif maupun yang bermuatan positif. Menurut ubaidy bahwa muatan positif pada pikiran merupakan sejumlah bentuk proses pemikiran yang mempunyai kriteria:

Baca Juga:   Ini Dia Pola Pikir Orang Cerdas Yang Bisa Anda Tiru
  1. Benar atau tidak melanggar terhadap sejumlah nilai kebenaran
  2. Baik, yang berlaku untuk lingkungan, orang lain dan dirinya sendiri
  3. Bermanfaat, serta bisa menghasilkan hal-hal yang berguna

2. Penggunaan pikiran

Proses memasukkan sejumlah muatan positif kepada ruang pikiran adalah salah satu tindakan yang positif. Akan tetapi, tindakan tersebut masih berada di lingkungan yang rendah apabila muatan positif itu tidak diperlihatkan dengan tindakan yang nyata. Untuk itulah, sejumlah isi muatan positif itu wajib untuk segera diaktualisasikan pada tindakan supaya memiliki dampak yang bisa dirasakan

3. Pengawasan pikiran

Dimensi tiga yang berasal dari berpikir positif yaitu pengawasan pikiran. Kegiatan tersebut mencakup sejumlah usaha guna memahami muatan apa saja yang bisa dimasukkan pada ruang pikiran serta Bagaimana proses pikiran tersebut bekerja. Apabila diketahui ada sejumlah hal yang negatif bisa ikut masuk ke dalam ruang pikiran, maka tentunya wajib untuk dilakukan sejumlah tindakan nyata untuk mengeluarkan sejumlah hal negatif tersebut serta menggantinya dengan muatan positif. Selanjutnya, Apabila ternyata juga teridentifikasi bahwa pola pikiran tidak bisa bekerja sesuai dengan aslinya, maka tentunya perlu dilakukan sebuah usaha di dalam memperbaiki kesalahan dan kelemahan tersebut.

Baca Juga:   Ini Dia Pola Pikir Pengusaha Sukses Terbaru

Proses berpikir bukanlah merupakan sebuah tujuan, namun merupakan sebuah Jalan guna mencapai sebuah tujuan. Menjadikan kita untuk selalu berpikir positif adalah sebagai tujuan yang memang bisa membawa manfaat namun manfaat itu Belumlah terasa apabila kita bandingkan dengan sejumlah manfaat yang diperoleh apabila berpikir positif dijadikan sebagai sebuah Jalan.

Beranjak dari adanya pandangan optimisme, bahwa pandangan pesimisme akan menganggap sebuah kegagalan dari segi yang buruk. Secara umum, seseorang yang berpikir pesimis kadangkala menyalahkan dirinya sendiri terhadap kesengsaraan yang menimpanya. Ia memiliki anggapan bahwa Kemalangan kemalangan yang menimpanya memiliki sifat permanen dan hal tersebut memang sudah karena nasib, ketidakmampuan, kebodohan, serta kejelekannya. Pada akhirnya, dia akan pasrah terhadap segala macam hal tanpa ada upaya untuk memperbaiki nya.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai maksud dan pengertian pola pikir positif di mana pola pikir tersebut sangat baik untuk kita kembangkan terus sehingga sistem kehidupan yang kita miliki akan semakin baik. Terima kasih atas kunjungannya,nya selamat beraktifitas.

Baca Juga:   Ini Dia Pola Pikir Seorang Wirausaha Yang Perlu Dikembangkan

Artikel menarik lainnya

Inilah 15 Pola Pikir Orang Kaya

Inilah 15 Pola Pikir Orang Kaya

Di negara Australia, terdapat wanita yang cukup memiliki kekayaan melimpah di dunia, yakni Gina rinehart …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *