Home / Umum / Manfaat / Manfaat Limbah Plastik Yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Limbah Plastik Yang Belum Banyak Diketahui

Apabila tidak bisa ditangani dengan baik, limbah plastik akan memiliki banyak dampak negatif terhadap lingkungan. Salah satu dampak negatif yang diakibatkan oleh limbah plastik adalah terjadinya banjir yang mana Banjir tersebut terjadi akibat dari tumpukan sampah yang ada di sungai sehingga mengakibatkan air sungai meluap. Selain itu, berbagai macam penyakit juga tentunya bisa disebabkan akibat dari pencemaran lingkungan. Oleh sebab itulah alangkah baiknya kita mencoba untuk mempelajari manfaat limbah plastik yang belum banyak diketahui oleh masyarakat sehingga bisa mengurangi dampak negatif dari banyaknya sampah sampah dan limbah plastik.

Manfaat Limbah Plastik

Kesadaran pada diri sendiri merupakan awal mula dari proses penanganan limbah plastik sehingga bisa dilaksanakan dengan baik. Untuk mencoba mengawali dan meningkatkan kesadaran diri pada masyarakat akan manfaat dari limbah plastik maka Berikut ini akan saya bahas beberapa manfaat limbah plastik yang tentunya bisa didapat oleh setiap masyarakat yang mau mengelola limbah plastik tersebut.

Manfaat limbah plastik yang belum banyak diketahui

1. Sumber daya alam akan semakin dihemat

Sumber daya alam atau SDA merupakan seluruh bagian yang terdapat di alam yang bisa dimanfaatkan guna memenuhi seluruh keperluan hidup manusia. Sumber daya alam tentunya mempunyai beragam bentuk, misalnya adalah sumber daya alam pertambangan, sumber daya alam pertanian, dan sumber daya alam lainnya. Rata-rata, sumber daya alam yang ada di Indonesia merupakan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui hal tersebut tentunya mengindikasikan bahwa apabila kita secara terus-menerus memakai sumber daya alam tersebut secara berlebihan maka bisa berakibat sumber daya alam tersebut akan cepat terkuras habis.

Sekarang ini, kelangkaan sumber daya alam air merupakan fenomena yang dialami oleh masyarakat. Padahal, sumber daya alam air adalah salah satu sumber daya alam yang bisa diperbaharui. Hal tersebut mungkin disebabkan karena adanya eksploitasi yang dilakukan secara berlebihan sehingga bisa merusak kondisi sumber daya alam.

Baca Juga:   Manfaat Plastik UV dan Fungsinya

Sebagai contoh, kekurangan sumber daya alam air terjadi di wilayah Gunung Kidul. Warga Gunungkidul merasa cukup kesulitan didalam mendapatkan air bersih. Kondisi ini juga dialami di beberapa daerah yang menang kondisi air bersih nya sudah tercemar sehingga cukup sulit digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pencemaran air ini disebabkan oleh adanya sampah plastik yang ada di sungai. Untuk itulah memanfaatkan limbah plastik merupakan salah satu solusi jitu yang bisa mengurangi efek dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di sungai.

2. Bisa menghemat energi

Sampah plastik memang bisa didaur ulang. Rata-rata, Jenis sampah plastik yang bisa didaur ulang adalah plastik dengan kode 1 dan plastik jenis polyethylene terepthalate (PET) yang mana jenis plastik tersebut dipakai sebagai botol minuman. PET itu sendiri Nantinya bisa didaur ulang untuk dijadikan produk seperti jaket dan karpet. Proses daur ulang PET bisa menghabiskan sepersepuluh dari energi untuk membuat botol plastik dalam kondisi baru yang berasal dari bahan mentah. Kegiatan daur ulang bisa menyimpan energi yang lebih banyak. Sementara itu, pengaruh lingkungan dan konsumsi sumber daya alam adalah faktor yang cukup penting yang wajib untuk dipertimbangkan.

Kita juga bisa mengambil contoh lain yaitu proses daur ulang aluminium guna meminimalisir tingkat kebutuhan dari bijih bauksit yang mana bisa mengurangi kerusakan lingkungan serta dapat memenuhi permintaan.

Melihat dari sifat plastik, memang limbah plastik tidak bisa dilakukan daur ulang berulang kali layaknya aluminium, akan tetapi berkreasi di dalam membuat kerajinan berbahan dasar limbah plastik adalah salah satu bagian usaha melestarikan minyak tanah yang merupakan sumber daya tidak terbaharukan.

Contoh lain adalah pada produksi kaca yang memakai dasar berupa pasir kuarsa. Proses daur ulang yang dilakukan oleh pabrik kaca tentunya merupakan salah satu metode penghematan serta mengurangi adanya emisi karbon. Dari uraian di atas, maka bisa disimpulkan bahwa proses daur ulang merupakan salah satu proses yang sangat menghemat energi dibandingkan dengan membuat produk baru yang menggunakan bahan dasar masih mentah.

Baca Juga:   Manfaat Daur Ulang Plastik Secara Umum

3. Bisa menghemat tempat pada TPA atau tempat pembuangan akhir

Bisa dikatakan, limbah plastik adalah salah satu jenis limbah yang cukup besar pengaruhnya terhadap tempat pembuangan akhir atau TPA. Apabila kita memperlakukan limbah plastik dengan cara dibuang atau ditimbun, maka cara tersebut bisa dikatakan cara yang keliru. Dampak negatif tentunya akan timbul atau muncul dari banyaknya limbah plastik yang di timbun. Apalagi jika proses penimbunan limbah plastik tersebut dilakukan di area dekat dengan perumahan, sekolah maupun pemukiman penduduk.

Dengan mengetahui dampak negatif limbah plastik yang begitu berbahaya, maka tentunya kita harus merubah pola pikir dari penggunaan plastik yang hanya dilakukan Satu Kali Saja, setelah itu dibuang.

Memang benar, bahwa proses menimbun limbah plastik tidak selalu menimbulkan permasalahan. Namun kita harus ingat bahwa salah satu sifat limbah plastik adalah sangat sulit untuk diurai sehingga salah satu jalan untuk menghemat lahan TPA adalah dengan melakukan daur ulang dari limbah plastik tersebut.

4. Bisa menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman, sehat serta Asri

Syarat sebuah lingkungan disebut Asri adalah Jika lingkungan tersebut memiliki unsur bersih, sehat serta nyaman. Kondisi lingkungan Asri tentunya bisa didapat jika lingkungan tersebut kondisinya bersih dari berbagai macam jenis sampah plastik yang tidak teratur. Apabila pada lingkungan terbebas dari adanya limbah plastik, maka kondisi tersebut akan menciptakan lingkungan yang sehat. Tentunya, untuk menciptakan sebuah lingkungan yang Asri dibutuhkan beberapa aksi. Beberapa contoh kegiatan yang bisa dilakukan untuk membuat lingkungan menjadi Asri adalah mengolah berbagai macam limbah plastik yang ada di lingkungan menjadi berbagai macam jenis kerajinan maupun barang yang memiliki nilai jual. Apabila limbah plastik yang berada di sekitar lingkungan kita bisa dikurangi, maka tentunya akan membuat lingkungan menjadi lebih enak untuk ditinggali.

Baca Juga:   Manfaat Sampah Plastik di Kehidupan Sehari-hari

5. Bisa mengurangi tingkat pencemaran lingkungan

Limbah plastik sangat besar peranannya di dalam proses mencemari kondisi air dan tanah. Hal itu tentunya dikarenakan konsumsi pada plastik yang tidak terbatas, namun tingkat kesadaran yang bisa diakibatkan oleh limbah plastik belum begitu dipahami. Tentunya, tanah yang sudah terkontaminasi limbah plastik akan membuat lapisan humus pada tanah mengalami kerusakan.

Akibat dari Rusaknya lapisan humus pada tanah, maka tumbuh-tumbuhan akan sulit tumbuh dengan subur. Sementara itu, air yang terlanjur terkontaminasi dengan limbah plastik akan membuat kondisi air menjadi tidak bersih lagi dan tentunya tidak layak untuk dikonsumsi. Banyaknya kandungan dari bakteri terdapat pada air yang terkontaminasi oleh limbah plastik. Rusaknya lapisan humus pada tanah juga rata-rata disebabkan oleh limbah Plastik yang tertanam pada tanah.

Sementara itu, ketika sumber air terkontaminasi dengan limbah plastik akan membuat kondisi air tersebut tidak layak untuk dikonsumsi. Hal tersebut disebabkan karena tingginya kandungan bakteri yang bisa mengganggu kesehatan anda. Dengan memiliki tingkat kreativitas yang tinggi di dalam memanfaatkan limbah plastik, maka akan membuat lingkungan disekitar kita bebas dari sampah plastik.

Sekian pembahasan mengenai cara manfaat limbah plastik yang belum banyak diketahui oleh masyarakat secara umum. Mudah-mudahan pembahasan artikel ini mampu memberikan wawasan baru kepada pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat berkreasi, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Manfaat Daur Ulang Plastik Secara Umum

Manfaat Daur Ulang Plastik Secara Umum

Manfaat daur ulang plastik secara umum memang sangat penting untuk kita pelajari bersama. Namun, sebelum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *