Home / Umum / Manfaat / Manfaat Plastik UV dan Fungsinya

Manfaat Plastik UV dan Fungsinya

Pada kesempatan yang baik ini saya akan membahas mengenai manfaat plastik UV atau ultraviolet serta fungsinya. Penggunaan plastik UV atau ultraviolet memang sudah cukup banyak saat ini. Terlebih, negara Indonesia merupakan salah satu negara yang luar biasa. Ketika kita menanam sesuatu di tanah Indonesia, maka dengan mudahnya tanaman tersebut bisa tumbuh dengan subur. Saking suburnya tanah di Indonesia banyak orang bilang ketika kita menanam uang maka bisa tumbuh juga. Luar biasa memang tanah di negara Indonesia. Kondisi inilah yang banyak mendorong pengusaha untuk melakukan berbagai macam budidaya tanaman.

Manfaat Plastik UV dan Fungsinya

Rata-rata, para pengusaha di dalam membudidaya sebuah tanaman diawali dari hobi yang mereka geluti sebagai aktivitas harian. Selain itu, kecintaan terhadap suatu tanaman juga melatarbelakangi para pengusaha untuk membudidaya tanaman tertentu. Berbagai macam jenis tanaman yang digunakan oleh pengusaha sebagai lahan bisnis diantaranya adalah tanaman hias. Bahkan, pengusaha di dalam membudidaya tanaman hias ini tidak hanya dilakukan di daerah perkotaan saja, namun sudah masuk ke daerah pedesaan.

Pada proses berbisnis budidaya tanaman tentunya dibutuhkan modal dengan jumlah yang tidak sedikit. Karena tentunya kita memerlukan lahan yang nantinya digunakan untuk membudidaya tanaman sekaligus berbagai macam peralatannya. Rata-rata, permasalahan yang paling sering muncul ketika proses budidaya sedang berlangsung adalah masalah serangan hama serta intensitas hujan yang cukup tinggi serta keadaan cuaca yang kadangkala tidak bersahabat sehingga cukup mengganggu pertumbuhan budidaya tanaman yang kita pelihara. Permasalahan-permasalahan tersebut sudah mulai ditanggulangi oleh pengusaha budidaya tanaman dengan cara membuat model rumah kaca yang sering disebut dengan istilah green house.

Baca Juga:   Manfaat Sampah Plastik di Kehidupan Sehari-hari

Selanjutnya, Apa pengertian dari green house? Pengertian dari green house yaitu sebuah bangunan yang mempunyai fungsi guna memproteksi berbagai macam tanaman budidaya dari serangan hama serta kondisi cuaca yang tidak menentu. Green house juga sering dikenal dengan istilah rumah kaca, hal tersebut disebabkan karena kebanyakan dari green house dibuat dengan bahan dasar yang tembus cahaya seperti pada kaca akrilik. Untuk masa sekarang ini, kaca akrilik sudah mulai digantikan dengan menggunakan plastik UV atau ultraviolet.

Manfaat plastik UV pada bangunan green house sangatlah pentingdi dalam menjaga kondisi tanaman dari beberapa kondisi lingkungan yang tidak terlalu bersahabat. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Kondisi musim kemarau sehingga terjadi kekurangan air atau kondisi musim penghujan yang mengakibatkan air terlalu banyak
  2. Adanya Sinar inframerah dan sinar ultraviolet yang berasal dari radiasi sinar matahari sehingga muncul efek negatif
  3. Fluktuatif perubahan pada kelembaban dan suhu di dalam Greenhouse
  4. Binatang serta hama pengganggu dan juga berbagai macam jenis penyakit tanaman seperti bakteri dan jamur
  5. Adanya hembusan angin serta serangga yang bisa menggagalkan proses penyerbukan pada bunga
  6. Adanya hembusan angin yang terlalu kencang sehingga mampu merusak daun maupun merobohkan tanaman
  7. Permasalahan yang timbul dari polusi udara sehingga berakibat buruk bagi kesehatan
Baca Juga:   Manfaat Kantong Plastik Yang Sangat Penting

Dari latar belakang di atas maka green house merupakan salah satu alternatif yang bisa dilakukan oleh para pebisnis di dalam membudidaya berbagai macam tanaman sehingga gangguan dari luar bisa diminimalisir. Apalagi jika budidaya tersebut dilakukan dalam jangka waktu yang lama, maka tentunya akan didapatkan hasil yang lebih memuaskan.

Manfaat Plastik UV dan Fungsinya

Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan pada plastik UV selain adanya green house:

1. Sebagai lahan untuk proses pembibitan tanaman

Sebagai lahan untuk melakukan karantina tanaman, bisa juga digunakan untuk proses perawatan tanaman yang sedang sakit, tanaman yang sedang terkena hama maupun tanaman yang dalam proses pemindahan atau transplantasi dimana tanaman tersebut memerlukan proses pemeliharaan dan perawatan secara intensif. Kegiatan tersebut tentunya perlu dikerjakan di green house guna memperoleh perawatan khusus serta menghindari adanya kontaminasi dari luar.

2. Sebagai lahan untuk membudidaya tanaman khusus

Kadangkala, jenis tanaman khusus tertentu memerlukan proses pemeliharaan secara khusus pula yang mana tanaman tersebut membutuhkan lingkungan hidup serta proses produksi pada kondisi tertentu. Sebagai contoh, sejumlah tanaman hortikultura seperti bunga, sayur dan buah, beberapa tanaman herbal dan juga tanaman hias. Green house merupakan salah satu lahan tanam dimana kondisi di dalamnya bisa disetting atau dimanipulasi menyesuaikan kebutuhan dari tanaman yang ada di dalamnya Sehingga nantinya proses produksi bisa berlangsung dengan baik, mengurangi adanya kegagalan produksi serta meningkatkan produktivitas Dari tanaman itu sendiri.

Baca Juga:   Manfaat Limbah Plastik Yang Belum Banyak Diketahui

3. Sebagai lahan untuk sarana agrowisata

Greenhost tentunya bisa dijadikan tempat berwisata di daerah perkotaan yang mana bisa dimodifikasi dengan memadukan keindahan fauna seperti burung dan angsa dengan keindahan Taman. Disamping kondisi binatang dan tanaman yang dapat tumbuh dengan baik, kenyamanan masing-masing pengunjung pada agrowisata ini juga bisa didapatkan.

4. Sebagai lahan Agro shop atau agromart

Kondisi ini dilatarbelakangi karena proses penjualan dari tanaman hias Mungkin cukup sulit dilakukan di dalam gedung tertutup yang tidak terkena cahaya matahari. Dengan memanfaatkan green house, maka bisa diciptakan sebuah kondisi yang lebih nyaman bagi setiap pengunjung serta proses pemeliharaan tanaman pun bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari green house. Hanya sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum memanfaatkan rumah kaca sebagai tempat budidaya tanaman. Hal tersebut cukuplah wajar dikarenakan biaya untuk membuat green house cukup mahal. Salah satu solusi di dalam membuat green houseadalah dengan memakai atau memanfaatkan plastik UV green house karena memiliki harga yang relatif lebih murah. Namun, walaupun harganya murah namun tidak akan mengurangi fungsi dari sebuah green house. Mudah-mudahan informasi diatas bisa memberikan wawasan untuk pengunjung sekalian, terutama mengenai manfaat plastik UV sebagai bagian dalam proses pembangunan green house. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Manfaat Daur Ulang Plastik Secara Umum

Manfaat Daur Ulang Plastik Secara Umum

Manfaat daur ulang plastik secara umum memang sangat penting untuk kita pelajari bersama. Namun, sebelum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *