Home / Umum / Manfaat / Manfaat Sampah Plastik di Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Sampah Plastik di Kehidupan Sehari-hari

Aktivitas sehari-hari masyarakat Indonesia tentunya tidak akan terlepas dari sebuah produk yang namanya plastik. Bisa dikatakan plastik memang sudah menjadi salah satu bagian penting di dalam kehidupan masyarakat sekarang ini dan tentunya memiliki peranan yang sudah menggantikan logam dan kayu. Kondisi tersebut tentunya mengacu pada kelebihan dari plastik di mana lebih kuat dan lebih ringan serta tahan akan korosi. Selain itu plastik juga mudah diwarnai dan memiliki transparansi yang cukup bagus disamping kemampuan inspirasinya yang sangat baik.

Manfaat Sampah Plastik

Di kehidupan sehari-hari, fungsi dari plastik sangatlah sulit untuk digantikan. Berbagai macam aplikasi Penggunaan plastik pun sudah sangat banyak, mulai dari alat-alat rumah tangga, kemasan makanan, barang-barang elektronik, mainan anak, serta komponen di bidang otomotif. Dari banyaknya penggunaan dan aplikasi plastik di kehidupan sehari-hari yang tentunya akan berakibat pula pada peningkatan jumlah sampah plastik. Sebagai informasi saja bahwa sampah plastik di Indonesia setiap tahun bisa mencapai 10 kg per kapita. Tentunya kita bisa membayangkan seberapa banyak sampah plastik yang terkumpul setiap tahunnya.

Plastik merupakan salah satu bahan yang sangat sulit terurai di dalam tanah. Untuk bisa menyatu dan terurai di dalam tanah, tentunya membutuhkan waktu yang sangat lama. Disamping itu, perlakuan sampah plastik yang tidak benar juga mengakibatkan terjadinya permasalahan baru, seperti adanya pencemaran lingkungan. Ketika kita membuang sampah plastik di tempat pembuangan akhir atau TPA, maka hal tersebut bukanlah solusi jitu dan bijak di dalam mengelola sampah plastik. Banyaknya pemulung plastik yang mengais rejeki di tempat pembuangan akhir tentunya harus mendapatkan apresiasi yang tinggi karena sedikit banyak pastinya akan mengurangi jumlah sampah plastik.

Baca Juga:   Manfaat Daur Ulang Plastik Secara Umum

Proses pemanfaatan sampah plastik haruslah Diatur sedemikian rupa mulai dari lingkungan hidup terkecil yaitu lingkungan keluarga sampai dengan lingkungan Kawasan kota yang bisa diatur pengelolaannya oleh pemerintah setempat. Supaya kita lebih mudah di dalam mengelola sampah plastik, maka kita harus memahami terlebih dahulu mengenai berbagai macam jenis plastik, apa saja kandungan material yang ada di dalamnya, sampai dengan efek negatif dari plastik terhadap lingkungan apabila proses pengelolaannya tidak benar.

Berbagai macam jenis plastik yang banyak beredar di Indonesia adalah PETE atau PET yang sering dikenal dengan istilah polyethylene therephthalate. Jenis plastik ini memiliki sifat murah harganya, ringan bobotnya serta mudah di dalam pembentukannya. Penggunaan jenis plastik ini biasanya diterapkan pada berbagai macam jenis botol minuman ringan, plastik tahan microwave pada tempat makanan.

Jenis plastik berikutnya adalah HDPE atau high density polyethylene.jenis plastik yang kedua ini Tentunya memiliki sifat lebih kuat namun rentan terkena korosi. Apabila dipakai sebagai bahan untuk membuat wadah makanan, maka resiko penyebaran kimia sangatlah kecil. Jenis plastik ini juga sering dipakai guna membuat tempat shampo, kantong sampah, tempat deterjen. Sifat dari jenis plastik hdpe adalah sangat mudah untuk didaur ulang.
Jenis plastik berikutnya adalah polivinil klorida atau PVC. Karakteristik dari plastik PVC ini adalah stabil serta mempunyai ketahanan yang cukup baik dari bahan kimia, sifat electric, cuaca serta aliran. Plastik pvc termasuk kedalam plastik yang sangat sulit untuk didaur ulang. Aplikasi dari jenis plastik pvc ini bisa kita temukan pada konstruksi bangunan dan pipa saluran air.

Jenis plastik yang selanjutnya adalah LDPE atau low density polyethylene.jenis plastik ini rata-rata digunakan untuk membuat tempat makanan serta botol-botol minuman yang memiliki sifat lembek.

Baca Juga:   Manfaat Kantong Plastik Yang Sangat Penting

Jenis plastik berikutnya adalah polypropylene atau PP. Sifat dari plastik ini adalah tahan terhadap bahan kimia, namun tidak tahan terhadap klorin, xylene dan bahan bakar. Jenis plastik ini memiliki sifat insulin yang sangat baik. Jenis plastik ini juga tentunya memiliki ketahanan terhadap air yang panas dan juga sterilisasi terhadap uap panas. Penggunaan dari jenis plastik ini biasanya ada pada komponen otomotif, karpet serta tempat makanan.

Selanjutnya, jenis plastik yang terakhir adalah polystyrene atau PS. Jenis plastik ini memiliki sifat yang kaku serta memiliki kestabilan dimensi yang cukup baik. Penggunaan dari jenis plastik ini adalah sebagai plastik kemasan, tempat makanan sekali pakai, peralatan medis, mainan dan lain sebagainya

Manfaat sampah plastik di kehidupan sehari-hari

Di dalam kehidupan sehari-hari, sampah plastik bisa digunakan sebagai sumber energi. Hal tersebut tentunya dilatarbelakangi dari kandungan energi yang terkandung di dalam bahan plastik sangatlah tinggi, maka apabila kita mampu berkreasi dengan sampah hastag, maka hal tersebut merupakan sebuah prospek yang sangat baik di masa yang akan datang.Apabila kita mampu memanfaatkan sampah plastik dan hidupan sehari-hari sebaik mungkin, maka kita akan mendapatkan 2 keuntungan. Keuntungan yang pertama adalah permasalahan sampah plastik yang bisa ditekan dan keuntungan yang kedua adalah kita bisa menghasilkan energi yang nantinya bisa kita manfaatkan untuk mengurangi adanya ketergantungan energi dari sumber energi konvensional yang lainnya.

Ada sejumlah teknologi yang dapat dipakai guna mengkonversi adanya sampah plastik menjadi bahan bakar, diantaranya adalah:

1. Plastik dikonversi ke bahan bakar padat

Dalam proses ini, plastik akan dicacah yang nantinya akan dibuat menjadi bahan bakar briket. Bahan bakar BRIKET adalah salah satu bahan bakar yang bisa digunakan sebagai bahan bakar di tungku tungku industri

Baca Juga:   Manfaat Limbah Plastik Yang Belum Banyak Diketahui

2. Plastik dikonversi ke bahan bakar cair

Prinsip pirolisis bisa diterapkan untuk konversi sampah plastik ke bahan bakar cair. Proses ini akan memanaskan sampah plastik di suhu kurang lebih 500 derajat Celcius yang mana akan mengubah fase sampah plastik menjadi gas. Selanjutnya, sampah plastik akan mengalami proses perengkahan. Setelah proses perengkahan selesai, maka proses pendinginan akan kembali dilakukan dan kita akan memperoleh bahan bakar cair yang mana bahan bakar tersebut setara kualitasnya dengan solar maupun bensin.

3. Plastik dikonversi ke bahan bakar gas

Teknologi yang diterapkan untuk konversi plastik ke bahan bakar gas adalah teknologi gasifikasi. Proses ini akan memanaskan sampah plastik dengan suhu yang sangat tinggi sampai dengan 900 derajat Celsius. Konsep kerjanya memakai prinsip oksida parsial. Nantinya, proses ini akan menghasilkan gas hidrokarbon yang bisa digunakan untuk kepentingan industri.

Dengan melihat berbagai macam manfaat sampah plastik di kehidupan sehari-hari, maka sudah selayaknya kita tidak mempermasalahkan lagi mengenai sampah plastik yang cukup rumit dan juga susah untuk didaur ulang. Dengan teknologi yang sudah dimiliki oleh masyarakat Indonesia, maka daur ulang sampah bisa dilakukan dengan cukup mudah dan menghasilkan berbagai macam produk yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Langkah terakhir tentunya cukup mendorong pemerintah guna memaksimalkan penerapan dari teknologi daur ulang sampah plastik proses pengolahan sampah plastik bisa lebih tersentral dan lebih maksimal. Terimakasih atas kunjungan anda Semoga bermanfaat

Artikel menarik lainnya

Manfaat Daur Ulang Plastik Secara Umum

Manfaat Daur Ulang Plastik Secara Umum

Manfaat daur ulang plastik secara umum memang sangat penting untuk kita pelajari bersama. Namun, sebelum …

2 Komentar

  1. Memang plastik, sudah menjadi nomor satu dalam kebutuhan sehari-hari. contohnya dalam pembungkusan barang, baik itu berupa sayur, ikan segar dan maupun lainnya. Sehingga kita bingung dalam mengatasinnya, namun dengan adanya bakat serta ilmu kita dapat merubahnya menjadi yang bermanfaat dari limbah plastik tersebut. Contohnya pada ketiga artikel yang diatas

  2. Betul tu gan, dari pemanfaatan plastik kita bisa jadikan kreasi seni, contohnya seperti tempelan bermagnet yang biasa ditempel pada pintu mesin pendingin kulkas,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *