Home / Elektronika / Materi Dasar Fisika Medan Magnet

Materi Dasar Fisika Medan Magnet

Materi fisika merupakan materi yang cukup menarik untuk dipelajari. Salah satu yang cukup menarik adalah materi dasar fisika medan magnet. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap logam serta kutub magnet yang berlawanan apabila didekatkan pada sebuah magnet akan terkena gaya tarik pada magnet tersebut. Hal tersebut dikarenakan pada logam maupun kutub magnet yang berlawanan berada di wilayah medan magnet dari logam yang ada di dekatnya.

Materi Dasar Fisika Medan Magnet

Pengertian dari medan magnet

Pantas, apakah definisi atau pengertian medan magnet? Medan magnet merupakan sebuah wilayah maupun area dimana gaya magnet pada sebuah magnet masih memiliki pengaruh terhadap sebuah benda yang ada di sekelilingnya. Oleh sebab itu, ketika kita mendekatkan sebuah benda logam tertentu di wilayah medan magnet, maka tentunya logam tersebut akan bisa tertarik oleh magnet tersebut. Sementara itu, ketika kita menempatkan logam diluar wilayah dari medan magnet, maka tentunya logam tersebut tidak akan bisa ditarik oleh magnet. Lokasi dari medan magnet yang sangat kuat adalah di sekitar kutub-kutub magnet.

Baca Juga:   Cara Menyolder HP Untuk Proses Perbaikan

Cara mengetahui medan magnet dengan serbuk besi

Apabila kita ingin mengetahui apakah di sekitar magnet ada medan magnet, kita bisa membuktikannya dengan cara menggunakan serbuk besi. Silakan anda letakkan sejumlah serbuk besi di sekitar magnet tersebut. Apabila serbuk besi tersebut tertarik dengan cukup rapat, maka hal tersebut berarti bahwa di wilayah tersebut terdapat medan magnet yang cukup kuat. Begitu juga sebaliknya, apabila serbuk besi bisa tertarik namun tidak begitu rapat, maka hal tersebut mengindikasikan bahwa di sekitar wilayah tersebut terdapat medan magnet, namun tidak terlalu kuat.

Pengertian dari garis gaya magnet

Setelah kita memahami pengertian tentang medan magnet, mari kita lanjutkan membahas mengenai pengertian garis gaya magnet. Yang disebut dengan garis gaya magnet yakni kumpulan dari garis garis khayal yang berguna untuk menunjukkan adanya pola garis-garis lengkung yang dibentuk di wilayah sekitar magnet. Pola dari garis tersebut adalah pola garisdari medan magnetik yang dikenal dengan garis gaya magnetik.

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Listrik Seri Sederhana

Adanya garis gaya magnetik bentuknya selalu diawali dari kutub utaradan selalu menuju ke kutub selatan magnet. Hal tersebut juga akan berlaku ketika dua buah magnet yang memiliki foto berlawanan didekatkan di mana arah dari garis gaya magnet tersebut tetap akan diawali dari kutub utara menuju ke kutub selatan dari magnet.

Sekian ulasan singkat pada kesempatan kali ini tentang materi dasar fisika medan magnet yang membahas tentang definisi dan pengertian dari medan magnet, langkah bagaimana cara kita mengetahui bahwa di sekitar magnet terdapat medan magnet beserta pembahasan tentang garis gaya magnet. Semoga, materi dasar tentang elektro magnet tersebut diatas bisa berguna dan bermanfaat untuk anda terutama yang sekarang ini sedang memperdalam wawasan tentang elektromagnetik. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester

Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester Paling Mudah

Bagi yang sudah Mahir di dunia elektronika maupun kelistrikan tentu tidak akan memiliki masalah tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *