Home / Elektronika / Materi Fisika Medan Magnet

Materi Fisika Medan Magnet

Di mata pelajaran Fisika, baik di tingkat SMA maupun SMK tentunya membahas materi fisika medan magnet. Materi fisika medan magnet merupakan materi dasar yang membahas tentang kelistrikan dan juga tentang magnet. Dengan adanya pembahasan tentang materi medan magnet ini, maka diharapkan anda akan lebih paham tentang Magnet Magnet yang diciptakan baik itu menggunakan teknik manualmenggunakan listrik.

Materi Fisika Medan Magnet

Pengertian medan magnet

Materi tentang medan magnet yang pertama adalah membahas tentang pengertian dari medan magnet. Medan magnet bisa diartikan sebagai sebuah wilayah yang berada di sekitar magnet. Magnet itu sendiri terdiri dari dua buah kutub yaitu kutub selatan dan kutub utara. Apabila sebuah magnet dibagi atau dipotong menjadi beberapa bagian sampai dengan bagian yang sangat kecil, maka tetap potongan-potongan dari magnet tersebut akan memiliki dua buah kutub yaitu kutub selatan dan kutub utara. Magnet juga tentunya digunakan pada beberapa peralatan, misalnya adalah pada jarum kompas yang berguna sebagai alat untukarah dan bisa juga dihubungkan dengan kumparan solenoida.

Sejarah magnet

Asal kata dari magnet atau magnit adalah dari bahasa Yunani, yakni magnitis lithos yang artinya adalah batu magnesian. Sementara itu, Agnesia merupakan sebuah nama wilayah yang berada di negara Yunani di masa lalu yang sekarang ini memiliki nama Manisa dan sekarang ini berada di wilayah tropis. Di wilayah tersebut terdapat cukup banyak batu magnet di jaman dahulu kala.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Freezer Yang Tidak Dingin

Sebenarnya, magnet telah ditemukan sejak tahun 2500 sebelum masehi. Cleopatra yang merupakan ratu Mesir juga merupakan orang yang pertama kali memakai magnet guna menjaga kesehatannya. Ratu Cleopatra tidur pada batu yang mengandung magnetguna menjaga supaya selalu kelihatan cantik dan awet muda.

Disamping itu, magnet juga sudah digunakan pada negara Cina pada tahun 2000 sebelum masehi. Magnet tersebut dipadukan dengan akupuntur dan juga reflexology. Seorang dokter yang berasal dari Inggris dan juga Dr William Gilbert telah melakukan sebuah penelitian tentang magnetisme dan elektrik. Mereka membuat satu buah buku yang membahas tentang terapi magnetik yang dikenal dengan istilah “De magnet”. Pekerjaan yang mereka lakukan ternyata juga masih dipakai sebagai pedoman dan perawatan magnet Sampai dengan saat ini.

Ditambah lagi oleh Hans Christian oersted di tahun 1777 yang mana beliau berasal dari Kopenhagen adalahorang yang pertama kalinya mampu menemukan jarum yang dipakai sebagai alat penunjuk arah alias Kompas serta relasi magnet dengan adanya arus listrik.

Pembahasan tentang magnet

Disebabkan karena magnet bisa dihubungkan dengan arus listrik dan tentunya bisa dilakukan sebuah penelitian guna mengetahui arah dari medan magnet, Yakni dengan menggunakan kaidah tangan kanan. Kaidah tangan kanan itu sendiri merupakan sebuah kaidah perumpamaan pada arah arus listrik dan arah medan magnet. Penjelasan bagaimana cara membaca kaidah tangan kanan adalah sebagai berikut:

  1. Jempol atau ibu jari adalah arah dari arus listrik yang melewati penghantar berupa kawat
  2. Jari tangan kanan yang berjumlah 4 merupakan arah dari medan magnet
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Medan Magnet

Materi tentang medan magnet

Materi yang akan kita bahas selanjutnya pada materi fisika medan magnet adalah tentang rumus perhitungan medan magnet. Kita awali dulu dari satuan-satuan yang sering digunakan pada perhitungan medan magnet, yakni B Merupakan medan magnet dengan satuan Tesla, K merupakan konstanta atau ketetapan, yakni 2*10-7, A sama dengan R yakni jarak dengan satuan meter, serta I yang merupakan Arus listrik dengan satuan Ampere.

Penyusun medan magnet

Penyusun dari medan magnet tersebut terdiri atas tiga macam, yakni:

1. Diamagnetik

Diamagnetik merupakan sebuah bahan resultan atom maupun molekul yakni 0, namun medan magnet yang diakibatkan oleh orbit maupun putaran tidaklah 0. Apabila diberi magnet yang berasal dari luar, maka sejumlah elektron akan mengubah arah geraknya sehingga memiliki arah berlawanan dengan medan magnet luar tersebut.

Sebuah medan magnet apabila dihubungkan dengan bagian selonoida Maka akan muncul induksi magnet yang keluar sehingga sejumlah bahan tersebut tidak bisa ditarik oleh magnet. Contohnya adalah bismut, logam emas dan juga logam perak.

2. Paramagnetik

Paramagnetik merupakan sebuah bahan resultan atom maupun molekulno., namun proses pembentukan dari sejumlah atom molekulnya juga 0. Apabila medan magnet dihubungkan dengan magnet yang berasal dari luar, maka molekul maupun atom akan selalu berusaha untuk bisa searah dengan medan magnet yang berasal dari luar tersebut. Namun, apabila bahan tersebut dihubungkan dengan selenoida maka akan menghasilkan sebuah induksi magnet yang lebih besar dimana disebabkan Mu >> Mu0.

Baca Juga:   Sistem Kerja GPS Sebenarnya Sederhana

Mu merupakan permeabilitas, sementara Mu0 merupakan ruang hampa magnet yang vakum. Contohnya adalah magnesium atau Mg.

3. Feromagnetik

Feromagnetik merupakan resultan atau bahan atom serta molekul yang cukup besar apabila diberi magnet yang berasal dari luar sehingga sejumlah elektron akan selalu searah dengan magnet luar tersebut serta memiliki sifat kemagnetan yang cukup tinggi dan cukuplah besar. Feromagnetik tentunya bisa dipakai sebagai salah satu sumber magnet permanen dan apabila dihubungkan dengan selenoida akan memiliki induksi magnet yang cukup besar hal tersebut disebabkan karena Mu >> Mu0.

Sekian penjabaran singkat tentang materi fisika medan magnet dasar yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, pembahasan tentang pengertian medan magnet, sejarah magnet, serta materi tentang medan magnet secara umum diatas bisa berguna dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat beraktivitas sampai Salam sukses untuk anda.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi Utama Kapasitor

Fungsi Utama Kapasitor Secara Lengkap

Apakah anda memahami fungsi utama kapasitor? Bagi Anda yang terjun di dunia elektronika baik sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *