Home / Hardware / Keyboard / Mengenal Fungsi Tombol History dan Cara Menghapusnya

Mengenal Fungsi Tombol History dan Cara Menghapusnya

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenal tentang fungsi tombol history dan cara menghapusnya. Istilah tombol history sebenarnya tidak terlalu terkenal karena setiap pengguna komputer lebih cenderung mengenal dengan istilah history saja. Mengapa disebut sebagai sebuah tombol history karena pada software browser juga disediakan tombol yang bisa diklik untuk masuk ke dalam menu history.

Mengenal Fungsi Tombol History dan Cara Menghapusnya

Mengenal Fungsi Tombol History

History pada sebuah software browser merupakan salah satu fasilitas yang berguna mencatat sekaligus menyimpan sejumlah data riwayat penggunaan serta penelusuran internet yang kita lakukan. Tentunya, history akan memiliki manfaat yang sangat baik ketika kita hendak mengunjungi lagi beberapa situs yang sebelumnya pernah kita kunjungi. Disamping itu, fasilitas history juga dapat kita gunakan guna melakukan pelacakan website apa saja yang pernah dijelajahi apabila komputer kita digunakan oleh orang lain.

History juga memiliki kegunaan lain yaitu akan mempermudah kita di dalam mendapatkan sebuah informasi jika informasi tersebut terdapat pada sebuah website yang sebelumnya pernah dikunjungi oleh kita. Akan tetapi, kita sudah lupa alamat dari website tersebut. Dan tentunya kita juga tidak melakukan bookmark pada alamat website tersebut. Oleh sebab itu, maka kita bisa memfungsikan tombol history untuk melakukan pencarian alamat website tersebut.

History pada sebuah web browser bisa kita dapatkan pada bagian address bar. Dengan memanfaatkan address bar pada software web browser, maka history dapat dijadikan sebagai acuan pada saat kita hendak membuka alamat website kembali. Cukup dengan mengetikkan huruf awal pada alamat website yang pernah dikunjungi, maka secara otomatis history akan memunculkan sejumlah pilihan tentang alamat alamat website yang tersimpan pada history. Sebagai contohnya, misalkan Anda mengetik huruf “G”, makanannya history web browser akan memunculkan sejumlah situs yang alamatnya diawali dengan huruf “G” tersebut.

Baca Juga:   Fungsi Tombol Backspace Ternyata Tidak Hanya Untuk Mengapus

Dengan memanfaatkan fungsi tombol history pada web browser, maka tentunya akan sangat menghemat tenaga dan waktu serta tentunya kita bisa lebih leluasa untuk memilih website mana saja yang diinginkan tanpa diharuskan untuk mengetikkan keseluruhan alamat secara lengkap. Untuk Anda yang bekerja menggunakan software Browser yang diinstal pada Microsoft Windows, maka kita dapat melakukan pengaturan Berapa lama history pada web browser bisa disimpan. Apabila kita sudah ingin menghapus catatan-catatan history pada web browser, maka tentunya bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Cara menghapus history di Internet Explorer

  1. Langkah pertama, silakan Anda buka software Internet Explorer
  2. Langkah berikutnya, silahkan anda klik menu tools, kemudian silahkan anda klik menu Internet Explorer
  3. Pada bagian selanjutnya, software Internet Explorer akan memunculkan sebuah jendela internet options. Pada jendela tersebut, silahkan anda klik pada bagian tab general, di mana Pada bab tersebut kita akan menemukan menu untuk pengaturan history.
  4. Silakan Anda atur lama software Internet Explorer di dalam menyimpan history. Apabila Anda ingin menghapus seluruh data history, maka silahkan anda klik pada bagian tombol Clear history.

Cara menghapus history di Mozilla Firefox

  1. Langkah pertama, yang akan anda buka software Mozilla Firefox
  2. Langkah berikutnya, silakan Anda klik menu tools, kemudian pilih menu option
  3. Pada tahap berikutnya, jendela option akan dimunculkan, silakan Anda klik pada tab privacy.
  4. Ketika kita ingin menghapus history dari browser Mozilla Firefox, silakan Anda klik pada tombol “Clear now” yang berada pada jendela private data.
Baca Juga:   Fungsi Tombol ENTER Pada Keyboard

Lalu bagaimana caranya apabila default software web browser kita adalah Internet Explorer, akan tetapi kita ingin memakai Mozilla Firefox untuk melakukan penghapusan history? Berikut ini adalah langkah-langkahnya

  1. Tangan pertama, silakan Anda buka web browser, baik itu Mozilla Firefox ataupun Internet Explorer
  2. Silahkan anda tekan kombinasi tombol CTRL + H yang berfungsi untuk menampilkan jendela history
  3. Pada tahap tersebut, maka jendela history akan muncul pada bagian sebelah kiri
  4. Lakukan pemilihan alamat website yang hendak dihapus, kemudian lanjutkan menghapus alamat tersebut dengan menekan tombol delete di keyboard

Pada software browser Internet Explorer, anda tidak hanya dapat melihat sejumlah history pada saat Anda terkoneksi dengan internet saja, akan tetapi anda juga dapat melihat history Ketika anda sedang browsing menggunakan komputer lokal, misalnya pada saat Anda bekerja di localhost.

Ketika kita sudah mengetahui fungsi serta langkah pemakaian dari history di software web browser, maka tentunya kita bisa melakukan Pelacakan pada sejumlah aktivitas yang dilakukan di komputer kita. Apalagi jika komputer yang kita miliki digunakan oleh banyak orang, maka tentunya data-data history pada software web browser sangatlah penting untuk dihapus karena menyangkut data pribadi serta privasi masing-masing.

Langkah menghapus history pencarian atau Search history

History pencarian atau Search history merupakan sebuah data yang tersimpan ketika kita pernah melakukan pencarian data di mesin pencari, misalnya adalah Google. History pencarian tersebut dapat kita temukan dengan cara memakai tombol panah kebawah yang berada di keyboard di halaman utama kotak pencarian Google.

Baca Juga:   Fungsi Tombol HOME Pada Keyboard

History pencarian tersebut masuk ke dalam kategori history home information apabila kita memakai software browser Mozilla Firefox. Tentunya, data historis semacam itu dapat kita temukan pada saat kita mengakses halaman website yang didalamnya digunakan form atau textbox untuk menginput data. Tentunya data-data yang diinfo tersebut sangatlah privasi sehingga harus dijaga apabila komputer yang dipakai adalah komputer bersama. Data-data semacam itu haruslah diamankan sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain karena tentunya sangat membahayakan bagi pemilik data tersebut.

Untuk menghapus data pencarian atau Search history bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, silakan Anda buka software Mozilla Firefox
  2. Angka berikutnya, silakan Anda pilih menu tools, kemudian lanjutkan dengan memilih menu options
  3. Pada tahap selanjutnya, silahkan anda klik tab privacy pada jendela option
  4. Pada bab privacy tersebut, silahkan anda Klik tombol clear now. Pada dialog box yang disediakan, silakan Anda memilih saved form and Search history, lalu lanjutkan dengan klik di tombol “clear private data now”.

Demikianlah ulasan singkat mengenai fungsi tombol history pada web browser sekaligus tahapan demi tahapan Bagaimana cara menghapus history yang tersimpan pada web browser sehingga penjelajahan yang kita lakukan bisa lebih aman dan tidak diketahui oleh orang lain. Mudah-mudahan, artikel singkat Pada kesempatan kali ini mampu memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan baru bagi anda sekalian. Terima kasih dan semoga data-data penting anda selalu terjaga.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai fungsi tombol Insert pada keyboard. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *