Home / Elektronika / Pengertian Induksi Medan Magnet dan Contoh Soal

Pengertian Induksi Medan Magnet dan Contoh Soal

Apa kabar sahabat inanesia.com? Semoga saja anda selalu dalam kondisi sehat wal afiat. Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas pengertian induksi medan magnet beserta beberapa contoh soal yang sering kali keluar pada mata pelajaran di sekolah, khususnya adalah mata pelajaran Fisika.

Namun, perlu babura Medan magnetik berupa sebuah ruang yang berada pada sekitar magnet di mana lokasi dari benda lain bisa dipengaruhi oleh gaya magnet tersebut. Sebuah medan magnet yang ditimbulkan oleh kondisi dari arus listrik dikenal dengan istilah medan magnet induksi.

Untuk mempermudah anda di dalam memahami medan magnet, maka anda bisa melihat representasi dari medan magnet yang memakai garis-garis magnet seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini:

Pengertian Induksi Medan Magnet dan Contoh Soal

Baiklah, Mari kita Lanjutkan pembahasan tentang pengertian induksi medan magnet beserta beberapa contoh soal yang sering digunakan pada saat pelaksanaan tes maupun ujian pada mata pelajaran Fisika ataupun mata pelajaran yang lainnya.

Apabila kita lihat pada gambar di atas bahwa sejumlah garis gaya magnet akan selalu keluar dari bagian kutub utara magnet kemudian akan masuk kembali ke bagian kutub selatan magnet. Di sisi yang lain, pada bagian batang magnet, sejumlah garis gaya magnet mempunyai arah yang berasal dari kutub selatan magnet menuju ke kutub utara magnet. Sejumlah garis tersebut tentunya tidak akan mengalami perpotongan. Kerapatan yang dimiliki oleh sejumlah garis gaya magnet digunakan untuk menunjukkan seberapa kuat medan magnet tersebut.

Baca Juga:   Cara Kerja Sistem Pendingin AC Secara Umum

Apabila dua buah kutub yang berbeda jenis saling dihadapkan maka akan mendapatkan garis-garis gaya magnet yang akan saling berhubungan. Begitu pula sebaliknya, Apabila ada dua buah kutub yang sama dan saling dihadapkan, maka akan didapat garis-garis gaya magnet yang nantinya menekan dan saling berpengaruh dan saling menjauhi.

Adanya kutub-kutub yang berlainan atau berbeda jenis yaitu kutub selatan dan kutub utara jika didekatkan maka akan memiliki sifat tarik-menarik. Sementara itu, kutub-kutub yang sama ataupun sejenis yaitu kutub selatan dengan kutub selatan atau Kutub Utara dengan kutub utara jika didekatkan akan memiliki sifat tolak menolak.

Kondisi seperti itu bisa dirumuskan sebagai berikut:

B = m0 i / 2p a

Penjelasannya adalah B merupakan besarnya induksi magnetik pada titik yang diamati, diukur dalam satuan Tesl. Sementara itu, nilai dari m0 adalah 4p ×10−7 wba-1 m-1, Di mana I adalah kuat dari arus listrik dalam satuan Ampere dan A adalah Jarak titik pada kawat dalam satuan meter.

Medan magnet itu sendiri di dalam satuan Internasional satuan Tesla. Medan magnet bisa pula direpresentasikan dalam satuan newton ampere meter. Dan dilambangkan dengan N/Am. Bisa pula menggunakan satuan Weber per m2 yang disingkat dengan Wb/m2. Adapun kaitan di antara satuan di atas yaitu 1 T = 1 N Atau bisa pula Am = 1 WB per m2. Terdapat pula satuan lain yang bisa digunakan untuk menyatakan besarnya medan magnet, akan tetapi bukan merupakan satuan internasional, yaitu Gaus atau disingkat dengan G. Kaitan antara Gauss dengan Tesla yaitu 1 G =10-4 T.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Charger HP Yang Putus

Contoh dari soal tentang induksi medan magnet

Apabila sebuah kawat dilewati oleh arus listrik dengan nilai 2 ampere, silakan Anda Tentukan besarnya dari medan magnet di titik yang memiliki jarak 5 cm pada kawat tersebut. Tentukan pula Berapa besar besar medan magnet di titik yang memiliki jarak 10 cm dari kawat tersebut.

Pembahasan:

Diketahui bahwa nilai arus listrik atau I adalah 2 ampere. Besar dari medan magnet pada jarak a yaitu 5 cm sehingga = 5 * 10-2 yakni:

B = m0 i / 2p a

B = (4p ×10−7 wba-1m-1 x 2 A) / (2p ×5 x10−2 m)

B = 8 x 10-6T

Sementara itu, besarnya medan magnet dengan jarak 10 cm dari kawat yaitu

B = m0 i / 2p a

Jarak 10 cm tentunya sama dengan 2 kali dari a = 5cm. Sementara nilai dari medan magnet berbanding terbalik dengan jarak. Sehingga Nilai B adalah setengah kalinya.

B = m0 i / [2p a (10cm/5cm)]

B = 8 x 10-6T / 2

B = 4 x 10-6T

Membutuhkan proses pelatihan dan pemahaman tentang pengertian induksi medan magnet untuk bisa mengerjakan sejumlah contoh soal tentang induksi medan magnet. Namun, dengan latihan secara kontinyu dan berkesinambungan maka materi tentang induksi medan magnet Tidaklah terlalu sulit untuk dipahami dan dipelajari. Mudah-mudahan, penjelasan singkat pada posting di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi pengunjung sekalian. Akhir kata-kata Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Baca Juga:   Skema Rangkaian TV China Ukuran 14 Inchi Sampai 21 Inchi

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led Dengan Sangat Mudah

Rata-rata, pemakaian dari lampu LED tersebut disuplai dari tegangan yang melewati titik kerja dari tegangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *