Home / Umum / Kode Etik / Pengertian Kode Etik Humas Secara Khusus

Pengertian Kode Etik Humas Secara Khusus

Pengertian kode etik humas secara umum tentunya perlu dipahami dan dipelajari oleh setiap masyarakat Indonesia supaya mereka mengetahui apa saja pedoman yang digunakan oleh bagian humas di dalam menjalankan profesinya. Kode etik profesi itu sendiri adalah sebuah tatanan pada etika yang sebelumnya sudah disepakati oleh sebuah kelompok. Adapun tujuan dari kode etik adalah supaya setiap profesional bisa memberikan jasa dengan sebaik-baiknya kepada pengguna jasa tersebut.

Pengertian Kode Etik Humas Secara Khusus

Secara umum, kode etik mempunyai dua buah fungsi, yaitu sebagai pengembangan dan perlindungan untuk sebuah profesi. Dari fungsi tersebut, tentunya sama seperti yang sudah dijabarkan oleh Gibson dan Michel pada tahun 1945 di mana mereka lebih mengutamakan kode etik sebagai pedoman di dalam melaksanakan tugas sekaligus pedoman untuk masyarakat sebagai bagian dari profesional.

Fungsi Kode Etik Humas

Pada sisi yang lain, berdasarkan pendapat dari Biggs dan Blocher pada tahun 1986 mengemukakan ada tiga fungsi dari kode etik, yakni:

1. Berfungsi untuk melindungi sebuah profesi dari adanya campur tangan pemerintah

Dengan diterapkannya kode etik, apalagi jika diterapkan dengan tujuan untuk mengatur komunikasi antara pihak eksternal atau pemerintah dengan praktisi akan mendapatkan sebuah kejelasan mengenai apa yang tidak boleh dikerjakan dan apa yang boleh dikerjakan.

Baca Juga:   Pelajari Pengertian Kode Etik Psikologi Secara Utuh

2. Berfungsi untuk mencegah pada sebuah profesi dari adanya pertentangan internal

Penerapan dari kode etik humas tentu bisa menjelaskan mengenai bagaimana langkah menjalin hubungan dengan rekan rekan sejawat, di mana Hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap individu dari anggota humas itu sendiri bisa bekerja secara maksimal dengan adanya motivasi yang sesuai tanpa ada ketidak sesuaian serta perasaan iri di dalam bekerja

3. Berfungsi untuk memberikan perlindungan kepada setiap praktisi dari sejumlah kekeliruan praktek pada pekerjaan

Kondisi tersebut tentunya erat kaitanya dengan hasil kerja yang dicapai oleh setiap praktisi pada sebuah profesi humas.

Pengertian Kode Etik Humas Secara Khusus

Dalam proses penerapannya, kode etik tentunya dilakukan berdasarkan pada sejumlah hal, misalnya adalah keseriusan dari organisasi maupun perusahaan pada saat melaksanakan kode etik yang masih berlaku pada setiap program yang sedang dijalankan. Tentunya, kesadaran para praktisi humas maupun profesional untuk dapat mengerjakan profesinya berdasarkan pada kode etik yang berlaku sangatlah dipentingkan.

Baca Juga:   9 Kode Etik Guru Dan Penjelasannya

Bagian lain yang tentunya tidak kalah pentingnya yaitu sebuah kebiasaan yang berasal dari dalam diri masing-masing pribadi untuk bisa hidup mentaati segala macam peraturan serta, berdasarkan moral yang baik ketika melaksanakan tanggung jawab dan tugasnya sebagai bagian dari praktisi humas maupun sebagai profesional humas.

Seorang yang berprofesi sebagai humas yang profesional merupakan seseorang yang memiliki kepribadian untuk bisa mampu memahami serta menerapkan segala macam kode etik maupun etika profesi sesuai dengan profesi yang diembannya yang nantinya bisa memiliki dampak untuk setiap jaringan profesinya serta bisa berdampak pula pada jaringan profesi maupun pada dirinya sendiri.in

Apa bila terdapat kemampuan di dalam melaksanakan profesinya berdasarkan dengan kode etik humas yang sudah ditetapkan, maka seorang humas tentunya akan lebih mengenali dan juga lebih dalam di dalam memahami motivasi serta pembenaran di balik sejumlah pekerjaan yang dia geluti.

Sementara itu, bagi bagian humas yang tidak bisa bekerja berdasarkan kode etik yang sudah ditetapkan bersama pastinya akan memperoleh penilaian yang negatif dari teman sejawatnya, bahkan bagian yang paling parah adalah mendapatkan penurunan pangkat dan tidak menutup kemungkinan bisa dikeluarkan dari tempat kerja.

Baca Juga:   Pahami Kode Etik Akuntan Yang Belum Banyak diKetahui

Untuk sejumlah perusahaan yang tidak bisa menjalankan kode etiknya, maka biasanya akan memperoleh Citra yang cukup negatif dari masyarakat umum dan ketika Citra tersebut berkembang maka tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan itu sendiri.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai pengertian kode etik humas secara khusus yang mana Pengertian tersebut bisa anda baca dan pelajari lebih seksama lagi supaya Anda bisa mendapatkan ilmunya dan bisa mengaplikasikannya di dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sanksi pelanggaran kode etik wajib untuk diperlakukan manakala terjadi pelanggaran kode etik. Hal tersebut memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *