Home / Umum / Kode Etik / Pengertian Kode Etik Menurut Para Ahli

Pengertian Kode Etik Menurut Para Ahli

Pengertian kode etik menurut para ahli sebagai adat kebiasaan, aturan perilaku yang dilakukan oleh manusia pada saat bergaul dengan sesama serta menguatkan mana yang buruk dan mana yang benar. Kalimat etika atau yang lebih lazim juga dikenal dengan sebutan etik memiliki asal kata yakni ethos yang berasal dari bahasa Yunani yang memiliki makna nilai-nilai, norma-norma, ukuran-ukuran, serta kaidah-kaidah untuk setiap tingkah laku yang dilakukan oleh manusia yang baik.

Pengertian Kode Etik Menurut Para Ahli

Pengertian Kode Etik Menurut Para Ahli

Lantas, apa saja pengertian kode etik menurut para ahli yang sekarang ini masih diakui kebenarannya masih banyak diaplikasikan oleh masyarakat umum? Berikut ini adalah penjabaran mengenai Siapa saja yang mengemukakan pengertian kode etik menurut para ahli yang tentunya cukup terkenal.

  1. O.P. SIMORANGKIR menyampaikan bahwa etik atau etika merupakan pandangan dari manusia di dalam berperilaku berdasarkan ukuran serta nilai yang baik
  2. Sidi Gajalba di dalam sistematika filsafat menyampaikan bahwa etika merupakan sebuah teori mengenai tingkah laku dari perbuatan manusia yang memiliki sudut pandang dari sisi yang buruk dan Sisi yang baik tentunya sejauh yang bisa ditentukan oleh akal pikiran manusia
  3. H. Burhanudin Salam memiliki pendapat bahwa etika merupakan salah satu cabang filsafat yang membicarakan tentang norma dan nilai moral yang bisa menentukan perilaku Setiap manusia di dalam kehidupan
Baca Juga:   Kode Etik Keperawatan Menurut PPNI

Etika juga memiliki istilah lain yang lebih identik, diantaranya adalah:

  1. Akhlak yang berasal dari bahasa Arab dan memiliki arti moral. Sementara itu etika memiliki arti ilmu akhlak
  2. Susila yang berasal dari bahasa Sansekerta memiliki makna yang lebih menunjukkan pada sejumlah dasar maupun sejumlah prinsip didalam aturan hidup/ sila yang tentunya lebih baik/su.

Filsuf Aristoteles di dalam bukunya yang berjudul etika nikomacheia memiliki penjelasan mengenai etika, yakni sebagai berikut:

  1. Terminius Techicus yang mana, membahas pengertian dari etika yaitu etika merupakan sesuatu yang dipelajari dan ditujukan untuk ilmu pengetahuan di mana mempelajari sejumlah masalah tentang tindakan ataupun perbuatan manusia
  2. Manner dan Custom di mana memiliki pembahasan mengenai etika yang berhubungan dengan kebiasaan atau adat serta tata cara yang sudah melekat di dalam kodrat manusia atau sering disebut dengan istilah In herent in human nature yang tentunya saling berhubungan dengan adanya pengertian buruk dan baik pada sebuah tingkah laku maupun perbuatan manusia itu sendiri

Dari sisi umum, kode etik pada sebuah profesi merupakan sumpah jabatan yang telah diucapkan oleh setiap pejabat di negara. Kode etik serta sumpah merupakan janji yang wajib untuk dipegang secara Teguh. Maksudnya adalah sudah tidak ada lagi toleransi kepada siapapun yang melanggar kode etik tersebut.

Baca Juga:   Contoh Pelanggaran Kode Etik Kedokteran

Tentunya, sangat dibenarkan apabila diperlukan sanksi keras kepada setiap pelanggaran kode etik dan sumpah janji dari profesi yang diembannya. Bahkan, ketika unsur-unsur mengenai tindakan perdata dan pidana sudah dipenuhi maka tentunya setiap pelanggar dari Sumpah dan kode etik tersebut wajib untuk diseret ke bangku pengadilan.

Sebagai masyarakat, kita wajib untuk mempunyai keberanian di dalam bersikap tegas kepada sejumlah penyalahgunaan profesi pada bidang Apapun juga. Kita tentunya dilarang untuk memiliki sikap tebang pilih atau diskriminatif pada saat menegakkan hukum yang ada di Indonesia.

Sumpah jabatan dan kode etik wajib untuk ditegakkan dengan sebenar-benarnya. Sebenarnya, tidak ada yang mempunyai kekebalan pada bidang hukum di profesi atau pekerjaan apapun juga. Harus dilakukan pemberantasan mengenai penyalahgunaan profesi dengan cara berlindung di balik kode etik profesi. Kita wajib untuk bisa mengakhiri adanya kecurangan di dalam praktek-praktek tertentu, salah satunya adalah kegiatan manipulatif yang dilakukan oleh sebagian masyarakat elite. Hal tersebut tentunya wajib untuk dikerjakan, jandanya negara Indonesia ingin menjadi sebuah negara dan bangsa yang memiliki martabat tinggi.

Baca Juga:   Wajib di pahami Pengertian Kode Etik

Salah satu contohnya adalah pada kode etik guru dimana setiap guru mempunyai kewajiban guna membimbing siswa atau peserta didik seutuhnya dan memiliki tujuan guna bisa membentuk manusia pembangunan yang berjiwa Pancasila. Kalimat tersebut merupakan salah satu kode etik guru yang paling utama. Istilah berbakti membimbing tentunya memiliki arti untuk bisa mengabdikan diri tanpa adanya pamrih serta tidak adanya pandang bolong dengan memberikan bantuan tanpa paksaan dan dilakukan secara manusiawi.

Istilah seutuhnya tentunya lahir secara fisik dan psikis, lahir dan batin untuk bisa menjadi guru dan harus memiliki upaya di dalam membentuk manusia-manusia pembangunan yang berjiwa Pancasila dan wajib dilakukan tanpa pamrih.

Itulah sejumlah penjelasan mengenai pengertian kode etik menurut para ahli yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Intinya, setelah kita memahami pengertian tentang kode etik dari sejumlah ahli maka kita bisa mencoba untuk selalu mengaplikasikan dan menerapkan kode etik yang sudah berlaku untuk seluruh profesi yang ada. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Kode Etik Kesehatan Masyarakat Secara Umum

Kode Etik Kesehatan Masyarakat Secara Umum

Kode etik yaitu sebuah pernyataan standar profesional yang dipakai untuk dijadikan sebagai pedoman berperilaku dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *