Home / Umum / Kode Etik / Pengertian Kode Etik Profesi

Pengertian Kode Etik Profesi

Pengertian kode etik profesi memang cukup jarang didengar karena istilah tersebut hanya digunakan pada instansi tertentu khususnya adalah pada perusahaan. Namun demikian, tentunya tidak ada salahnya ketika kita mempelajari pengertian mengenai kode etik profesi sehingga kita akan bisa lebih memahami kode etik profesi tersebut dan tentunya bisa berguna manakala kita nantinya bekerja di sebuah perusahaan yang menerapkan kode etik profesi.

Pengertian Kode Etik Profesi

Pengertian kode etik profesi

Apabila kita lihat secara umum bahwa kode memiliki arti simbol simbol atau tanda-tanda yang bisa berupa tulisan, kata-kata dan juga benda yang sebelumnya sudah disepakati untuk menunjukkan maksud maksud tertentu, sebagai contohnya adalah menjamin keputusan, menjamin suatu berita, maupun suatu kesepakatan pada sebuah organisasi. Arti kata kode yang lain juga yaitu kumpulan dari peraturan yang tersusun secara sistematis.

Selanjutnya, kata etik merupakan sebuah kata yang memiliki arti azas atau norma yang bisa diterima oleh suatu kalangan atau kelompok tertentu yang digunakan sebagai landasan dari tingkah laku sehari-hari ketika berada di masyarakat maupun berada di tempat kerja.

Baca Juga:   Kode Etik Mahasiswa Di Indonesia

Tujuan penerapan kode etik profesi

Setelah kita memahami pengertian kode etik profesi secara umum, maka Mari kita lanjutkan mempelajari mengenai tujuan-tujuan yang nantinya diharapkan bisa tercapai manakala kode etik profesi diterapkan oleh setiap Pekerja yang bekerja di sebuah perusahaan.

Tujuan dari penerapan kode etik profesi diantaranya adalah:

  1. Guna meningkatkan kualitas atau mutu pada organisasi profesi
  2. Guna meningkatkan kualitas atau mutu profesi
  3. Guna meningkatkan nilai pengabdian pada setiap anggota profesi yang ada didalamnya
  4. Guna memelihara serta menjaga kesehatan setiap anggota yang ada di dalamnya
  5. Guna menjunjung tinggi harkat dan martabat dari setiap profesi yang ada didalamnya
  6. Guna menentukan nilai standar yang dimiliki oleh pribadi masing-masing
  7. Memiliki organisasi profesional yang terjalin dengan arah dan kuat
  8. Guna meningkatkan proses pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat di atas kepentingan pribadi

Fungsi dari kode etik profesi

Bagian yang terakhir kita bahas pada posting kali ini adalah mengenai fungsi dari kode etik profesi. Runtuhnya, diciptakannya sebuah kode etik profesi memiliki fungsi yang cukup menarik untuk bisa didapat di sebuah perusahaan. Berikut ini adalah penjabaran dari beberapa fungsi kode etik profesi apabila diterapkan dengan cukup serius.

Baca Juga:   Kode Etik Psikologi Paling Utama

Fungsi kode etik profesi yaitu:

  1. Mampu dijadikan sebagai pedoman untuk seluruh anggota profesi mengenai prinsip prinsip profesionalitas yang sudah ditentukan sebelumnya
  2. Sebagai alat kontrol sosial untuk masyarakat tentang profesi yang berkaitan dengan pekerjaan yang sedang dilakoninya
  3. Bisa digunakan untuk mencegah adanya campur tangan dari sejumlah pihak luar terkait dengan adanya etika pada keanggotaan profesi. Tentunya, etika profesi amatlah sangat diperlukan di dalam segala macam bidang pekerjaan

Itulah penjabaran singkat mengenai pengertian kode etik profesi yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, setelah anda memahami pengertian kode etik profesi secara umum sama maka anda juga bisa memahami apa saja kode etik profesi yang berlaku pada masing-masing tempat kerja. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sanksi pelanggaran kode etik wajib untuk diperlakukan manakala terjadi pelanggaran kode etik. Hal tersebut memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *