Home / Elektronika / Penyebab Dan Cara Memperbaiki Lampu Emergency Mati

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Lampu Emergency Mati

Di kesempatan kali ini penulis akan mencoba membahas tentang penyebab dan cara memperbaiki lampu emergency mati. Yang dimaksud dengan lampu emergency di sini yaitu salah satu jenis lampu penerangan darurat yang seringkali dipakai ketika aliran listrik PLN mengalami pemadaman.

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Lampu Emergency Mati

Namun sebelumnya, Kita juga harus memahami terlebih dahulu jenis-jenis dari lampu emergency, diantaranya adalah:

  1. Lampu emergency yang memakai bohlam lampu pijar
  2. Lampu emergency jenis LED, di mana merupakan lampu penerangan darurat dengan lampu yang terdiri atas lampu LED dengan jumlah yang cukup banyak
  3. Lampu emergency neon atau TL, di mana lampu penerangan darurat dengan lampu terdiri atas lampu neon yang rata-rata memiliki warna putih.

Di zaman sekarang ini, jenis lampu emergency yang cukup banyak dipakai yaitu lampu emergency yang menggunakan lampu LED, karena lampu LED merupakan salah satu jenis lampu yang hemat energi serta lebih efisien Apabila dibandingkan dengan lampu emergency jenis yang lainnya.

Untuk keperluan perbaikan sebuah lampu emergency, tentunya kita wajib terlebih dahulu memahami apa saja yang ada didalamnya serta Bagaimanakah sistem kerja pada lampu emergency tersebut. Adapun beberapa bagian di lampu emergency diantaranya adalah:

  1. Rangkaian inverter yang hanya digunakan pada jenis lampu emergency yang memakai jenis lampu TL atau Neon
  2. Lampu neon, lampu TL atau lampu LED
  3. Saklar on dan off
  4. Rangkaian charger
  5. Baterai
Baca Juga:   Sistem Kerja AC Inverter Yang Wajib Anda Ketahui

Sistem kerja dari lampu emergency

Ketika lampu dihubungkan ke tegangan listrik 220 Volt, maka rangkaian charger nantinya akan bekerja untuk mengisi baterai sampai dengan full atau penuh, baik itu 6 Volt maupun 12 volt. Jika saklar pada kondisi on selama proses pengecasan, maka lampu akan otomatis mati, lamun jika listrik secara tiba-tiba Padam, maka secara otomatis lampu akan menyala. Dalam kondisi Baterai masih normal atau pun masih bagus, maka pada umumnya lampu emergency Bisa bertahan untuk menyala sekitar 2 jam.

Jenis kerusakan yang sering terjadi di lampu emergency

  1. Kerusakan yang terjadi pada baterai, ditandai dengan setelah dilakukan pengecasan secara penuh, namun ketika lampu dinyalakan tidak bisa bertahan cukup lama, atau setelah dilakukan pengecasan lama, Namun apabila diukur tegangan baterai tetap dalam kondisi drop. Langkah memperbaiki nya yaitu dengan cara mengganti baterai dengan yang baru.
  2. Kerusakan di bagian charger, tanda-tandanya yaitu ketika dihubungkan ke aliran listrik 220 Volt, lampu indikator pengecasan tidak menyala, dan ketika dilakukan pengukuran tegangan keluaran yang menuju ke baterai juga tidak ada. Langkah memperbaiki nya adalah dengan cara melakukan pengukuran cukup detail di sejumlah komponen pendukung, misalnya adalah transistor, resistor, kapasitor dan lain sebagainya.
  3. Kerusakan di bagian saklar, tandanya yaitu apabila saklar di on kan, maka lampu kadang kala nyala namun juga kadang kala tidak menyala. Namun rata-rata kerusakan pada saklar cukup jarang terjadi.
  4. Kerusakan di lampu, di mana pada kerusakan di lampu LED cukup jarang terjadi. Sementara itu untuk kerusakan di lampu neon atau TL ditandai pada bagian ujung neon rata-rata berubah menjadi berwarna hitam
  5. Kerusakan di bagian inverternya, ditandai jika baterai diukur tegangannya, maka dalam kondisi bagus, baik itu 6 Volt maupun 12 volt, Selain itu kondisi lampu juga bagus. Namun jika dinyalakan tidak dapat menyala. Langkah memperbaiki nya yaitu perlu adanya pengukuran dengan cukup detail di masing-masing komponen nya.
Baca Juga:   Cara Kerja Genset Yang Wajib Anda Pahami

Yang perlu digarisbawahi adalah letak kerusakan yang sangat sering terjadi pada lampu emergency adalah pada baterainya. Hal tersebut merupakan pengalaman pribadi di mana lampu emergency yang dimiliki oleh penulis seringkali rusak di bagian baterainya.

Demikianlah Uraian singkat mengenai penyebab dan cara memperbaiki lampu emergency mati yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Semoga saja, setelah anda membaca seluruh tutorial di atas, anda memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan dari lampu emergency. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Transistor Menggunakan Multimeter Digital Dan Analog

Cara Mengukur Transistor Menggunakan Multimeter Digital Dan Analog

Komponen transistor adalah salah satu jenis komponen elektronika yang bersifat aktif dan sangat sering dipakai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *