Home / Otomotif / Mobil / Penyebab Dan Cara Memperbaiki Speedometer Mobil

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Speedometer Mobil

Pada kesempatan yang baik ini, inanesia.com akan mencoba berbagi pengetahuan mengenai penyebab dan juga cara memperbaiki speedometer mobil yang mengalami kerusakan. Speedometer pada mobil yang mengalami kerusakan tentunya ditandai dengan tidak bergeraknya jarum penunjuk kecepatan sehingga kita tidak mengetahui seberapa cepat mobil yang sedang kita kendaraan melaju. Bisa dikatakan, informasi kondisi mobil ditampilkan oleh panel speedometer. Dengan adanya panel speedometer kita akan mengetahui berbagai macam faktor utama di dalam berkendara sehingga kegiatan berkendara kita menjadi lebih aman dan juga nyaman.

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Speedometer Mobil

Pada panel speedometer terdapat beberapa indikator, mulai dari lampu aki, lampu oli, jarum penunjuk kecepatan putar mesin, indikator kecepatan kendaraan melaju, informasi mengenai jarak yang sudah ditempuh oleh kendaraan, indikator pintu, lampu check mesin, indikator lampu jauh, indikator lampu seat belt, lampu indikator rem dan lampu indikator temperatur mesin.

Berbagai macam kondisi serta hal tertentu bisa menyebabkan masalah pada speedometer mobil. Berbagai macam penyebab dan masalah itulah yang akan kita bahas Pada kesempatan kali ini Sehingga nantinya Anda bisa mencoba untuk memperbaiki speedometer mobil sendiri tanpa harus membawa ke bengkel. Dengan demikian, selain Anda mendapatkan tambahan ilmu dan pengetahuan mengenai speedometer mobil, anda juga bisa berhemat karena proses perbaikan bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke bengkel mobil.

Penyebab speedometer mobil mengalami kerusakan atau tidak jalan:

1. Kelistrikan pada mobil yang mengalami masalah

Sistem kelistrikan yang ada pada mobil yang mana bagian tersebut berkaitan pada bagian panel speedometer sangatlah kompleks dan beragam.Namun, secara umum bagian penting yang pertama kali harus diperiksa pada sistem kelistrikan mobilyang berkaitan dengan speedometer adalah pada bagian sekering yang mana bagian tersebut langsung berhubungan dengan speedometer. Biasanya sekring yang langsung berkaitan dengan spirometer diberikan nama label meter atau gauge. Selain itu, Silahkan lakukan pemeriksaan juga pada bagian jalur kabel yang menuju ke speedometer.

Baca Juga:   Penyebab Power Window Mobil Macet

Apabila ditemukan permasalahan pada sekring, maka jalan paling mudah untuk memperbaiki speedometer mobil tersebut adalah dengan mengganti sekring yang baru. Selain itu, apabila pada proses pemeriksaan jalur kabel listrik yang menuju ke speedometer ternyata ditemukan masalah, maka silakan Anda ganti sistem pengapian dengan yang baru supaya permasalahan Anda pada bagian speedometer mobil cepat teratasi.

2. Rusaknya sistem spidometer atau tidak berfungsinya bagian vehicle speed sensor atau disingkat VSS

Penggunaan sensor elektronika diterapkan pada berbagai macam mobil yang di dalamnya sudah menggunakan sistem elektronika. Secara umum, di bagian transmisi di pasang sensor kecepatan kendaraan. Berbagai macam permasalahan kerap melanda bagian tersebut, mulai dari Gear tranduser yang mengakibatkan kecepatan kendaraan susah untuk dibaca di panel spidometer sehingga menyebabkan check engine menyala berapa jenis mobil Efi sampai dengan adanya bagian socket yang longgar ataupun kertas.

Beberapa sensor kecepatan kendaraan dimana kendaraan tersebut sudah menggunakan sistem rem ABS juga diletakkan pada bagian roda, sehingga apabila pada bagian tersebut terjadi malfungsi maka tentu akan mengakibatkan speedometer mobil tidak berjalan dengan normal. Contoh kasus yang pernah terjadi dari masalah ini adalah pada jenis mobil Toyota Yaris yang menggunakan sistem rem ABS.

Untuk memperbaiki speedometer mobil dengan kasus seperti ini Tentunya Anda harus melakukan pengecekan pada masing-masing bagian yang sudah dijabarkan di atas. Periksalah bagian sensor yang melekat pada roda mobil, karena pada bagian tersebutlah kemungkinan besar permasalahan speedometer mobil berasal.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Tape Mobil Avanza Dengan Memanfaatkan Sekring Audio

Sementara itu, ada juga mobil yang masih memakai sistem kabel speedometer, contohnya adalah pada mobil yang memakai odometer non digital. Permasalahan yang paling sering terjadi tentunya disebabkan karena tali speedometer atau sering disebut dengan kabel penggerak speedometer yang berguna untuk menghubungkan panel speedometer ke putaran transmisi terputus. Untuk mengatasi masalah ini tentu anda cukup mengganti kabel speedometer yang baru

3. Rusaknya panel speedometer

Pada beberapa kasus, panel speedometer pada mobil juga mengalami kerusakan. Ketika panel speedometer pada mobil mengalami kerusakan, maka tentunya instrumen-instrumen yang ada pada panel tersebut tidaklah jalan. Pada jenis mobil yang sudah memakai sistem on board diagnostic II (OBD II), kita dapat memakai alat scan guna melakukan pembacaan data mobil atau melakukan pengecekan letak error yang terjadi pada panel speedometer.

Pada beberapa jenis mobil, satu indikator pada speedometer juga akan saling berkaitan dengan indikator yang lainnya. Sebagai contoh, misalkan pada kendaraan Kijang Innova V keluaran tahun 2005, ketika jarum indikator speedometer tidak berfungsi, maka akan diikuti dengan tidak berfungsinya indikator RPM mesin, indikator dari temperatur atau suhu mesin, Dan juga jarum penunjuk volume bahan bakar juga tidak bergerak. Untuk memastikan bahwa kerusakan tersebut berasal dari rusaknya panel speedometer adalah dengan melakukan pengecekan memakai scan tool, apakah yang rusak itu adalah bagian sensornya, panel speedometer nya atau mungkin di bagian ECU nya.

Lalu, yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah bagaimana kita memastikan letak kerusakan pada bagian panel speedometer atau ECU karena berbagai macam informasi yang ditampilkan pada panel speedometer ternyata bersumber dari pengolahan data ECU? Langkah termudah yang digunakan untuk mengetahui letak kerusakan adalah dengan melakukan peminjaman panel speedometer. Apabila kita kesulitan di dalam mendapatkan panel speedometer cadangan, Kita juga bisa memakai alat scan guna melakukan pemeriksaan datastream atau datalist, baik pada bagian vehicle speed ataupun pada bagian engine speed.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Mesin Mobil Pincang

Apabila pada proses pemeriksaan didapat data kecepatan mobil berbaca dengan sempurna menggunakan alat scan tool. Selain itu, proses pengecekan juga mendapatkan sebuah nilai pada saat menjalankan mobil, namun pada bagian panel speedometer menunjukkan nilai angka yang tidak sama dengan data list atau bahkan indikator jarum penunjuk speedometer tidak bergerak, maka hal tersebut bisa mengindikasikan bahwa bagian panel speedometer sudah rusak.

Solusi paling mudah di dalam mengatasi masalah ini tentu adalah dengan mengganti panel speedometer secara keseluruhan karena sistem komponen yang ada di dalam panel speedometer mobil cukuplah rumit. Akan dibutuhkan biaya lebih besar ketika kita membawa mobil untuk diperbaiki speedometernya dibandingkan dengan kita mengganti langsung dengan yang baru.

Demikianlah tutorial mengenai penyebab dan cara memperbaiki speedometer mobil dengan mudah dan cepat tanpa perlu repot-repot membawa mobil ke bengkel. Namun demikian, Apabila Anda ragu untuk proses perbaikan speedometer mobil yang anda miliki maka alangkah baiknya anda tetap berkonsultasi dengan pihak bengkel supaya kesalahan-kesalahan di dalam proses perbaikan speedometer bisa diminimalisir sehingga kerusakan tidak semakin melebar. Mudah-mudahan, artikel ini bisa bermanfaat untuk pengunjung sekalian dan permasalahan speedometer mobil yang anda miliki segera teratasi. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *