Home / Otomotif / Sepeda Motor / Penyebab Lampu HID Hidup Mati Gak Karuan

Penyebab Lampu HID Hidup Mati Gak Karuan

Sistem kelistrikan pada motor bebek secara umum berisi lampu senja dan lampu utama serta jadi yang dilengkapi dengan CDI lengkap dengan ignition coil yang semuanya memperoleh suplai energi listrik dari bagian alternator. Oleh karena itu, maka rata-rata arus yang masuk kedalam peralatan tersebut masih berupa arus listrik bolak-balik atau alternating current atau sering dikenal dengan istilah atau AC.

Penyebab Lampu HID Hidup Mati

Sementara itu, sejumlah peralatan lainnya yang ada pada sepeda motor juga memperoleh suplai sumber tegangan listrik dari aki yang mana aki tersebut selalu dalam kondisi dicas oleh bagian alternator lewat regulator. Oleh sebab itu, apabila anda hanya mengganti bagian regulator atau sering dikenal dengan istilah kiprok dengan yang memiliki kemampuan arus lebih besar maka pekerjaan tersebut bukanlah menjadikan sistem kelistrikan menjadi fullwave karena memang secara asli sudah fullwave.

Pada sistem kelistrikan di lampu HID memerlukan tegangan dan arus DC serta tegangan yang masuk pada lampu wajib untuk stabil. Oleh karena itu, maka wajib untuk mengambil arus listrik dari aki. Apabila dipindahkan lewat spull hal tersebut masih lah mengadopsi arus AC karena memang secara asli berasal dari alternator, terkecuali apabila anda mampu untuk merekayasa atau mengarahkan menggunakan Bridge dioda sehingga bisa berubah menjadi arus listrik DC.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Bendik Motor Rusak Secara Akurat

Oleh karena itu tentunya terdapat kekurangan pada proses pemasangan lampu HID, yakni harus mengganti spul yang menuju ke bagian regulator yang memiliki kemampuan untuk mengalirkan tegangan dan arus listrik yang lebih besar Karena lampu HID memang membutuhkan sumber arus listrik yang besar pula.

Penyebab lampu HID hidup mati

Lantas, apa saja yang menyebabkan lampu HID pada sepeda motor hidup dan mati tidak karuan? Di bawah ini adalah beberapa kemungkinannya

Aki yang dalam kondisi tekor dapat menyebabkan lampu HID Padam, disebabkan karena arus dan tegangan listrik yang melorot. Bahkan, Setelah lampu HID Padam, kadangkala lampu HID tidak akan lagi bisa dengan cepat menyala. Dibutuhkan beberapa menit lagi agar lampu HID suhunya turun.

Apabila aki diganti, maka hal tersebut belum lah menjadi solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut sebelum anda mengganti spull pengisian aki dengan kemampuan arus yang lebih besar lagi.

Jenis aki kering juga tentunya tidak akan mampu menyelesaikan permasalahan tersebut. Termasuk ketika anda memasang aki untuk mobil sekalipun, maka hal tersebut tidaklah akan mengatasi permasalahan sebelum anda benar-benar mengganti alternator pengisian yang memiliki kemampuan mensuplai arus dengan kapasitas yang cukup besar.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Listrik pada Sepeda

Sekian Uraian singkat tentang penyebab lampu HID hidup mati nggak karuan serta Bagaimana solusi sederhana untuk mengatasi permasalahan tersebut. Mudah-mudahan berguna dan bermanfaat untuk anda sekalian. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung CC Motor

Cara Menghitung CC Motor Yang Wajib Diketahui Oleh Siapapun

Sebenarnya, Para produsen sepeda motor tentunya sudah menginformasikan kapasitas mesin sepeda motor yang mereka produksi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *