Home / Otomotif / Sepeda Motor / Penyebab Lampu Indikator Xeon Nyala Terus

Penyebab Lampu Indikator Xeon Nyala Terus

Ketika pulang dari kantor, satu unit Yamaha Xeon baru sedang parkir tepat persis di sebelah sepeda motor Vixion saya. Tentunya, sambil saya menggunakan sejumlah perlengkapan berkendara seperti masker, sarung tangan, helm dan lain sebagainya secara tidak sengaja saya melihat pada speedometer sepeda motor Xeon tersebut. Pada saat saya perhatikan, terdapat kejanggalan pada salah satu indikator yang ada di speedometer tersebut.

Penyebab Lampu Indikator Xeon Nyala

Setelah dilihat secara seksama, bagian lampu indikator di sebelah kiri bawah warna orange yang memiliki gambar mesin. Indikator tersebut menyala Terus. Menurut yang saya ketahui bahwa lampu indikator tersebut adalah lampu indikator check engine. Membicarakan tentang cek engine, tentunya kita tidak dapat terlepas dari perangkat yang namanya engine control unit/ECU dan juga injeksi. Apabila lampu cek engine menyala hal tersebut memiliki arti terdapat permasalahan pada mesin maupun terdapat sensor yang sudah tidak bekerja dengan benar.

Tentunya terdapat hal yang cukup aneh apabila Xeon yang masih menggunakan karburator dilengkapi dengan lampu check engine pada bagian dasbor nya. Ternyata, setelah diselidiki ternyata lampu dari indikator check engine tersebut berubah fungsi sebagai salah satu indikator suhu mesin. Apabila mesin dari Xeon yang memiliki pendingin radiator atau cair mengalami panas berlebih, maka lampu indikator tersebut akan menyala. Sementara itu, suhu mesin memiliki lambang tersendiri seperti yang sudah ada pada sepeda motor Yamaha Vixion ataupun pada Honda CS1.

Baca Juga:   Penyebab Lampu Motor Mati Dan Langkah Pasti Perbaikannya

Oleh sebab itu, maka bisa disimpulkan apabila sebenarnya ampu Xeon cek engine yang terus menyala tersebut bukanlah berasal dari Disensor maupun kelistrikan pada sepeda motor Yamaha Xeon, namun hanyalah karena suhu mesin yang terlalu panas. Semoga saja, ke depan kita sudah mampu untuk memahami maksud dari lampu indikator yang menyala pada masing-masing sepeda motor dengan berbagai macam merk.

Demikianlah Uraian singkat Pada kesempatan kali ini yang membahas tentang penyebab lampu indikator Xeon nyala terus menerus dimana hal tersebut bukanlah diakibatkan oleh permasalahan pada sensor, engine control unit ataupun sistem kelistrikan yang lainnya, melainkan hanyalah dikarenakan suhu mesin saja. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Motor Mati

Penyebab Lampu Motor Mati Dan Langkah Pasti Perbaikannya

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk mengulas materi tentang penyebab lampu motor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *