Home / Elektronika / Penyebab Lampu Kulkas Mati

Penyebab Lampu Kulkas Mati

Sebenarnya, kulkas adalah salah satu peralatan Elektronika yang cukup awet. Namun, seiring dengan usianya maka tentu berbagai macam permasalahan bisa terjadi. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mengulas apa saja penyebab lampu kulkas mati di mana permasalahan tersebut sudah seringkali dijumpai oleh banyak pengguna kulkas. Apabila lampu kulkas di rumah Anda mati, maka anda tidak perlu panik karena sebenarnya Anda bisa mencoba untuk memperbaiki nya sendiri.

Penyebab Lampu Kulkas Mati

Ada sejumlah penyebab lampu kulkas mati sekaligus beberapa langkah untuk memperbaiki nya. Berikut ini adalah beberapa tahapan yang bisa anda lakukan sebagai bagian dari proses perbaikan kulkas yang lampunya mati tersebut. Silahkan disimak.

Pada Tahapan pertama, silakan Anda pasang kabel steker kulkas pada stop kontak di rumah, terus Silakan anda perhatikan Apakah lampu kulkas sudah menyala. Apabila ternyata menyala, maka hal tersebut berarti aliran listrik sudah bisa mengalir ke dalam kulkas serta tidak ada kabel listrik yang bermasalah atau terputus.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Speaker Secara Seri dan Paralel

Langkah yang kedua, silakan Anda coba pegang bagian tabung kompresor kulkas yang posisinya ada di belakang kulkas memakai alas kain. Apabila belum mengerti tabung kompresor Seperti apa, maka bentuknya adalah seperti gas elpiji 3 kg dan rata-rata memiliki warna hitam. Silakan Anda Coba rasakan Apakah terdapat getaran atau tidak pada tabung kompresor tersebut. Getaran yang ditimbulkan oleh tabung kompresor rata-rata sangat halus, Apabila tidak terdapat getaran, maka artinya motor dari kompresor sudah tidak bekerja atau mati.

Langkah yang ketiga, silakan Anda memastikan terdapat suara tik dengan interval beberapa detik untuk menuju ke suara tik yang Selanjutnya. Apabila hal tersebut terjadi, maka hal tersebut mengartikan bagian overload protector masih bisa bekerja dengan cukup baik serta tidak ada kerusakan.

Langkah yang berikutnya, silakan Anda lepas bagian kabel steker kulkas dari stop kontak serta lanjutkan pembongkaran tutup yang berada di bagian samping serta menempel pada kompresor dengan cara melepas baut yang mengikat. Apabila seluruh baut sudah terlepas, silakan Anda tarik dengan hati-hati dan juga pelan-pelan. Apabila terlalu susah, maka anda bisa memberikan sedikit cungkilan.

Baca Juga:   Cara Mengukur Grounding Atau Pembumian Atau Pentanahan

Langkah yang terakhir, silahkan anda lepas relay Dengan cara mencungkil nya dari bagian bawah relay ke arah luar dengan menggunakan obeng. Setelah berhasil terlepas, Silakan dicoba untuk di goyang-goyang kan dekat dengan telinga, Apabila Anda mendengar sesuatu di dalam relay, maka relay tersebut mengalami kerusakan.

Demikianlah Uraian singkat tentang penyebab lampu kulkas mati dilengkapi dengan beberapa tahapan cara mengetahui dan memperbaiki kerusakan lampu kulkas mati tersebut. Semoga bermanfaat dan anda tidak perlu membawa kulkas ke tempat reparasi elektronik.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Biaya Listrik

Cara Menghitung Biaya Listrik Untuk Semua Golongan

Untuk para pemakai listrik jenis pascabayar, maka tentunya wajib untuk anda memahami cara mengetahui dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *