Home / Otomotif / Sepeda Motor / Penyebab Lampu LED Mati

Penyebab Lampu LED Mati

Tentunya banyak anggapan yang mengatakan bahwasanya lampu LED tidak bisa mati atau putus. Memang, Berdasarkan informasi bahwa umur dari lampu LED sangatlah panjang, apabila menggunakan tegangan dan arus yang sudah direkomendasikan. Namun, Kadangkala kita juga melakukan Siapa sebenarnya yang pertama kali menyampaikan bahwasanya lampu jenis light emitting diode atau LED tidak bisa mati atau putus?

Penyebab Lampu LED Mati

Padahal, pada kenyataannya lampu LED juga bisa mati atau putus. Disamping itu, lampu LED juga memiliki umur pakai atau batas usianya. Sebagai informasi saja bahwa lampu LED memiliki umur menyala sekitar 30.000 jam. Memang, secara teori umur dari lampu LED sangatlah lama dibandingkan dengan umur Pada lampu biasa.

Namun, bisa dipastikan pula bahwa lampu LED juga dapat mati walaupun umur penggunaannya belum mencapai 30.000 jam. Hal tersebut merupakan Informasi yang disampaikan oleh wiet, seorang spesialis lampu motor yang memiliki bengkel pada kawasan Palmerah Barat daerah Jakarta Barat.

Jenis-jenis lampu LED itu sendiri telah diperkenalkan dan dipakai pada motor motor keluaran terbaru, dan bisa menyala ketika dialiri arus listrik DC atau direct current. Contoh sepeda motor yang sudah mengadopsi teknologi lampu LED diantaranya adalah Honda Vario 150 dan Honda all new Beat ESP. Lampu LED tersebut sudah terpasang di bagian headlampnya.

Baca Juga:   Penyebab Lampu Motor Panas Yang Harus Diketahui Dan Cara Perbaikannya

Lantas, Apakah penyebab lampu LED mati pada sepeda motor?

Secara umum, sepeda motor skutik mempunyai arus listrik kurang lebih 3,5 ampere. Sementara itu lampu LED secara maksimal dapat menerima arus listrik 20 miliampere. Jika arus listrik yang diterima melebihi angka maksimal dari lampu LED tersebut, maka lampu LED dapat mati atau putus.

Supaya besarnya arus listrik yang berasal dari motor dapat diterima oleh lampu LED, Maka rata-rata terdapat perangkat modul tertentu. Adapun sistem kerja dari modul tersebut yaitu untuk menstabilkan besarnya arus listrik yang bisa masuk berdasarkan kebutuhan dari lampu LED itu sendiri. Mengenai bentuknya, tentunya dapat berlainan antara standar pabrik dengan rakitan.

Bagian modul khusus ini Tentunya dapat mengalami kerusakan jika mengalami overheat. Oleh sebab itulah, perangkat modul tersebut selalu ditempel di bagian pendingin atau heatsink yang bahan dasarnya adalah dari aluminium.

Selain itu, terjadinya konsleting di kabel yang mengarah ke bagian modulate juga dapat menjadi hal yang menimbulkan matinya penerangan sepeda motor. Oleh karena itulah terdapat pengaman dalam bentuk sekring, posisinya adalah sebelum bagian kabel body masuk ke dalam Modul.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Minerva

Untuk yang hendak mengganti headlamp dari model bohlam ke model LED, maka dana yang dibutuhkan berkisar Rp.350.000. Biaya tersebut sudah masuk di dalamnya adalah ongkos pasang, modul dan juga lampu LED.

Demikianlah Uraian singkat tentang penyebab lampu LED mati pada sepeda motor yang bisa saya bahas pada posting di kesempatan kali ini. Semoga saja, artikel singkat di atas mampu memberikan informasi serta tambahan wawasan dan ilmu pengetahuan bagi pengunjung sekalian serta bisa dijadikan sebagai bahan referensi akan penyebab dari lampu LED yang mati pada sepeda motor. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Indikator Xeon Nyala

Penyebab Lampu Indikator Xeon Nyala Terus

Ketika pulang dari kantor, satu unit Yamaha Xeon baru sedang parkir tepat persis di sebelah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *